Pengertian Limbah Industri dan Dampak Buruknya Terhadap Lingkungan

www.pengertianteksprosedur.com - Pengertian Limbah Industri.. Hay pembaca yang budiman selamat datang di blog kami, web online berbagi banyak ilmu.

Silahkan simak pembahasan kami kali ini yaitu tentang Pengertian Limbah Industri dan Dampak Buruknya Terhadap Lingkungan? Di artikel ini akan dijelaskan secara rinci. dibaca sampai selesai yaaa...

Pengertian Limbah Industri

Adalah sesuatu yang sudah dibuang yang berasal atau dihasilkan dari sebuah proses industri atau domestik (rumahan).

Pengertian Limbah Industri


Kedatangan limbah disuatu tempat sangat tidak disenangi oleh masyarakat. Karna selain aroma yang tidak sedap dari sisi ekonomisnya pun tidak ada nilainya. Bahkan jika dilihat dari segi kimia buangan industri ini (limbah) terdiri dari bahan kimia organik dan anorganik.

Adanya limbah ini dampaknya sangat buruk bagi kesehatan manusia, oleh karena itu limbah haruslah ada penangan khusus yang lebih lanjut.


Dampak Buruk Limbah Bagi Lingkungan

Adapun dampaknya bahaya bagi lingkungan, limbah juga sangat tidak menyehatkan untuk manusia. Berikut dampak buruk yang terlihat sangat menonjol disbabkan oleh limbah :

  • Limbah berbentuk Cairan

Limbah jenis ini jika masuk dalam air atau sungai akan menimbulkan pencemaran air. Jika sudah terjadi maka dampaknya akan banyak termasuk mahluk hidup (ikan) yang tinggal di sungai akan mati keracunan. Contoh limbah yang berupa cairan ialah : kebocoran minyak di laut, sisa pewarna pakaian cair, sisa cairan pengawet, kadar besi dalam air, limbah tempe, limbah tahu dan residu kimia lainnya.

  • Limbah padat

Sampah padat yang dibuang ke sungai dalam jumlah banyak dapat menyumbat aliran air sungai yang bisa menyebabkan banjir. Contoh: limbah industri padat, yaitu: plastik (botol air mineral atau lainnya), tas, kain atau pakaian, limbah elektronik, kertas, kabel, besi, residu industri, residu semen dll

  • Limbah Polusi Udara

polusi udara oleh limbah juga akan terjadi seperti bau tidak sedap yang disebabkan oleh pembusukan sampah organik. Asap yang dihasilkan dari kendaraan bermotor, pembakaran sampah dan industri besar juga dapat menyebabkan polusi udara. Contoh: limbah industri padat, yaitu: pembakaran pabrik, produksi asap sisa pabrik, kebocoran gas dll.

Jenis Limbah Industri

ada beberapa jenis limbah industri, termasuk di antaranya

Jenis limbah berdasarkan sumbernya

Berdasarkan sumbernya, jenis limbah dibagi menjadi 2, yaitu limbah industri dan limbah domestik.

  • Limbah industri

Limbah industri adalah limbah yang dihasilkan dari proses industri.
Misalnya: limbah industri adalah limbah pertambangan, limbah pabrik, limbah radioaktif dari pembangkit listrik tenaga nuklir, limbah rumah sakit dll. Limbah industri umumnya ditangani oleh pemerintah secara serius karena mekanisme untuk setiap industri (perusahaan).

  • Limbah domestik

Sampah domestik adalah sampah yang dihasilkan dari kegiatan konsumsi rumah tangga.
Contoh: dari limbah domestik adalah air cuci (deterjen), kaleng bekas, kardus bekas, kantong plastik dll.

  • Limbah Pertanian

Limbah pertanian adalah limbah pertanian yang berasal dari kegiatan pertanian atau perkebunan.
Contoh: limbah pertanian adalah pupuk cair yang hanyut di sungai atau aliran irigasi.

Jenis Limbah Berdasarkan Senyawa

Berdasarkan kandungan senyawa, jenis limbah dibagi menjadi 2 yaitu limbah organik dan limbah anorganik.

  • Limbah organik

Limbah organik ialah limbah yang mengandung senyawa organik atau yang bersumber dari produk makhluk hidup (tumbuhan dan hewan). umumnya sampah organik lebih mudah ditangani karena dapat terurai menjadi senyawa organik melalui proses biologis dengan cepat.

  • Limbah anorganik

Limbah anorganik adalah limbah yang mengandung lebih banyak senyawa anorganik. Limbah anorganik umumnya akan lebih sulit untuk ditangani. Contoh: limbah anorganik adalah plastik, logam berat, gelas, besi tua dll.

Jenis Limbah Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya dalam mempengaruhi kenyamanan hidup manusia, jenis limbah dibagi menjadi
3 yaitu limbah biasa, limbah bahan berbahaya dan beracun (limbah B3).

  • Limbah Biasa

Limbah biasa ialahjenis limbah yang tidak menyebabkan kerusakan serius dalam skala kecil dan jangka panjang. Contoh: dari sampah biasa adalah sampah organik.

  • Limbah Berbahaya dan Beracun (B3)

Limbah dari bahan berbahaya dan beracun (B3) adalah limbah yang dapat menyebabkan kerusakan serius bahkan dalam skala kecil dalam jangka pendek atau panjang. Contoh limbah B3 adalah: limbah yang memiliki sifat korosif, mudah meledak, menyebabkan infeksi, keracunan, mudah terbakar dll.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Limbah Industri dan Dampak Buruknya Terhadap Lingkungan"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel