Pengertian Jaring-Jaring Makanan Beserta Fungsinya dan Contoh

www.pengertianteksprosedur.com - Pengertian Jaring-Jaring Makanan.. Hay pembaca yang budiman selamat datang di blog kami, web online berbagi banyak ilmu. Silahkan simak pembahasan kami kali ini yaitu tentang Pengertian Jaring-Jaring Makanan, Fungsi dan Contohnya.? Di artikel ini akan dijelaskan secara rinci. dibaca sampai selesai yaaa...

Pengertian Jaring-Jaring Makanan Beserta Fungsinya dan Contoh



Yuk diawali dari pengertiannya

Pengertian Jaring-jaring Makanan

Merupakan sebuah penggabungan dari sekian rantai makanan yang siklusnya silih berhubungan. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan kalau rantai makanan menggambarkan penggalan dari jaring- jaring makanan dalam cakupan yang lebih luas lagi. jaring- jaring makanan ini sedikit berbeda dengan rantai makanan.

Kemudian, apa yang membedakan jaring- jaring makanan dengan rantai makanan? Organisme yang terkumpul pada jaring- jaring santapan mempunyai sebagian tipe oragnisme yang dapat diseleksi jadi makanannya.

Sebaliknya, rantai makanan, organisme yang jadi konsumen cuma memiliki satu opsi makanan saja. Walaupun ada sebagian, tetapi jumlahnya lebih sedikit dibanding dengan organisme yang terdapat pada jaring- jaring makanan.

Jaring-Jaring Makanan Berfungsi Sebagai

Jaring- jaring makanan di dalam ekosistem mempunyai banyak guna serta pula khasiat ialah buat menggambarkan interaksi langsung antar spesies yang terdapat pada ekosistem itu sendiri, sehingga ikatan antar spesies dapat dibedakan mana yang tercantum dalam spesies basal, spesies peralihan, serta mana yang jadi spesies predator puncak.

Tidak hanya itu jaring- jaring makanan tersebut pula berperan bagaikan penyederhana dalam menguasai ikatan antar spesies serta berperan dalam menekuni kontrol dasar ke atas ataupun kontrol atas ke dasar dalam sesuatu struktur komunitas.

Contoh Jaring- Jaring Makanan

Bila di dalam sesuatu rantai makanan bisa ditarik lurus siklusnya, berbeda dengan jaring- jaring makanan . Pada jaring- jaring makanan kejadian siklus maknannya tidak sesederhana rantai makanan.

Dalam satu mahkluk hidup dapat memakan lebih dari satu tipe mahkluk hidup yang lain, sehingga menghasilkan garis- garis yang silih bersilangan.

  • Contoh Jaring- Jaring Makanan Di Darat

Sebagai contoh, seekor tupai dapat memakan bermacam- macam tipe makanan semacam biji- bijian serta buah- buahan. Tupai tersebut dimakan oleh seekor rubah, yang pula tidak cuma makan rubah tetapi pula memakan tikus serta pula serangga. Dalam contoh itu saja, telah terdapat lumayan banyak rantai makanan.

Baca Artikel lain : Pengertian Teks Prosedur


  • Contoh Jaring- Jaring Makanan Di Laut

Tidak cuma di darat, jaring- jaring makanan pula berlaku untuk mahkluk hidup yang tinggal di laut. Bagaikan contoh, zooplankton dapat memakan fitoplankton.

Zooplankton sendiri bisa dimakan oleh gurita, salmon, udang ataupun mahkluk yang lain. Gurita, salmon serta udang tersebut setelah itu dimakan oleh hiu ataupun paus. Sehabis itu hiu serta paus mati yang setelah itu diurai oleh kuman yang terdapat di laut.

  • Contoh Jaring- Jaring Makanan di Sawah

Sawah pula jadi salah satu habitat yang ada mahkluk hidup tinggal didalamnya. Pasti saja dari bermacam- macam mahkluk hidup disitu, membuat terdapatnya jaring- jaring makanan demi mempertahankan hidup sesuatu mahkluk hidup.

Contohnya, padi bagaikan produsen dimakan oleh ulat ataupun belalang. Setelah itu ulat ataupun belalang dimakan oleh tikus. Tikus dimakan oleh ular ataupun burung pemangsa. Burung pemangsa pula dapat memakan ular. Burung pemangsa mati dijabarkan oleh kuman.

  • Contoh Jaring- Jaring Makanan di Air Tawar

Jaring- jaring makanan di air tawar ataupun sungai banyak mengaitkan tipe mahkluk hidup. Sungai merupakan salah satu habitat yang banyak mempunyai mahkluk hidup sebab air merupakan sumber kehidupan.

Bagaikan contoh, tumbuhan air ataupun alga dimakan oleh ikan kecil, udang serta siput. Setelah itu hewan tersebut dimakan oleh ikan besar, kodok ataupun ular. Bebek serta bangau dapat memakan udang, kodok serta ikan besar. Ular, bangau serta ikan besar dapat dimakan oleh burung elang.

Tidak cuma contoh di atas, masih banyak lagi jaring- jaring makanan yang terjalin di tempat habitat lain. Tiap habitat yang berbeda hingga jaring- jaring makanan yang diciptakan juga berbeda.

Jadi, perbandingan antara rantai makanan serta jaring- jaring makanan merupakan rantai makanan menggambarkan penggalan dari jaring- jaring makanan.

Sehingga Jaring- jaring makanan hendak memunculkan banyak sekali rantai makanan yang tersambung satu sama lain. Bila skemanya digambar, hendak jaring- jaring makanan hendak berupa semacam jaring laba- laba.

Tidak hanya itu, jaring- jaring makanan bisa tingkatkan keahlian menyesuaikan diri serta persaingan buat dapat bertahan hidup, tidak semacam rantai makanan yang tidak berhubungan dengan gimana makhluk hidup bersaing memperoleh makanan.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Jaring-Jaring Makanan Beserta Fungsinya dan Contoh"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel