Pengertian, Sejarah dan Macam-macam Situs Website

Pengertianteksprosedur.com - Di era digitalisasi ini banyak individu ataupun perusahaan yang lebih memilih untuk memberikan informasi atau memasarkan produk yang ditawarkannya menggunakan media digital dibandingkan dengan media cetak. Salah satu media digital yang sering digunakan adalah website.

Website adalah halaman yang menyediakan informasi dan dapat diakses hanya dengan menggunakan jaringan internet. Berikut ini adalah ulasan secara lebih detail mengenai website.

Pengertian Website

Website atau yang lebih sering disingkat web adalah salah satu alat komunikasi online yang dalam pengaplikasiannya harus didukung dengan jaringan internet. Website merupakan halaman yang dapat menampilkan informasi berupa teks, gambar, animasi, video, atau gabungan dari keseluruhan item tersebut yang membentuk rangkaian sistem yang memiliki keterkaitan di mana masing-masing item dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.

Pengertian, Sejarah dan Macam-macam Situs Website

Secara terminologis website diartikan sebagai kumpulan dari beberapa halaman situs yang terangkum dalam satu domain atau subdomain yang dapat diakses melalui World Wide Web (WWW) di internet. World Wide Web (WWW) adalah kumpulan dari seluruh situs atau halaman web yang tersedia dan dapat diakses oleh publik.

Halaman dari sebuah situs web (web page) biasanya dapat diakses melalui sebuah URL yang menjadi sumber atau root yang dapat disebut juga dengan homepage atau dapat diterjemahkan menjadi beranda. URL ini mengatur susunan dari web page agar dapat diakses, walaupun sebenarnya di dalam sebuah website terdapat hyperlink-hyperlink yang mengatur pembaca web untuk menunjukan keseluruhan atau bagaiman urutan dari informasi tersebut berjalan.

Situs page (web page) adalah sebuah dokumen yang ditulis dengan menggunakan format HTML (Hyper Text Markup Language) yang dapat diakses melalui HTTP. HTTP adalah protokol yang memberikan informasi dari server website kepada para user website melalui web browser.

Seluruh publikasi atau informasi dari website-website tersebut mampu membentuk jaringan informasi yang sangat besar.

Dalam bahasa yang lebih sederhana, web page dapat diartikan sebagai sebuah buku yang mampu menampung seluruh informasi yang menyangkut berbagai hal yang bersifat komersil maupun non komersil. Melalui media web page inilah seorang individu atau perusahaan dapat memberikan informasi kepada orang lain di seluruh dunia.

Macam-macam Situs Website
Secara garis besar, situs web digolongkan menjadi 2 (dua) bagian antara lain.

Situs Web Statis
Situs web statis adalah situs web yang yang memiliki informasi yang tidak dapat diupdate atau diperbarui secara berkala karena harus dilakukan secara manual. Terdapat tiga jenis perangkat utilitas yang dapat digunakan dalam mengatur situs web statis antara lain.

  • Penyunting Teks
    Penyunting teks adalah perangkat utilitas yang dapat digunakan untuk mengedit berkas halaman web seperti Notepad atau TextEdit.
  • Penyunting WYSIWYG
    Penyunting WYSIWYG adalah perangkat lunak utilitas halaman web yang memiliki fitur antar muka grafis dalam perancangannya. Berkas halaman web biasanya tidak diedit secara langsung oleh penggunanya tetapi secara otomatis berdasarkan laman kerja yang dibuat oleh pengguna. Contoh dari penyunting WYSIWYG adalah Microsoft Frontpage dan Macromedia Dreaamweaver.
  • Penyunting Berbasis Templat
    Penyunting berbasis templat adalah utilitas tertentu seperti Rapidweaver dan iWeb yang memudahkan pengguna dalam membuat sebuah situs web tanpa harus paham dengan bahasa HTML karena hanya menyunting halaman web seperti halaman biasa.

Situs Web Dinamis
Berbeda dengan situs web statis di mana informasi di dalamnya tidak dapat diperbarui secara berkala, Situs Web Dinamis ini memiliki informasi di dalamnya yang dapat diperbarui secara berkala dengan cukup mudah. Informasi yang terdapat di dalam situs web dinamis akan berubah setelah beberapa periode tertentu. Contoh dari situs web dinamis adalah situs yang berisi informasi berita.

Dikarenakan informasi yang tersedia dapat diperbarui dengan cukup mudah, maka situs web dinamis ini memerlukan infrastruktur yang lebih kompleks jika dibandingkan dengan situs web statis. Hal tersebut karena karena situs web dinamis halaman web akan dicipatakan jika ada pengguna yang mengakses.

Sejarah Website

Situs web pertama kali ditemukan oleh Sir Thomas John ‘’Tim’’ Berners-Lee, sedangkan situs web yang pertama kali dapat tersambung dengan jaringan internet ditemukan pada tahun 1991.

Tujuan dari Tim membuat situs web adalah sebagai wadah atau media yang memudahkannya dalam bertukar informasi dengan peneliti lain di tempat ia bekerja.

CERN atau perusahaan di mana Tim bekerja mengumumkan kepada publik bahwa mulai tanggal 30 April 1993 situs World Wide Web (WWW) dapat diakses secara gratis oleh masyarakat.

Website mulai masuk dan dikenal di Indonesia sekitar tahu 1998, di mana hanya perusahaan yang memiliki sumber daya atau modal yang besar yang dapat memilikiya. Di tahun tersebut, website merupakan media promosi yang sangat mahal, sehingga banyak pengusaha atau produsen tidak mampu untuk menggunakan media promosi ini. Mahalnya media website bagi produsen atau perusahaan dipengaruhi oleh jumlah penyedia jasa pembuatan web yang sangat sedikit karena media internet belum terlalu familiar.

Mesin Pencari Website

Mesin pencari web adalah program yang dapat diakes melalui komputer yang didukung dengan jaringan internet. Mesin pencari web digunakan untuk menemukan halaman, situs, atau file yang disimpan dalam website atau komputer itu sendiri. Mesin pencari web mempermudah kita untuk memperoleh konten media dengan memasukan kata kunci atau kriteria yang spesifik (yang berisi kata atau frasa yang ditentukan oleh user).

Dengan memasukkan kata kunci tersebut, user akan mendapatkan daftar halaman yang sesuai dengan kriteria yang dicari. Mesin pencari web lazimnya menggunakan indeks yang telah diciptakan sebelumnya untuk membantu user menemukan situs atau halaman yang paling mendekati sesuai dengan kata kunci.

Sebagian besar mesin pencari wes dimiliki oleh perusahaan swasta yang cukup besar karena menggunakanalgoritma kepemilikan dan basis data yang bersifat tertutup. Mesin pencari web yang paling populer selama ini adlaah Google (MSN Search ). Terdapat pula beberapa perusahaan yang menciptakan mesin pencari web dengan sumber terbuka seperti Htdig, Nutch, Egothor, dan OpenFTS.

Penjelajah Website

Penjelajah website adalah perangkat lunak yang difungsikan untuk menerima dan memberikan seluruh informasi yang tersedia di internet. Sebuah sumber informasi dapat ditemukan dengan mengidentifikasi sumber seragam yang berupa halaman web, vdei, gambar, dan jenis konten lainnya. Walaupun dikhususkan untuk mengakses internet, penjelajah web dapat juga digunakan untuk mengakses informasi yang disimpan oleh server web jaringan pribadi atau sistem berkas. Beberapa penjelajah web yang paling populer pada saat ini adalah Google Chrome, Firefox, Internet Explore, Safari, Opera, dll.

Penyelenggara Jasa Internet Website

Penyelenggara Jasa Internet atau yang dapat disingkat dengan PJI/Internet Service Provider adalah sebuah perusahaan yang memberikan jasa menyambungan internet dan jasa lainnya yang berkaitan. Penyedia jasa internet pada umumnya kebanyakan merupakan perusahaan telepon.

Perusahaan tersebut menawarkan jasa hubungan ke internet, pendaftaran nama domain, dan hosting. Internet Service Provide (ISP) biasanya memiliki jaringan baik di domestik maupun internasional sehingga jasa sambungan internet yang ditawarkan memiliki koneksi jaringan internet secara global.

Jaringan yang dimaksud adalah media transmisi yang mampu menyalurkan data yang berupa kabel (sewa kabel, jalur lebar, dan modem), radio, dan VSAT.

Demikian sedikit informasi mengenai pengertian website, semoga ulasan ini dapat membantu pembaca untuk lebih memahami mengenai dunia internet.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Sejarah dan Macam-macam Situs Website"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel