Pengertian Aset Secara Umum, Menurut Ahli dan Unsur-unsur

Pengertianteksprosedur.com - Pengertian Pengertian Aset.. Hay pembaca yang budiman selamat datang di blog kami, web online berbagi banyak ilmu.

Silahkan simak pembahasan kami kali ini yaitu tentang Pengertian Aset Menurut Ahli dan Unsur-unsur? Di artikel ini akan dijelaskan secara rinci. dibaca sampai selesai yaaa...

Pengertian Aset Secara Umum, Menurut Ahli dan Unsur-unsur

Pengertian Aset

Menurut anda apakah aset itu? Aset ialah bermula dari kata b.inggris  yang diartikan dalam kata "Asset" dan pengertianya sebagai barang yang memiliki sebuah nilai (economic value), nilai komersial (comercial value), atau nilai tukar (excange value) yang dipunyai badan instansi, organisasi, badan usaha, individu juga perorangan

Pengertian Aset Menurut Para Ahli

Berikut ini macam macam pengertiannya.

  • Bagi Siregar

Bagi Siregar kalau pengertian aset secara universal ialah menggambarkan benda ataupun suatu benda yang memiliki nilai guna ataupun pula ekonomi( economic value), nilai komersial( commercial value) maupun nilai ubah( exchange value) yang di punyai oleh sesuatu tubuh usaha, lembaga ataupun perorangan.

  • Bagi Peraturan Pemerintai Republik Indonesia

Bagi Peraturan Pemerintah RI Nomor. 24 Tahun 2005 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan kalau pengertian aset diklasifikasikan dalam peninggalan mudah serta peninggalan nonlancar

  • Bagi PSAK Nomor. 16

Bagi PSAK Nomor. 16 Perbaikan Tahun 2011 mengatakan kalau definisi dari pengertian aset ialah seluruh kekayaan yang dimiliki orang maupun kelompok yang berwujud ataupun yang tidak berwujud, yang mempunyai nilai hendak mempunyai khasiat untuk masing- masing orang ataupun perusahaan

  • Bagi Munawir

Bagi Munawir pengertian aset merupakan bagaikan fasilitas ataupun sumber energi yang memiliki nilai ekonomi yang sanggup mendukung industri pada harga perolehnnya ataupun nilai normalnya wajib diukur secara objektif.

  • Bagi Peraturan Pemerintai Republik Indonesia

Bagi Peraturan Pemerintah RI Nomor. 24 Tahun 2005 tentang Standar AKuntansi Pemerintahan kalau pengertian aset diklasifikasikan dalam aset mudah serta aset nonlancar

Unsur-unsur Aset

Berikut dibawah ini unsur-unsurnya :

  • Investasi/ Penyertaan

Penafsiran investasi ialah sesuatu aset yang difungsikan buat perkembangan kekayaan lewat terdapatnya distribusi pada hasil investasi. Investasi yang dicoba dalam aset itu dikelompokkan dalam 2 tipe. Jenis- jenis investasi pada aset merupakan investasi jangka pendek serta pula investasi jangka panjang.

  • Aset Lancar

Penafsiran aset mudah menggambarkan aset yang diharapkan buat sanggup direalisasikan yang menghasilkan suatu khasiat jangka waktu yang lama dekat satu tahun ataupun dalam siklus pembedahan wajar sesuatu industri. aset terdiri dari kas, investasi jangka pendek, persediaan, piutang, pemasukan yang masih diterima serta account yang lain, serta bayaran yang wajib dibayar.

  • Aset Tetap

Penafsiran aset tetap ialah merupakan peninggalan berwujud yang didapat dalam wujud yang siap buat dipakai ataupun difungsikan ataupun pula dengan dibentuk lebih dahlu, yang difungsikan dalam pembedahan industri, tidak dimaksudkan buat dijual yang bertujuan aktivitas wajar industri serta memiliki masa khasiat yang lebih dari satu tahun. Peninggalan senantiasa terdiri dari tanah, gedung, investasi jangka panjang serta lain- lainnya.

  • Aset Tidak Berwujud

Penafsiran aset tidak berujuwd yaitu aset senantiasa yang tidak berwjud yang berguna dengan berikan hak ekonomi serta hukum kepada pemiliknya. Peninggalan tidak berwujud mempunhyai tipe wujud ataupun berbagai wujud contohnya: goodwill, merek dagang, hak cipta serta franchise.

  • Aset Lain

Ada pula dari tipe aset yang lain yang jadi faktor peninggalan merupakan menggambarkan pos- pos tidak dapat secara layak yang digolongkan dalam aset mudah, investas/ peyertaan/ ase tidak berwujud, serta peninggalan senantiasa.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Aset Secara Umum, Menurut Ahli dan Unsur-unsur"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel