Pengertian Kecepatan Menurut Para Ahli

Pengertianteksprosedur.com - Pengertian Kecepatan... Hay pembaca yang budiman selamat datang di blog kami, web online berbagi banyak ilmu. Silahkan simak pembahasan kami kali ini yaitu tentang Pengertian Kecepatan? Di artikel ini akan dijelaskan secara rinci. dibaca sampai selesai yaaa...

Kecepatan( Speed) menggambarkan besarnya jarak yang ditempuh oleh barang pada masing- masing satuan waktu. Kecepatan menggambarkan tipe besaran yang tergantung pada sesuatu arah, sampai- sampai kecepatan tersebut tercantum kedalam besaran vektor. Buat gerak 1 ukuran, arah dari kecepatan dapat dinyatakan dengan ciri positif ataupun negatif. Konsep menimpa kecepatan tersebut dipecah jadi 2, ialah kecepatan sesaat dan kecepatan rata- rata.

  • Kecepatan sesaat menggambarkan kecepatan barang pada sesuatu dikala aja, sedangkan
  • kecepatan rata- rata menggambarkan hasil untuk antara perpindahan dengan selang
  • masing- masing waktunya.

Kecepatan tersebut mampu diukur dengan perlengkapan bantu yang bernama velocitometer.

Pengertian Kecepatan Bagi Para Ahli

Saifudin( 1999: 1- 11) melansir penafsiran kecepatan bagi Bagi Treadwell( 1991), kecepatan bukan cuma menitik beratkan segala kecepatan badan, tetapi pula mengaitkan waktu respon yang dicoba oleh seorang pemain terhadap suatu stimulus. Keahlian tersebut membuat jarak yang lebih pendek buat dapat

memindahkan badan. Kecepatan tersebut pula bukan cuma mengartikan menggerakkan segala penggalan badan dengan amat cepatnya, hendak namun dapat pula dengan menggerakkan anggota- anggota badan dalam kurun waktu yang secepatnya.

Pengertian Kecepatan Menurut Para Ahli

Didalam suatu berolahraga semisal aja berolahraga lari sprint kecepatan larinya diresmikan oleh/ dengan gerakan secara berturut- turut dari organ kaki yang dicoba dengan amat kilat, kecepatan menendang bola pula didetetapkan oleh pendek tidaknya tungkai dalam menempuh jarak gerak suatu tendangan.

Kecepatan daro anggota badan yang lain semacam lengan ataupun tungkai pula lumayan berarti perihal tersebut bermanfaat buat membagikan akselerasi kepada objek- objek eksternal semacam berolahraga sepakbola, bola basket, tenis lapangan, lempar cakram, bola voli, serta lain sejenisnya.

Kecepatan tersebut pula bergantung dari macam- macam aspek yang mempengaruhinya, ialah kekokohan( strength), waktu respon, serta fleksibilitas( Harsono 1988: 216). Buat mampu melaksanakan gerakan kecepatan menggambarkan hasil dari jarak per masing- masing satuan waktu( meter/ dt), semisal 100 kilometer per jam atau120 m per/ detik.

Kecepatan tersebut mengacu pada kecepatan gerakan dalam melaksanakan suatu keahlian bukan cuma dengan hanya kecepatan lari. Menggerakkan kaki dengan kilat merupakan keahlian raga terutama untuk pemain bertahan dan wajib ditingkatkan buat keahlian mengganti arah pada dikala teakhir menggambarkan perihal yang pula berarti.

Kecepatan merupakan salah satu dari komponen keadaan raga. Bagi Mochamad Sajoto( 1995: 9) kecepatan menggambarkan salah satu keahlian seorang dalam mengerjakan gerakan kesinambungan dalam kurun waktu yang sesingkat- singkatnya.

Jenis /  Macam Kecepatan

Bagi Suharno( 1985: 31) ada 3 kecepatan, ialah kecepatan sprint, kecepatan respon, serta kecepatan bergerak, buat uraian lebih lanjut dibawah ini:

  • Kecepatan sprint

Kecepatan sprint menggambarkan sesuatu keahlian organisme atlet bergerak ke depan dengan kekokohan dan pula kecepatan optimal buat menggapai hasil yang sebaik- baiknya. Contohnya yakni player sepakbola dikala berlari mengejar bola.

  • Kecepatan reaksi

Kecepatan respon menggambarkan sesuatu keahlian organisme atlet buat mampu menanggapi sesuatu rangsang sedini bisa jadi dalam menggapai hasil tersadu. Contohnya pada pemain sepakbola dikala hendak menyongsong umpan, pemain tersebut hendak langsung dengan sigap ataupun kilat menyambutnya.

  • Kecepatan bergerak

Kecepatan bergerak menggambarkan sesuatu keahlian organ atlet dalam bergerak sedini bisa jadi dalam satu gerakan yang enggak terputus.

Wujud Latihan Kecepatan

Dalam melatih kecepatan yang terutama merupakan melindungi kesehatan badan serta pula pasti melakukan

latihan, nah bentuk- bentuk latihan kecepatan antara lain bagaikan berikut:

a. Lari kilat 60 m.

b. Lari bolak- balik jarak 6 m dengan membentuk angka 8( shuttle run).

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Kecepatan Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel