Pengertian Etika, Fungsi, Ciri, Menurut Para Ahli dan Hubungan Etika Filosofis dan Etika Teologis

Pengertianteksprosedur.com - Pengertian Kerajinan Etika.. Hay pembaca yang budiman selamat datang di blog kami, web online berbagi banyak ilmu. Silahkan simak pembahasan kami kali ini yaitu tentang Pengertian Pengertian Etika, Fungsi, Ciri dan Menurut Para Ahli.? Di artikel ini akan dijelaskan secara rinci. dibaca sampai selesai yaaa...

Pengertian Etika Adalah

Norma seseorang yang digunakan dalam lingkungan masyarakat sekitar dimana orang tersebut tinggal serta dijadikan sebagai patokan dan pedoman dalam bersikap dan berperilaku yaitu sifat buruk dan baiknya seseorang.

Pengertian Etika, Fungsi, Ciri, Menurut Para Ahli

Etika adalah kata yang muasalnya dari bahasa Yunani Kuno yang berarti sikap yang timbul dari sebuah kebiasaan seseorang (Ethikos). Bisa juga kata Etika diterjemahkan menjadi sebuah ilmu tentang kesusilaan serta sikap manusia dengan sesama yang menyangkut prinsip serta ketentuan.

Menurut Para Ahli Pengertian Etika Adalah

Disini ada beberapa pendapat yang bisa anda simak satu per satu


  • KBBI mengatakan bahwa Etika merupakan sebuah ilmu yang mempelajari baik buruk, hak dan kewajiban moral mengenai benar dan salah yang diikuti oleh masyarakat.
  • Bagi W. J. S. Poerwadarminto, Penafsiran Etika merupakan sesuatu ilmu pengetahuan tentang sikap ataupun perbuatan seorang bertabiat baik ataupun kurang baik dalam berdialog.
  • Bagi K. Bertens, Penafsiran Etika merupakan sesuatu nilai ataupun norma yang jadi acuahn untuk warga secara orang ataupun kelompok yang mencerna seluruh tingkah laku mereka.
  • Bagi H. A. Mustafa, Penafsiran Etika merupakan sesuatu ilmu pengetahuan yang menyelidiki sesuatu sikap seorang baik dan buruk dengan mencermati perbuatan meraka dengan ide pikirnya.
  • Bagi Dokter. James, Penafsiran Etika merupakan mencermati sesuatu tingkah laku manusia di dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan moral.
  • Bagi Drs. H. Burhanudin Salam, Penafsiran Etika merupakan suatu cabang ilmu filsafat yang membicarakan Mengenai sesuatu nilai- nilai dan norma yang mampu memastikan sesuatu sikap manusia ke dalam kehidupannya.

Fungsi Etika Adalah 

  • Sebagai wadah untuk mendapatkan orientasi kritis dari suatu moralitas yang membingungkan.
  • Agar bisa menunjukan sebuah keterampilan intelektual
  • Tujuannya agar bisa mengambil sebuah sikap yang wajar dalam suasana pluralisme.
Dan Manfaat dari Etika Adalah
  • Etika mampu membedakan yang mana yang tidak bisa dirubah serta yang mana yang boleh dirubah.
  • Etika mampu menuntaskan masalah- masalah moralitas yang membingungkan dalam bermasyarakat.
  • Etika mampu memakai sesuatu nalar landasan dasar pijakan.
  • Etika mampu menyelidiki sesuatu permasalahan hingga ke akar- akarnya. 



Ciri atau Karakteristik Etika


- Etika selalu berlaku walaupun orang lain tidak ada yang melihat.
- Etika sifatnya mutlak.
- Etika terdapat cara pandang dari sisi batiniah seseorang manusia.
- Etika kaitannya sangat erat kuat dengan perilaku manusia.


Hubungan Antara Etika Filosofis dan Etika Teologis Adalah 

Dalam sejarah manusia, ada perdebatan antar manusia menimpa posisi etika teologis serta etika filosofis di dalam ranah etika. Terdapat 3 statment yang sangat menonjol dalam menjawab perdebatan tersebut, ialah:

  • Revisionisme

Statment menimpa Revisionisme berasal dari Augustinus( 354– 430) dimana dia mengatakan kalau etika teologis mempunyai tugas buat merevisi ialah mengoreksi serta membetulkan etika filosofis.

  • Sintesis

Asumsi menimpa sintesis dinyatakan oleh Thomas Aquinas( 1225– 1274) dimana dia menyintesiskan etika teologis dengan etika filosofis. Hasil sintesis tersebut merupakan sesuatu entitas baru dimana etika filosofis serta etika teologis senantiasa mempertahankan identitasnya tiap- tiap.

  • Diaparalelisme

Asumsi ini dikemukakan oleh F. E. D Schleiermacher( 1768– 1834) dimana dia berkata kalau etika filosofis serta etika teologis menggambarkan tanda- tanda yang sejajar. Mampu diumpamakan semacam sejoli rel kereta api yang senantiasa berjalan berdampingan.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Etika, Fungsi, Ciri, Menurut Para Ahli dan Hubungan Etika Filosofis dan Etika Teologis"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel