Pengertian Kalimat Kompleks Adalah, Jenis dan Ciri-ciri

www.pengertianteksprosedur.com - Pengertian Kalimat Kompleks.. Hay pembaca yang budiman selamat datang di blog kami, web online berbagi banyak ilmu.

Silahkan simak pembahasan kami kali ini yaitu tentang Pengertian Kalimat Kompleks Adalah, Jenis dan Ciri-ciri? Di artikel ini akan dijelaskan secara rinci. dibaca sampai selesai yaaa...

Pengertian Kalimat Kompleks

Umumnya dikenal dengan kalimat yang mempunyai arti yang lebih dari satu kejadian

Dengan kata lain, kalimat ini memiliki lebih dari satu kata kerja utama atau predikat karena memiliki 2 tindakan. Kedua struktur ini biasanya dipisahkan oleh koma, konjungsi, atau bahkan tidak memiliki tanda atau konjungsi sama sekali.

Kalimat kompleks memiliki 2 struktur terpisah dengan konjungsi atau koma. Proses utama dalam kalimat yang kompleks lebih dari satu. Kalimat kompleks adalah kombinasi dari beberapa kalimat atau klausa simpleks. Kombinasi menggunakan konjungsi eksternal. Kata hubung eksternal adalah kata yang digunakan untuk menggabungkan satu kalimat dengan kalimat lainnya.

Jenis Kalimat Kompleks

Kalimat kompleks dibagi menjadi dua jenis, yaitu kalimat parataktik kompleks dan kalimat kompleks hipotetis.

Kalimat kompleks paratactic adalah satu kalimat kompleks yang terdiri dari dua struktur yang memiliki makna yang sama atau setara atau paralel diatur dalam satu kalimat.

Contoh konjungsi atau konjugasi yang biasa digunakan dalam kalimat ini adalah kata-kata dan, tetapi dan atau. Konjungsi adalah salah satu ciri dari kalimat parataktik yang kompleks.

Kalimat kompleks hipotetis adalah kalimat kompleks yang juga memiliki dua struktur kalimat yang memiliki posisi atau makna kalimat yang saling berhubungan atau bertingkat. Oleh karena itu nama lain untuk kalimat kompleks hipotetis adalah kalimat majemuk bertingkat.

Kalimat hipotetis juga memiliki konjungsi atau konjugasi tetapi berbeda dari parataktik. Kalimat penghubung adalah kata "like, so, so, misalkan, jika, jika, jika, bukan, seperti, seperti, seperti, karena, pada kenyataannya, dengan dan sebagainya". Kalimat yang menggunakan konjungsi berarti termasuk kalimat majemuk bertingkat.

Ciri/Karakteristik Kalimat Kompleks

  • Kalimat yang kompleks harus memiliki setidaknya dua peristiwa atau klausa atau proses, bahkan lebih dari dua dalam satu kalimat.
  • Kombinasi kalimat simpleks atau dari klausa.
  • Untuk menggabungkannya menggunakan kata gabung yang telah ditentukan atau dipisahkan oleh koma.
  • Harus memiliki dua subjek dan dua predikat dalam satu kalimat dan dalam pengaturan kalimat lengkap

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Kalimat Kompleks Adalah, Jenis dan Ciri-ciri"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel