Pengertian Demokrasi Langsung dan Tak Langsung

www.pengertianteksprosedur.com - Sebagai lembaga yang merdeka dan berdaulat, banyak negara yang menerapkan asas demokrasi dalam sistem pemerintahan, begitupun dengan negara Indonesia. Pada saat ini Indonesia menerapkan demokrasi Pancasila yang telah dilaksanakan sejak 1966.

Pengertian Demokrasi Langsung dan Tak Langsung

Sebagai negara yang demokratis, tentunya kita dituntut untuk memiliki pengetahuan tentang demokrasi termasuk jenis demokrasi itu sendiri. Demokrasi terbagi menjadi 2 (dua) yaitu demokrasi langsung dan demokrasi tak langsung. Berikut adalah ulasan selengkapnya.

Pengertian Demokrasi

Demokrasi berasal dari dua kata yaitu demos yang memiliki arti rakyat dan kratos yang memiliki arti pemerintahan. Sedangkan pengertian demokrasi yaitu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Terdapat beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai demokrasi antara lain.

  • Henry B. Mayo

Tokoh pertama yang mengemukakan pendapatnya mengenai demokrasi adalah Henry B. Mayo. Menurutnya demokrasi adalah sebuah sistem yang memiliki ciri di mana kebijakan umum ditentukan oleh pihak mayoritas yang diwakili oleh individu-individu yang dalam kegiatannya diawasi secara efektif oleh rakyat dengan dilakukannya pemilihan secara berkala berdasarkan kesamaan nilai politik dengan penjaminan kebebasan dalam berpolitik.

  • Montesque

Tokoh kedua yang mengemukakan pendapatnya mengenai demokrasi adalah Montesque. Menurutnya untuk mengatakan sebuah negara menganut asas demokrasi maka sistem kekuasaan pemerintahan harus dilaksanakan melalui tiga lembaga yang terpisah satu sama lain yaitu legislatif atau pihak yang memiliki hak dan kewajiban mutlak dalam membuat undang-undang, eksekutif atau pihak yang berkewajiban untuk melaksanakan undang-undang yang telah dirancang oleh legislatif, dan yudikatif atau pihak yang memiliki hak mutlak untuk melakukan peradilan atas perancangan dan pelaksanaan undang-undang.

  • Aristoteles

Tokoh ketiga yang mengemukakan pendapatnya mengenai demokrasi adalah Aristoteles. Menurutnya demokrasi adalah kebebasan yang mutlak diberikan kepada setiap warga negara baik kebebasan dalam berpendapat maupun bertindak. Menurut Aristoteles seseorang yang tidak memiliki kebebasan, sama halnya denga budak.

  • Charles Castello

Tokoh keempat yang mengemukakan pendapatnya mengenai demokrasi adalah Charles Castello. Menurutnya demokrasi adalah sistem sosial dan politik dari pemerintah dengan adanya pembatasan kekuasaan melalui hukum dan kebiasaan untuk melindungi setiap hak warga negara.

Demokrasi Langsung

Pengertian Demokrasi Langsung

Demokrasi langsung adalah sistem pemerintahan penyerahan mandat dari rakyat kepada pemerintah atas penentuan arah kebijakan umum dalam berpolitik maupun keadaan sosial. Melalui demokrasi langsung, warga negara dapat dikatakan turut andil dalam kebijakan pemerintahan karena bias untuk mengutarakan pendapat yang dimilikinya.

Ciri-ciri Demokrasi Langsung

  • Demokrasi Murni
    Ciri pertama dari sistem demokrasi langsung adalah demokrasi murni. Hal tersebut dikarenakan keputusan atau kebijakan yang diambil pemerintah di suatu negara berasal dari pendapat yang diberikan warga negaranya secara langsung tanpa melalui perwakilan atau parlemen.
  • Peran Rakyat dalam Pengambilan Keputusan
    Ciri kedua dari sistem demokrasi langsung adalah besarnya peranan rakyat dalam pengambilan keputusan. Di dalam suatu negara yang menganut sistem demokrasi, pemerintah tidak dapat mengambil keputusan atau kebiajakn tanpa mendengarkan pendapat dari warga negaranya.
  • Kesempatan Berpolitik Sangat Besar
    Ciri ketiga dari sistem demokrasi langsung adalah kesempatan berpolitik bagi warga negara sangatlah besar. Di negara yang menganut asas demokrasi, siapapun bisa menjadi wakil rakyat dalam dunia politik.
  • Pemerintahan Bersifat Transparan
    Ciri keempat dari sistem demokrasi langsung adalah pemerintahan bersifat transparan. Nilai dari demokrasi yaitu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat membuat pemerintah dijalankan langsung oleh rakat.
  • Wilayah dan Jumlah Warganya Sedikit
    Ciri kelima dari sistem demokrasi langsung adalah cakupan wilayah yang kecil dan jumlah warganya yang sedikit. Jumlah warga negara yang sedikit mempermudah pemerintah untuk mengadakan pertemuan tanpa melibatkan lembaga perwakilan.
  • Keterlibatan Rakyat dalam Perancangan Undang-undang
    Ciri keenam dari sistem demokrasi langsung adalah adanya keterlibatan rakyat dalam perancangan Undang-Undang. Individu atau warga negara yang dapat terlibat dalam perancangan undang-undang harus mendapatkan dukungan dan persetujuan dari mayoritas warga negara melalui sebuah voting atau pemilihan.
  • Adanya Pemilihan Umum
    Ciri ketujuh dari sistem demokrasi lamgusng adalah adanya pemilihan umum. Pemilihan umum dilaksanakan untuk memilih presiden, wakil presiden, dan anggota DPR.


Demokrasi Tak Langsung

Pengertian Demokrasi Tak Langsung

Demokrasi tak langsung adalah sistem pemerintahan di suatu negara yang tidak melibatkan rakyat secara langsung dalam proses pengambilan keputusan atau kebijakan. Demokrasi tak langung dapat disebut juga dengan demokrasi perwakilan atau parlemen.

Ciri-ciri Demokrasi Tak Langsung

  • Demokrasi Berskala Besar
    Ciri pertama dari demokrasi tak langsung adalah dapat disebut dengan demokrasi yang berskala besar. Hal tersebut dikarenakan proses demokrasi dilaksanakan dalam jangka waktu yang cukup lama.
  • Tidak Dapat Dikontrol Langsung Oleh Rakyat.
    Ciri kedua dari demokrasi tak langsung adalah proses demokrasi yang tidak dapat dikontrol langsung oleh rakyat. Hal tersebut dikarenakan proses demokrasi yang dilaksanakan dalam rentang waktu yang cukup lama.
  • Kekuasaan Rakyat Diwakilkan
    Ciri ketiga dari demokrasi tak langsung adalah kekuasaan rakyat diwakilkan. Di dalam sistem demokrasi tak langsung, warga negara tetap menduduki posisi sebagai pemegang kekuasaan tertinggi, namun dalam pengambilan keputusan atau kebijakan rakyat diwakilkan oleh individu-individu yang telah berada di parlemen.
  • Trias Politica
    Ciri keempat dari demokrasi tak langsung adalah menggunakan asas trias politica. Trias politica adalah pemerintah memiliki tiga lembaga yang berkuasa yaitu lembaga legislative, eksekutif, dan yudikatif di mana ketiga lembaga tersebut merupakan lembaga yang mandiri dan tidak bergantung satu sama lain.


Kelebihan dan Kekurangan Sistem Demokrasi

Kelebihan

  • Terdapat kesamaan hak antara seluruh warga negara sehingga tiap masyarakat diperbolehkan untuk mengambil bagian dalam dunia politik.
  • Pemberian kekuasaan kepada satu pihak didasarkan pada suara atau pilihan dari seluruh warga negara di negara tersebut.
  • Adanya sistem demokrasi mengurangi praktik monopoli politik atau kekuasaan oleh penguasa karena wakil rakyat dipilih langsung oleh rakyat.
Kekurangan
  • Lemahnya kepercayaan warga negara kepada pemerintah karena media yang tidak bersifat objektif atas suatu berita atau bahkan cenderung bersifat subjektif kepada pihak tertentu.
  • Kesamaan hak setiap warga negara dianggap tidak sama karena pemahaman politik setiap orang berbeda.
  • Konsentrasi wakil rakyat atau individu yang berada di parlemen untuk memperjuangkan aspirasi rakyat menjadi terpecah karena harus mempersiapkan pemilihan umum yang akan dating.

Demokrasi di Indonesia

Sebagai negara yang berdaulat, Indonesia juga menggunakan demokrasi sebagai asas atau landasan dalam bermasyarkat. Pernyataan resmi bahwa Indonesia adalah negara yang demokratis terdapat dalam UUD 1945 Pasal 1 atay 1 yang berbunyi’’Kedaulatan berada di tangan rakyat dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar’’dan sila keempat Pancasila dengan bunyi ’’Kerakyatan yang dimpimpin oleh himat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan’’.

Berdasarkan sejarah, Indonesia pernah menerapkan tiga demokrasi yaitu demokrasi liberal (1950-1959), demokrasi terpimpin (1959-1966), dan demokrasi pacasila (1966-saat ini).

Pada saat ini Indonesia menerapkan demokrasi terpimpin sebagai perwujudan atas sila keempat Pancasila. Terdapat beberapa prinsip dalam demokrasi Pancasila, antara lain.

  • Hak dan kewajiban seluruh rakyat Indonesia adalah sama
  • Hak dan kewajiban seluruh rakyat seimbang
  • Kebebasan yang diterapkan memiliki tanggung jawab secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, dan pribadi lain.
  • Perwujudan dari keadilan sosial bagi seluruh rakyat
  • Pencapaian mufakat dalam pengambilan keputusan
  • Mengedepankan persatuan nasional dan kekeluargan.

Demikian sedikit ulasan mengenai demokrasi langsung, demokrasi tak langsung, dan demokrasi yang dilaksanakam di Indonesia. Semoga artikel ini dapat membantu pembaca untuk lebih memahami demokrasi.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Demokrasi Langsung dan Tak Langsung"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel