Pengertian Grasi Adalah, Abolisi, Amnesti dan Rehabilitasi

www.pengertianteksprosedur.com - Pengertian Grasi dan Amnesti.. Hay pembaca yang budiman selamat datang di blog kami, web online berbagi banyak ilmu.

Silahkan simak pembahasan kami kali ini yaitu tentang Pengertian Grasi Adalah, Abolisi, Amnesti dan Rehabilitasi? Di artikel ini akan dijelaskan secara rinci. dibaca sampai selesai yaaa...

Pengertian Grasi Adalah

Grasi ialah wewenang kepala negara dalam memberikan amnesti atas hukuman yang dijatuhkan oleh hakim. Sifat dari grasi ini bisa berupa menghapus semua, sebagian, atau juga mengubah sifat atau bentuk hukuman.

Pengertian Grasi Adalah, Abolisi, Amnesti dan Rehabilitasi


Dikuti dari wikipedia Grasi merupakan

Satu dari lima hak yang dipegang oleh kepala negara dalam yudikatif, yaitu hak untuk memberikan grasi, amnesti, penghapusan, remisi dan rehabilitasi. Pengampunan adalah hak Presiden untuk memberikan pengurangan hukuman. Misalnya, mereka yang telah menerima hukuman penjara 10 tahun dikurangi dengan pengampunan 2 tahun sehingga hanya harus menjalani 8 tahun penjara.

Pengertian Abolisi Adalah 

Keputusan untuk menghentikan penyelidikan dan pemeriksaan suatu kasus, di mana pengadilan belum memutuskan kasus tersebut. Seorang presiden memberikan penghapusan dengan pertimbangan untuk alasan umum, mengingat kasus-kasus yang melibatkan para tersangka terkait dengan kepentingan negara yang tidak dapat dikorbankan oleh keputusan pengadilan.

Pengertian Amnesti Adalah

Secara umum, gagasan amnesti adalah tindakan hukum yang mengembalikan status tidak bersalah kepada seseorang yang sebelumnya dinyatakan bersalah secara hukum. Amnesti diperlihatkan kepada banyak orang.

Amnesty sendiri adalah pernyataan terhadap banyak orang yang terlibat dalam tindak pidana untuk meniadakan konsekuensi hukum pidana yang timbul dari kejahatan tersebut.

Amnesti diberikan kepada orang-orang yang telah atau belum dijatuhi hukuman serta orang-orang yang telah atau belum ditahan untuk investigasi atau pemeriksaan kejahatan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), amnesti adalah pengampunan atau juga penghapusan hukuman yang diberikan oleh kepala negara kepada seseorang atau juga sekelompok orang yang telah melakukan kejahatan tertentu.

Pemberian amnesti yang telah diberikan oleh suatu negara diberikan kepada pelanggaran yang bersifat politis seperti pemberontakan atau juga pemogokan buruh yang memiliki konsekuensi luas bagi kepentingan negara. Amnesty adalah hak prerogatif Presiden di tingkat pengadilan.

Pengertian Rehabilitasi Adalah

Tindakan Presiden untuk mengembalikan hak-hak seseorang yang telah hilang karena keputusan hakim bahwa ternyata di waktu berikutnya terbukti bahwa kesalahan tersangka tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan perkiraan semula atau bahkan dia sama sekali tidak bersalah.

Fokus rehabilitasi ini terletak pada nilai kehormatan yang dipulihkan dan ini tidak tergantung pada hukum tetapi pada pandangan masyarakat sekitar.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Grasi Adalah, Abolisi, Amnesti dan Rehabilitasi"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel