Pengertian Wilayah, Jenis, Pembagiannya dan Menurut Para Ahli

www.pengertianteksprosedur.com - Pengertian Wilayah.. Hay pembaca yang budiman selamat datang di blog kami, web online berbagi banyak ilmu.

Silahkan simak pembahasan kami kali ini yaitu tentang Pengertian Wilayah, Jenis, Pembagiannya dan Menurut Para Ahli? Di artikel ini akan dijelaskan secara rinci. dibaca sampai selesai yaaa...

Pengertian Wilayah / Definisi Wilayah

Wilayah adalah daerah yang dikendalikan atau juga menjadi wilayah kedaulatan. Pada dasarnya, wilayah ialah suatu bagian dari permukaan bumi yang memiliki ciri khas tersendiri atau khas yang menggambarkan keseragaman atau homogenitas sehingga dapat dengan jelas dapat dibedakan dari daerah lain di sekitarnya.

Wilayah adalah bagian atau wilayah di permukaan bumi yang dibatasi oleh kehadiran fitur-fitur tertentu yang memiliki karakteristik dan karakteristik yang khas serta juga membedakan wilayah tersebut dari wilayah lain. Sebagai contoh, kawasan hutan berbeda dari daerah pertanian, kota juga berbeda dengan daerah pedesaan.

Pengertian Wilayah, Jenis, Pembagiannya dan Menurut Para Ahli

Region adalah konsep yang digunakan untuk dapat mengidentifikasi dan juga mengatur area (area) di muka bumi untuk semua tujuan. Suatu daerah memiliki karakteristik tertentu yang memberikan ukuran kesamaan serta perbedaan dengan daerah lain.

Wilayah ini juga dapat digunakan untuk menyederhanakan area di muka bumi dengan pengaturan berdasarkan karakteristik fisik dan sosial yang ada. Area yang dibangun oleh manusia adalah sebagai hasil penciptaan dan juga memiliki batas-batas yang diturunkan dari kriteria tertentu.

Jenis-Jenis Wilayah

Wilayah dibagi menjadi dua dilihat dari kekhasannya yaitu :

  • Wilayah seragam (Uniform region)

Area yang didasarkan pada konsep homogenitas juga disebut sebagai wilayah formal atau homogen atau juga wilayah seragam, misalnya bentuk ekonomi dan juga luas lahan.

  • Wilayah nodal (Nodal region)

Area yang didasarkan pada konsep heterogenitas disebut juga area fungsional atau juga daerah nodal atau daerah organik, misalnya seperti kota metropolitan.

Klasifikasi Wilayah (Penggolongan)

Secara garis besar klasifikasi wilayah ini dibagi menjadi:

  • Wilayah Alami (Wilayah Alam atau Fisik)
    berdasarkan penampilan alami, seperti pertanian dan kehutanan.
  • Wilayah Fitur Tunggal
    berdasarkan satu penampilan, misalnya area berdasarkan iklim, hewan, atau iklim saja.
  • Wilayah Generik (Wilayah berdasarkan Jenis)
    berdasarkan penampilan jenis atau tema tertentu. Misalnya di kawasan hutan hujan tropis yang ditonjolkan hanya flora tertentu seperti anggrek.
  • Daerah Tertentu (Daerah Tertentu atau Khusus)
    dicirikan oleh kondisi grafis khas dalam kaitannya dengan lokasi, adat, budaya, dan populasi pada umumnya. Misalnya, Asia Tenggara, Eropa Timur, dan sebagainya.
  • Wilayah Analisis Faktor
    berdasarkan metode statistik-deskriptif atau juga dengan metode statistik-analitik. Penentuan daerah berdasarkan analisis faktor, terutama yang memiliki tujuan untuk hal-hal yang produktif, seperti menentukan daerah untuk tanaman jagung dan kentang.


Pengertian Wilayah Menurut Para Ahli adalah


  • R.E. Dickinson

Menurut R.E. Dickinson, Region adalah sesuatu yang secara fisik homogen.

  • A.J. Heriston

Menurutnya, kawasan itu merupakan kompleks dari tanah, air, udara, tanaman, hewan dan juga manusia dengan hubungan khusus sebagai kebersamaan yang kontinuitas yang memiliki karakteristik khusus dari permukaan bumi.

  • Fannemar

Menurut Fannemar, Territory adalah daerah yang diklasifikasikan dengan penampilan permukaan yang sama dan juga kontras dengan daerah sekitarnya.

  • Taylor

Menurut Taylor, Territory adalah bagian dari permukaan bumi yang berbeda dan juga ditunjukkan oleh sifat-sifat yang berbeda dan juga ditunjukkan oleh sifat-sifat yang tidak sama dengan yang lain.

  • Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 1997

Tentang Perencanaan Tata Ruang Wilayah Nasional, Daerah mencakup ruang yang merupakan unit geografis dan juga semua elemen yang terkait dengannya dan sistem ditentukan berdasarkan aspek administratif dan / aspek fungsional.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Wilayah, Jenis, Pembagiannya dan Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel