Pengertian Sumber Daya Alam dan 7 Sumber Daya Alam Yang Sangat Berperan Dalam Kehidupan Manusia

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Bumi adalah sebuah planet dalam tata surya yang di dalamnya terdapat kehidupan. Salah satu kehidupan itu merupakan kehidupan manusia. Manusia adalah spesies yang mengelola kehidupan di planet Bumi.

Pengertian Sumber Daya Alam dan 7 Sumber Daya Alam Yang Sangat Berperan Dalam Kehidupan Manusia

Dalam mengelola kehidupannya, manusia membutuhkan sumber daya alam yang ada di Bumi. Sumber daya alam sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia.

Pengertian Sumber Daya Alam

Apa yang dimaksud dengan Sumber Daya Alam? Ada beberapa pengertian sumber daya alam dari sumber  pustaka yang dapat kita jadikan acuan untuk menarik kesimpulan dari pengertian sumber daya alam.

  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sumber daya alam adalah potensi alam yang dapat dikembangkan untuk proses produksi.
  • Menurut Suryanegara (1977), pengertian sumber daya alam adalah unsur–unsur lingkungan alam, baik dalam bentuk fisik ataupun hayati yang diperlukan manusia. Yang mana sumber daya alam ini diperlukan untuk memenuhi  kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup.
  • Menurut Wikipedia, dalam ensiklopedia bebas, sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Dari beberapa pengertian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berada di muka Bumi yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia demi menjalankan keberlangsungan hidup umatnya di masa kini dan masa mendatang.

Nah, lalu pertanyaan berikutnya adalah apa sajakah yang termasuk ke dalam sumber daya alam? Mari kita baca pembahasan selanjutnya.

Jenis Sumber Daya Alam

Sumber daya alam dikelompokkan ke dalam beberapa jenis dilihat dari sifat pemulihan dan asal terbentuknya, sebagai berikut:
Berdasarkan pemulihannya, sumber daya alam dapat dibedakan menjadi.

  • Sumber Daya Alam yang Selalu Ada (Sustainable Resources)
    Sumber daya alam yang selalu tersedia di alam, dan tidak akan pernah habis karena selalu mengalami siklus, yaitu udara, air, angin, tanah, sinar matahari, dan pasang-surut air laut
  • Sumber Daya Alam Bisa Diperbarui (Renewable resources)
    Sumber daya alam yang dapat diperbarui, jika habis, dalam waktu tidak terlalu lama dan dengan cara relatif mudah dapat tersedia kembali melalui reproduksi/pengembangbiakan, yaitu hewan dan tumbuhan.
  • Sumber Daya Alam Tidak Bisa diperbarui (Non-Renewable Resources)
    Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, jika habis, sangat sulit dan tidak mungkin untuk dapat tersedia kembali, karena membutuhkan waktu yang sangat lama, ribuan bahkan jutaan tahun, dan juga dalam kondisi lingkungan yang memungkinkan, yaitu hasil tambang.
    Berdasarkan asalnya, sumber daya alam dapat dibedakan menjadi,
  • Biotic Resources (Living Natural Resources) / Sumber Daya Alam Hayati
    Sumber daya alam yang berasal dari mahluk hidup, yaitu hewan dan tumbuhan
  • Abiotic Resources (Non-Living Natural Resources) / Sumber Daya Alam Non Hayati
    Sumber daya alam yang bukan berasal dari mahluk hidup, yaitu udara, air, tanah, bahan tambang, dan lainnya.


Setelah kita mengetahui jenis-jenis sumber daya alam, mana sajakah dari sumber daya alam tersebut yang sangat berperan dalam kehidupan manusia? Mari disimak kembali pembahasan berikut.

7 Sumber Daya Alam Yang Sangat Berperan Dalam Kehidupan Manusia

Berikut adalah 7 sumber daya alam di dunia yang sangat berperan dalam kehidupan manusia. Dan manusia berusaha untuk mengelolanya agar kehidupan umatnya dapat berlangsung tidak hanya di masa kini tapi juga di masa depan.

Baca : Pengertian Teks Prosedur

  • Tumbuhan

Tumbuhan yang merupakan sumber daya alam terbarukan jumlahnya sangat beragam dan melimpah. Tumbuhan memiliki kemampuan untuk menghasilkan oksigen dan sari pati melalui proses fotosintesis yang menjadikannya sebagai produsen dalam rantai makanan. Dengan adanya eksploitasi tumbuhan yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan bahkan kepunahan yang akan berdampak pada rusaknya rantai makanan.

Pengelolaan tumbuhan sangat penting demi keberlangsungan manusia sebagai penunjang kebutuhan domestik dan sumber energi. Pemanfaatan tumbuhan antara lain sebagai bahan makanan, bahan bangunan, bahan bakar (biosolar), obat-obatan, pupuk kompos, dan yang lainnya.

  • Hewan

Hewan yang merupakan sumber daya alam terbarukan dapat berupa hewan liar maupun hewan yang sudah dibudidayakan. Pemanfaatannya dapat sebagai pembantu pekerjaan berat manusia, atau sebagai sumber bahan pangan.

Pengelolaan hewan sangat penting bagi penunjang kehidupan manusia, maka demi menjaga keberlanjutannya, terutama untuk satwa langka, manusia mulai untuk melakukan pelestarian. Dan untuk memaksimalkan dan memberdayakan potensi nya, manusia membangun sistem peternakan, dan juga perikanan.

  • Air

Sebagian besar wilayah Bumi adalah perairan, dan hanya sekitar 2,5 persen merupakan air tawar sedangkan 97,5 persen sisanya merupakan air asin. Dengan pertumbuhan populasi manusia, kebutuhan akan air untuk keperluan domestik dan energi, terus meningkat. Dari 2,5 persen air tawar yang ada di bumi dianggap kurang layak untuk diminum.

Oleh karena itu sudah banyak negara-negara di dunia mengatur penggunaan air secara efisien dan efektif.  Pengelolaan air sangat penting karena kini perubahan iklim, jumlah hujan dan es mencair dari musim dingin mengalami penurunan yang berdampak menurunkan persediaan cadangan air tawar.

  • Udara

Udara bersih diperlukan untuk keberadaan kehidupan di Bumi. Angin yang merupakan udara bergerak juga dapat menghasilkan sumber energi.  Pengelolaan udara bersih dan angina sebagai sumber energi merupakan hal yang penting dengan tingginya tingkat polusi saat ini yang dapat merusak lingkungan dan kehidupan manusia itu sendiri.

  • Tanah

Tanah merupakan komponen penyusun permukaan bumi. Di dalam tanah, terdapat banyak partikel dan nutrisi yang berbeda yang membantu tanaman tumbuh sebagai sumber makanan bagi beraneka jenis makhluk hidup. Pertumbuhan tanaman pertanian dan perkebunan sangat berkaitan dengan tingkat kesuburan dan kualitas tanah.

Tanah penting untuk menunjang pertumbuhan penduduk. Selain itu, tanah juga bisa digunakan sebagai tempat berlindung. Pengelolaan tanah menjadi sangat penting karena pesatnya pertambahan penduduk dunia dan kondisi pencemaran lingkungan yang terjadi sekarang ini.

  • Sinar Matahari

Matahari sebagai pusat tatasurya merupakan sumber daya alam yang selalu ada. Sinar matahari merupakan salah satu sumber energi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.  Selain itu sinar matahari juga menjadi sumber kehidupan bagi mahluk hidup lain di bumi.

Pemanfaatan sinar matahari antara lain sebagai sumber energi panas, sumber penerangan alami, pembangkit listrik, membantu proses pengeringan, membantu proses fotosintesis, dan yang lainnya.

  • Hasil Tambang

Hasil penambangan memberikan beraneka fungsi bagi kehidupan manusia, contohnya: untuk bahan dasar infrastruktur, untuk pembuatan kendaraan bermotor, sebagai sumber energi, maupun sebagai perhiasan.

Eksploitasi hasil tambang sudah banyak terjadi karena hasil penambangan memiliki nilai ekonomi yang besar. Banyak negara-negara di dunia memiliki pendapatan yang sangat besar dari bidang penambangan. Pengelolaan hasil tambang sangat penting dikarenakan jumlahnya sangat terbatas, maka penggunaannya harus dilakukan secara efisien agar tidak cepat habis.

Pentingnya Pengunaan Sumber Daya Alam Secara Bijaksana

Dahulu, sumber daya alam merupakan sumber daya yang terbentuk dan berkembang di Bumi tanpa adanya campur tangan manusia. Sumber daya alam ini digunakan untuk kelangsungan hidup dan memenuhi kebutuhan manusia.

Kini, dengan adanya lonjakan populasi manusia di Bumi yang hampir mendekati 8 miliar jiwa, menjadi salah satu masalah ketersediaan sumber daya alam dikarenakan penggunaannya secara terus menerus dieksplorasi. Oleh karena itu perlu diadakan suatu usaha pelestarian dan reproduksi agar ketersediaan sumber daya alam dapat terus digunakan dan dirasakan oleh manusia tidak hanya di masa kini tapi juga di masa depan.

Maka dari itu, banyak negara-negara yang sudah mulai mengadakan berbagai usaha konservasi agar semua jenis sumber daya alam dapat digunakan secara proporsional, berdaya guna dan tepat guna.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Sumber Daya Alam dan 7 Sumber Daya Alam Yang Sangat Berperan Dalam Kehidupan Manusia"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel