Pengertian Peran Sosial Beserta Jenis-Jenisnya

www.pengertianteksprosedur.com - Pengertian Peran Sosial.. Hay pembaca yang budiman selamat datang di blog kami, web online berbagi banyak ilmu.

Silahkan simak pembahasan kami kali ini yaitu tentang Pengertian Peran Sosial Beserta Jenis-Jenisnya? Di artikel ini akan dijelaskan secara rinci. dibaca sampai selesai yaaa...

Pengertian Peran Sosial Adalah


Peran sosial ialah sikap atau perilaku yang diharapkan dari seseorang yang menempati status sosial tertentu di masyarakat. Peran sosial seseorang dalam masyarakat sangat ditentukan oleh status sosialnya.

Pengertian Peran Sosial Beserta Jenis-Jenisnya

Jika status sosial seseorang tinggi, peran sosial dalam komunitas akan lebih tinggi, atau sebaliknya. Peran sosial dianggap sangat penting karena mengukur perilaku seseorang dalam masyarakat berdasarkan norma-norma yang berlaku di masyarakat itu.

Jenis-Jenis Peran Sosial Adalah

A. Cara memperolehnya

  • Peran bawaan

Peran bawaan adalah peran yang diperoleh secara otomatis dan bukan karena upaya atau pencapaian yang dilakukannya. Jadi, peran bawaan adalah peran yang melekat dalam dirinya.

Misalnya peran orang tua, peran ayah atau ibu, peran anak, dan sebagainya. Peran ini ada dengan sendirinya dan tidak dapat dihindari karena merupakan dampak dari status default-nya.

  • Peran yang dipilih

Peran pilihan adalah peran seseorang yang diperoleh melalui bisnis, sehingga setiap orang bebas menentukan perannya sendiri seperti yang diharapkan.

Misalnya peran sebagai dokter, guru, tentara, atau petani. Peran pilihan ini harus disesuaikan dengan kemampuan, bakat, dan keterampilan yang dimilikinya.

B. Bagaimana cara mengimplementasikannya


  • Peran yang diharapkan

Peran ini adalah peran yang diharapkan oleh masyarakat untuk dilaksanakan sebaik mungkin
lengkap, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Misalnya peran polisi, hakim, jaksa, dan pengacara. Peran-peran ini harus dilakukan dengan baik dan tidak boleh dikompromikan karena hak asasi seseorang.

  • Peran yang disesuaikan

Peran yang disesuaikan adalah peran yang implementasinya disesuaikan dengan situasi dan
kondisi tertentu. Peran ini terjadi bukan karena faktor manusia atau pelaku, tetapi karena kondisi dan situasi yang menyebabkan seseorang melakukan peran.

Misalnya peran seorang komedian yang memainkan perannya sebagai komedian saat di atas panggung, tetapi ketika berkumpul dengan keluarga tidak akan menyampaikan pesan dengan lelucon.

C. Prioritas implementasi


  • Peran kunci

Peran kunci adalah peran utama atau inti dari beberapa peran yang dimilikinya. Misalnya, Pak Budi, selain menjadi kepala keluarga, juga menjadi dokter, ketua RT, administrator masjid, dan ketua koperasi. Dari beberapa peran tersebut, peran kunci Pak Budi adalah seorang dokter.

  • Peran tambahan

Peran tambahan adalah peran yang dilakukan seseorang setelah melakukan peran utamanya atau
peran kunci. Misalnya, Pak Budi mendapat peran tambahan selain menjadi dokter.

Beberapa fitur utama yang dimiliki oleh peran tambahan termasuk tidak didasarkan pada ijazah dan keahlian tertentu, bukan sebagai sumber penghasilan utama, dan dalam melakukan hal itu tidak mencemari peran kunci.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Peran Sosial Beserta Jenis-Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel