Pengertian SCM (Supply Chain Management), Tujuan, Komponen dan Menurut Para Ahli

www.pengertianteksprosedur.com - Pengertian SCM (Supply Chain Management).. Hay pembaca yang budiman selamat datang di blog kami, web online berbagi banyak ilmu.

Silahkan simak pembahasan kami kali ini yaitu tentang Pengertian SCM (Supply Chain Management), Tujuan, Komponen dan Menurut Para Ahli? Di artikel ini akan dijelaskan secara rinci. dibaca sampai selesai yaaa...

Pengertian Supply Chain Management

Adalah Manajemen Rantai Pasokan ialah mekanisme yang mengkonfirmasi semua pihak terkait dan kegiatan yang terlibat dalam mengubah bahan baku menjadi barang jadi.

Pengertian SCM (Supply Chain Management), Tujuan, Komponen dan Menurut Para Ahli

Tujuan Supply Chain Management

Bagi Stevenson, tujuan manajemen kaitan cadangan merupakan memadankan antara permohonan serta ijab dengan cara efisien serta berdaya guna. Terdapat sebagian permasalahan penting dalam kaitan cadangan antara lain berkaitan dengan:

  • Determinasi tingkatan outsourcing yang tepat
  • Manajemen logistik barang
  • Manajemen pemasok
  • Mengatur ikatan dengan pelanggan
  • Pengenalan permasalahan serta merespon permasalahan tersebut
  • Manajemen resiko 

Pengertian SCM (Supply Chain Management) Menurut Para Ahli

  • Russell dan Taylor

Menurut Russell dan Taylor, Supply Chain Management adalah alur atau proses mengelola aliran informasi, produk dan layanan di seluruh jaringan, baik pelanggan, perusahaan, dan pemasok.

  • James A. dan Mona J. Fitzsimmons

Menurut James A dan Mona J. Fitzsimmons, Supply Chain Management adalah sistem pendekatan total untuk mengirimkan produk ke konsumen akhir menggunakan teknologi informasi dalam mengoordinasikan semua elemen rantai pasokan dari pemasok ke pengecer.

  • Stevenson

Menurut Stevenson, Manajemen Rantai Pasokan adalah koordinasi strategis rantai pasokan dengan tujuan mengintegrasikan manajemen permintaan dan penawaran.

  • Robert J. Vokurka, Gail M. Zank, dan Carl M. Lund III

Menurut Robert, Gail, dan Lund, Manajemen Rantai Pasokan adalah semua kegiatan yang terlibat dalam pengiriman produk dari bahan baku melalui pelanggan termasuk sumber bahan baku dan suku cadang, pembuatan dan perakitan, pelacakan pergudangan dan inventaris, pesanan masuk dan manajemen pesanan, distribusi di semua saluran, pengiriman ke pelanggan, dan sistem informasi yang diperlukan untuk memantau semua kegiatan.

  • Chase, Aquilano, dan Jacobs

Pendapat dari Chase bahwa Supply Chain Management ialah sebuah sistem untuk membuat penerapan pendekatan total dalam mengelola seluruh aliran informasi, bahan, dan layanan dari bahan baku melalui pabrik dan gudang ke konsumen akhir.

  • Heizer dan Rander

Menurut Heizer dan Rander, Supply Chain Management adalah kegiatan mengelola berbagai kegiatan untuk mendapatkan bahan baku menjadi barang setengah jadi dan barang jadi, kemudian mengirimkan produk ke konsumen melalui sistem distribusi.

  • Simchi-Levi, David, Philip Kaminsky, dan Edith

Ialah alur dan serangkaian pendekatan yang digunakan untuk mengintegrasikan pemasok, produsen, gudang dan toko secara efektif sehingga persediaan dapat diproduksi dan didistribusikan dalam jumlah yang tepat, ke lokasi yang tepat, dan pada waktu yang tepat sehingga keseluruhan biaya sistem dapat diminimalkan sambil berusaha memenuhi kebutuhan dan layanan.

Komponen Supply Chain Management Adalah


  • Rantai Pasokan (Internal Internal Supply Chain)

Manajemen rantai pasokan internal, yaitu manajemen yang terkait dengan kegiatan pemasukan barang, seperti manajemen produksi, manufaktur, dan juga pengendalian ketersediaan bahan baku.

  • Rantai Pasokan Hulu (Upstream Supply Chain)

Rantai pasokan hulu adalah manajemen yang menangani hubungan antara perusahaan dan vendor atau pihak lain dalam hal pengiriman barang. Jadi barang yang diproduksi oleh perusahaan tidak langsung menjangkau konsumen tetapi disalurkan ke perusahaan distribusi lainnya. Misalnya, perusahaan yang memproduksi smartphone. Produk smartphone tidak secara langsung menjangkau konsumen, tetapi produsen akan mengirimkan produk ke pemasok.

  • Rantai Pasokan Hilir (Downstream Supply Chain)

Manajemen rantai pasokan hilir adalah manajemen yang berkaitan dengan pengiriman barang dari perusahaan langsung ke konsumen. Jadi jika rantai pasokan hulu harus melewati pemasok terlebih dahulu, maka hilir dapat langsung dibeli oleh konsumen. Misalnya furnitur atau seni galeri, tempat mereka membuat produk langsung sesuai dengan keinginan konsumen.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian SCM (Supply Chain Management), Tujuan, Komponen dan Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel