Tugas MK (Mahkamah Konstitusi) dan Wewenangnya Dalam UUD 1945

www.pengertianteksprosedur.com - Tugas MK (Mahkamah Konstitusi).. Hay pembaca yang budiman selamat datang di blog kami, web online berbagi banyak ilmu.

Tugas MK (Mahkamah Konstitusi) dan Wewenangnya Dalam UUD 1945

Silahkan simak pembahasan kami kali ini yaitu tentang Tugas MK (Mahkamah Konstitusi) dan Wewenangnya Dalam UUD 1945? Di artikel ini akan dijelaskan secara rinci. dibaca sampai selesai yaaa...

Tugas MK (Mahkamah Konstitusi)

Tugas MK sangat utama dalam pengawasan partai politik. Pengadilan memiliki wewenang untuk memutuskan pembubaran partai politik. Tentu saja semua prosedur terkait pembubaran partai politik harus dilakukan sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

Mahkamah konstitusi atau sering disebut MK. Merupakan salah satu lembata tinggi yang dimiliki negara. MK adalah pemegang wewenang kekuasaan kehakiman bersama dengan MA (Mahkamah Agung).

Tugas dan kewenangan MK sudah ditulis dan diatur dalam Undang-Undang Dasar.

  • Tugas MK yang pertama adalah Menguji Undang-Undang

Salah satu tugas utama Mahkamah Perlembagaan ialah untuk menguji undang-undang terhadap Undang-Undang Dasar. Mahkamah Perlembagaan ditugaskan untuk menjelaskan jika ada perbezaan tafsiran undang-undang yang dibuat berdasarkan Undang-Undang.

  • Tugas MK yang kedua adalah Memutus Sengketa dan Perselisihan Tentang Hasil Pemilihan Umum

Pengadilan juga memiliki wewenang untuk memutuskan perselisihan tentang hasil pemilihan umum atau pemilihan umum. Semua perselisihan, konflik atau dugaan kecurangan dalam suatu pemilihan dapat dilaporkan dan diajukan ke Mahkamah Konstitusi, maka solusinya akan diputuskan.

  • Tugas MK yang ketiga adalah Memutus Sengketa Kewenangan Lembaga Negara

Mahkamah Konstitusi  juga telah ditugaskan untuk memecahkan kuasa institusi negeri yang kewenangannya diberikan oleh UUD. Mahkamah Perlembagaan menjadi institusi yang sah untuk memutuskan sebarang percanggahan dan pertikaian ke atas pihak berkuasa di institusi negara.

  • Tugas MK yang keempat adalah Memberi Putusan Mengenai Dugaan Pelanggaran Presiden

Mahkamah Konstitusi juga diwajibkan untuk memberikan keputusan pada pendapat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengenai tuduhan pelanggaran oleh Presiden dan / atau Wakil Presiden di bawah Perlembagaan. DPR mempunyai hak untuk mencadangkan satu kesalahan presiden yang akan diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi.

  • Tugas MK yang kelima dalah Memutus Pembubaran Partai Politik


Pengertian Mahkamah Konstitusi Adalah

Salah satu lembaga peradilan yaitu berperan sebagai cabang kewenangan yudikatif, yang mengadili sengketa-sengketa yang telah menjadi tugas dan wewenangnya menurut undang-undang dasar.

MK juga mengatur yang terkait dengan hal-hal pengujian undang-undang dan perselisihan lembaga negara.

Peran Mahkamah Konstitusi dinilai sangat krusial dalam memutuskan pengajuan dugaan kecurangan dalam pemilihan umum. Dasar hukum Mahkamah Konstitusi adalah Pasal 24C UUD 1945, yang sekali lagi dijelaskan dalam UU No. 24 tahun 2003 pasal 10 ayat 1.



Belum ada Komentar untuk "Tugas MK (Mahkamah Konstitusi) dan Wewenangnya Dalam UUD 1945"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel