Pengertian Kerajinan Logam, Prosedur dan Jenisnya

Pengertianteksprosedur.com - Pengertian Kerajinan Logam.. Hay pembaca yang budiman selamat datang di blog kami, web online berbagi banyak ilmu. Silahkan simak pembahasan kami kali ini yaitu tentang Pengertian Kerajinan Logam.? Di artikel ini akan dijelaskan secara rinci. dibaca sampai selesai yaaa...

Pengertian Kerajinan Logam, Prosedur dan Jenisnya

Pengertian Kerajinan logam 

Kerajinan logam menggambarkan suatu seni kerajinan ataupun keahlian buat membuat suatu jadi beberapa barang yang hendak memiliki nilai guna dengan memakai logam bagaikan medianya. Karya yang dihasilkan dari mampu berbentuk karya 2 ukuran serta 3 ukuran.

  • Media Logam( lukisan logam) merupakan media logam yang biasa dipakai dalam pembuatan karya- karya kerajinan logam memakai media almunium, kuningan, serta tembaga.
  • Teknik- teknik( arca logam) merupakan teknik- teknik yang biasa digunakan pada kerajinan logam. Ada pula tekniknya merupakan Ketok, las, cor, serta patri.


Prosedur Pembuatan Kerajinan Logam

Ada pula prosedur dalam pembuatan kerajinan logam berbeda- beda bila dilihat dari karya logam 2 Ukuran serta 3 Ukuran. Dibawah ini menggambarkan sistem/ prosedur pembuatan kriya logam:

  • 2 dimensi

Langkah mula- mula membuat foto desain pada suatu kertas, setelah itu foto yang telah jadi ditempelkan pada permukaan olahan logam yang digunakan yakni semacam almunium.

Ada pula proses pada pembuatan sketsa pada media kerajinan logam merupakan almunium dengan memakai ballpoint sisa, dengan sistem menekan dan menjajaki garis kontur pada desain foto yang telah terbuat.

Sehabis foto telah tercipta pada olahan logam, langkah berikutnya pada permukaan dasar almuniumdialasi dengan anduk kecil ataupun busa, sebaliknya penggalan atas ditekan- tekan sampai- sampai objek foto itu tercipta menonjol keluar seperti relief.

  • 3 dimensi

Metode Pencetakan/ Pengecoran pada model 3 ukuran merupakan dengan membakar olahan logam( almunium, kuningan, dan tembaga) di dalam tungku pembakaran hingga olahan logam itu meleleh.

Sehabis olahan logam meleleh, kemudian cairan logam tersebut di tuangkan ke dalam suatu cetakan dasar. Setelah itu metode berikutnya merupakan Metode Penempaan, siapkan seluruh perlengkapan dan olahan yang hendak diperlukan buat dikerjakannya metode penempaan.

Langkah berikutnya merupakan membentuk karya yang hendak di buat dengan memakai olahan logam yang setimpal dengan wujud yang di idamkan. Langkah terakhir melaksanakan penghalusan pada sesuatu permukaan hasil kriya logam itu.

Jenis Kerajinan Logam

Bersumber pada sistem pembuatannya, mampu dibedakan sebagian tipe, antara lain:

  • a. Logam Buatan Tangan

Kerajinan logam dengan buatan tangan ini tanpa mengandalkan mesin, murni memakai tangan. Dari proses dini sampai akhir dikerjakan dengan tangan. Kerajinan logam dengan buatan tangan menggambarkan cikal hendak industri perak di Indonesia.

  • b. Logam Cetakan Teknologi

Kerajinan logam memakai cetakan kerap diperuntukan alternatif penciptaan kerajinan logam, paling utama buat permintaan produk dengan kuantitas besar serta waktu yang terbatas.

Ada pula proses kerajinan logam dengan sistem mencetak merupakan dimulai dengan pencairan logam, setelah itu dituang ke cetakan yang sudah disiapkan tadinya setimpal wujud yang dinginkan.

Dengan sistem cetakan teknologi hendak mengirit waktu serta model yang terbuat dapat jadi sama seluruh. Namun pada sesi proses akhir masih memakai tangan, semisal pengikiran serta pengamplasan bekas- bekas cetakan yang kurang apik.

  • c. Logam Buatan Mesin

Kerajinan logam dengan sistem buatan lewat mesin menggambarkan sistem penciptaan massal. Contoh dari kerajinan logam dari buatan mesin merupakan kalung serta gelang rantai. Sama halnya dengan mesin cetakan, membutuhkan bayaran yang amat mahal serta modal yang besar.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Kerajinan Logam, Prosedur dan Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel