Pengertian Sistem Informasi Geografis, Jenis Manfaat dan Contohnya

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan suatu alat yang memiliki dampak positif baik dalam proses perencanaan berbasis komunitas dan juga dalam hal pembuatan keputusan ilmiah untuk aktivitas pengembangan program.

Sistem Informasi Geografis (SIG) sendiri adalah sebuah sistem yang mampu membangun, memanipulasi serta menampilkan informasi yang memiliki referensi geografis untuk tujuan dan manfaat tertentu.

Pengertian Sistem Informasi Geografis, Jenis Manfaat dan Contohnya

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai pengertian sistem informasi geografis, jenis, manfaat hingga contohnya. Langsung saja mari kita bahas pada artikel berikut ini.

Pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG)

Sistem Informasi Georafis atau disebut juga Georaphic Information Sistem merupakan suatu sistem informasi yang berbasis komputer. Sistem informais ini dirancang secara khusus untuk bekerja dengan menggunakan data yang memiliki informasi spasial  atau bereferensi keruangan. Sistem informasi geografis ini akan bekerja dengan cara mengcapture, mengecek, mengintegrasikan, memanipulasi, menganalisa, dan menampilkan data yang secara spasial dapat mereferensikan kondisi bumi pada saat ini.

Sumber Data Sistem Informasi Geografis (SIG)

Pada umumnya sumber data dari sistem informasi geografi di dapatkan dari beberapal hal berikut ini.

  • Data lapangan
    Data lapangan yang dimaksud dalam hal ini adalah data yang diperoleh secara langsung dengan melakukan pengamatan atau observasi di lapangan baik dengan cara mengukur ataupun menghitungnya.
  • Data peta seperti posisi geografis Indonesia
    Sumber data ini pada umumnya diperoleh dari informasi yang tercetak pada peta/film
  • Data penginderaan jauh
    Data penginderaan jauh dalam hal ini adalah data hasil pengamatan yang didapatkan dari citra satelit atau foto udara.


Jenis Data Sistem Informasi Geografis

Jenis data sistem informasi geografis secara umum terdiri dari 4 jeni yakni sebagai berikut.

  • Data Spasial

Data spasial merupakan suatu data yang merepresentasikan dan/atau mengidentifikasikan posisi ruang atau letak geografis dari suatu fenomena yang terjadi. Contoh data spasial antara lain meliputi beberapa hal misal seperti informasi garis lintang dan garis bujur, kepulauan, letak suatu daratan, hutan, sumber minyak, sumber gas alam, pegunungan, dan yang lainnya.  Data spasial ini biasanya sangat berguna untuk melakukan identifikasi lokasi seperti Kode Pos.

  • Data Atribut

Data atribut adalah suatu data yang menjabarkan aspek dari suatu fenomena baik dalam bentuk deskripsi atau penjelasan yang sangat detail dan rinci. Data ini biasanya diilustrasikan dalam bentuk kata-kata, angka dan juga tabel. Data atribut dapat kita jumpai pada beberapa data contohnya seperti data luas wilayah, data kepadatan penduduk, data demografis,jenis-jenis tanah, dan sebagainya.

  • Data Vektor

Data vektor merupakan suatu data yang direpresentasikan sebagai suatu mozaik yakni berupa garis (arc/line), titik/poin dan juga polygon yakni suatu daerah yang dibatasi oleh garis yang berawal dan berakhir pada titik yang sama. Fungsi dari data vektor ini adalah untuk menganalisa ketepatan posisi pada suatu wilayah atau untuk mendefinisikan hubungan spasial dari beberapa fitur yang ada.

  • Data Raster

Data raster atau sering disebut dengan sel grid merupakan suatu data yang dihasilkan dari sistem penginderaan jauh.Pada jenis data ini, objek geografis direpresentasikan sebagai struktur sel grid atau disebut juga dengan pixel (picture element).Resolusi yang dihasilkan dalam hal ini menggambarkan ukuran sebenarnya di permukaan bumi yang diwakili oleh setiap pixel pada citra.

Subsistem Sistem Informasi Geografis

Secara lebih jelas  Sistem Informasi Geografis (SIG) ini dibagi menjadi beberapa subsistem lagi. Berikut beberapa subsistem yakni sebagai berikut.

  • Data input

Subsistem ini berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab seperti pengumpulan, persiapan dan penyimpanan data data spasial dan atributnya dari berbagai sumber.

  • Data output

Data output merupakan suatu subsistem yang mampu menampilkan dan juga menghasilkan keluaran keseluruhan atau sebagian data. Pada umumnya data output dalam hal ini berbentuk tabel, grafik, peta ataupun laporan.

  • Data management

Data management dalam subsistem ini memiliki tugas untuk mengorganisasikan data, baik data spasial maupun atribut.Yang mana kedua data tersebut saling berkaitan ke dalam sistem basis datasehingga mudah untuk dipanggil kembali.Tak heran jika data ini sering disebut juga sebagai subsistem storage and retrieval (penyimpanan dan pemanggilan data).

  • Data manupulation and analysis

Sesuai dengan namanya subsistem ini memiliki tugasuntuk melakukan manipulasi dan pemodelan data untuk menghasilkan informasi yang diharapkan yang merupakan hasil dari Sistem Informasi Geografis (SIG).

Contoh aplikasi Sistem Informasi Geografi di Berbagai Bidang

Berikut beberapa contoh aplikasi dari sistem informasi geografi di berbagai bidang.

  • Pengelolaan Fasilitas

Pengelolaan fasilitas biasanya akan membutuhan peta skala besar dan juga network analysis. Nah, contoh dari aplikasi sistem informasi geografi dalam hal ini adalah penempatan pipa, pelayanan jaringan telekomunikasi, kabel bawah tanah dan juga perencanaan fasilitas perawatan.

  • Sumber Daya Alam

Dalam hal sumber daya alam, SIG sering digunakan di bidang studi kelayakan untuk tanaman pertanian, perencanaan tataguna lahan, analisis daerah bencana alam, pengelolaan hutan dan analisis dampak lingkungan.

  • Lingkungan

Dalam hal lingkungan, sistem informasi geografi sering diaplikasi untuk mentukan pencemaran sungai, danau atau laut, , evaluasi pengendapan lumpur di sekitar sungai danau atau laut, pemodelan pencemaran udara dan yang lainnya.

  • Perencanaan

Dalam hal perencanaan, sistem informasi geografi sering diaplikasikan untuk menentukan pemukiman transmigrasi, tata kota, tata ruang wilayah, relokasi industri, pasar, pemukiman dan yang lainnya.

  • Ekonomi dan bisnis

Dalam penentuan lokasi bisnis yang prospektif untuk bank, pasar swalayan, mesin ATM, show room dan hal lainnya yang berkaitan juga sering mengaplikasikan sistem informasi geografi ini

  • Kependudukan

Dalam hal kependudukan, sistem informasi geografi diaplikasi untuk penyediaan informasi kependudukan, pemilihan umum dan lainnya.

  • Transportasi dan Telekomunikasi

Sedangkan dalam hal transportasi dan telekomunikasi, sistem informasi geografi sering digunakan sebagai inventarisasi jaringan (seperti jalur angkutan umum), analisis rawan kemacetan dan kecelakaan, manajemen transit perencanaan rute dan lainnya di bidang transportasi.

Sedangkan di bidang telekomunikasi diaplikasikan sebagai inventarisasi jaringan, sistem informasi pelanggan,perencanaan pemeliharaan, perizinan lokasi-lokasi BTS beserta pemodelan spasialnya, analisis perluasan jaringan, dan yang lainnya

  • Militer

Dalam bidang militer, sistem informasi geografi sering digunakn sebagai penyediaan data spasial untuk rute perjalanan logistic, peralatan perang, dan yang lainnya.

Keunggulan Penggunaan Sistem Informasi Geografi

Secara umum terdapa 2 keunggulan dari penggunaan sistem informasi geografi yakni sebagai berikut.

  • Analisa Proximity

Analisa Proximity adalah suatu analisa geografis yang berbasis pada jarak dan juga layer. Dengan menggunakan analisa ini maka kita akan dapat  melihat jarak tertentu suatu lokasi untuk menentukan dekatnya hubungan antara sifat bagian yang ada.

  • Analisa Overlay

Sedangkan analisa overlay dalam hal ini adalah suatu proses integrasi data dari lapisan-lapisan layer yang berbeda. Nah, untuk menganalisa suatu keadaan maka diperlukan lebih dari satu layer yang berbeda dan juga harus disusun secara fisik agar dapat dianalisa secara visual.

Itulah informasi mengenai pengertian sistem informasi geografi hingga contoh pengaplikasiannya.Semoga bermanfaat, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Sistem Informasi Geografis, Jenis Manfaat dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel