Pengertian Sistem Alat Reproduksi Wanita dan Bagian-bagiannya

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Bagi Anda khususnya para wanita sudah pasti harus mengetahui beberapa sistem alat reproduksi wanita karena hal ini sangat penting sekali dan wajib di ketahui. Biasanya pelajaran mengenai sistem reproduksi wanita akan Anda dapatkan di mata pelajaran atau mata kuliah biologi. Lalu, sebenarnya apa saja bagian sistem alat reproduksi wanita. Langsung saja yuk kita simak ulasannya.


Pengertian Sistem Alat Reproduksi Wanita

Sistem alat reproduksi manusia merupakan suatu sistem yang memiliki fungsi untuk berkembang biak. Alat reproduksi wanita sendiri secara inti adalah ovarium dan bagian alat kelamin lainnya.  Secara umum sistem alat reproduksi wanita dibagi menjadi dua bagian yakni organ kelamin bagian luar dan organ kelamin bagian dalam.

Bagian Sistem Alat Reproduksi Wanita

Organ luar kelamin wanita memiliki fungsi sebagai jalan masuknya sel sperma ke dalam tubuh sedangakan organ kelamin dalam memiliki fungsi sebagai bagian dari organisme penyebab infeksi. Atau dengan kata lain  sistem alat reproduksi wanita terbagi atas organ genetalia eksternal dan organ genetalia internal.

Organ genatalia eksternal salah satunya adalah vagina yakni bagian untuk sanggama, sedangkan organ genetalia internal memiliki fungsi untuk terjadinya ovulasi, tempat pembuahan sel telur,translasi blastokis,implantasi, dan tumbuh kembang janin.


Jadi, dari penjelasan yang sudah kami jelaskan diatas maka pengertian sistem alat reproduksi wanita adalah  suatu organ-organ yang berperan dalam serangkaian proses yang memiliki tujuan untuk berkembangbiak atau memperbanyak suatu keturunan. Tujuan utama dari sistem alat reproduksi wanita adalah agar manusia bisa mempunyai anak. Jadi jika begitu kita harus tetap menjaga agar mempunyai sebuah organ-organ reproduksi dengan fungsi dan dalam keadaan normal.

Bagian-Bagian Sistem Alat Reproduksi Wanita
Untuk lebih jelasnya beberapa bagian sistem alat reproduksi wanita, kami akan menjelaskannya secara detail kepada anda pada pembahasan berikut ini. Jadi, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika bagian sistem alat reproduksi wanita dibagi menjadi dua bagian yakni organ reproduksi luar dan organ reproduksi dalam. Kami akan menjelaskan masing organ tersebut dan juga bagian-bagiannya berikut ini.

Sistem Alat Reproduksi Wanita Bagian Luar (Eksternal)

Berikut beberapa bagian sistem alat reproduksi wanita bagian luar.

  • Mons Pubis/ Mons Veneris

Bagian sistem alat reproduksi wanita ini memiliki ciri menonjol karena berisi jaringan lemak yang terletak dipermukaan anterior simpisis pubis. Setelah masa pubertas, kulit mons veneris ditutup oleh rambut-rambut. Seiring dengan bertambahnya usia, maka jumlah lemak akan berkurang dan rambut pubis akan menipis.

  • Labia Mayora

Bagian alat reproduksi wanita bagian luar yang berikutnya adalah labia mayora yang berupa dua buah lipatan jaringan lemak. Organ ini memiliki bentuk lonjong dan menonjol yang berasal dari mons veneris dan berjalan kebawah dan ke belakang yang mengelilingi labia minora. Organ ini terdiridari 2 permukaan,yakni bagian luar yang menyerupai kulit biasa dan ditumbuhi oleh rambut, dan bagian dalam yang menyerupai selaput lendir dan mengandung kelenjar sebacea yang cukup banyak.

  • Labia Minora

Labia minora merupakan bagian organ sistem alat reproduksi wanita yang memiliki bentuk dua buah lipatan jaringan yang pipih dan berwarna kemerahan yang terlihat jika labia mayora dibuka. Terdapat preputium klitoris pada bagian pertemuan lipatan labia minora kiri dan kanan di bagian atas, dan pada bagian bawah akan ditemui bagian frenulum klitori.

  • Clitoris/ Klentit

Organ bagian luar alat reproduksi wanita ini memiliki bentuk seperti suatu tanggul dengan bentuk silinder dan erektil yang terletak diujung superior vulva. Klitoris memiliki banyak urat urat saraf sensoris dan pembuluh pembuluh darah oleh karena itu klitoris akan menjadi sangat sensitif terhadap suhu, sentuhan dan sensasi tekanan. Klitoris memiliki fungsi utama yakni untuk menstimulasi dan meningkatkan keregangan seksual.

  • Vestibulum

Organ bagian luar alat reproduksi wanita yang berikutnya adalah vestibulum yakni rongga yang berada di sebelah lateral dan dibatasi oleh kedua labia minora, anterior oleh klitoris dan dorsal oleh fourchet.

  • Kelenjar Bartholini dan Skene

Bagian luar sistem reproduksi wanita yang berikutnya adalah suatu kelenjar yang memiliki peranan yang sangat penting untuk mengeluarkan lendir berada di daerah vulva. Lendir akan meningkat ketika melakukan hubungan seks.

  • Ostium Vagina

Bagian alat reproduksi wanita yang selanjutnya adalah liang vagina yang memiliki bentuk dan ukuran yang sangat. Pada umumnya, liang vagina seorang gadis akan ditutupi oleh labia minora dan jika dibuka akan terlihat hampir seluruhnya tertutup oleh himen.

  • Hymen (Selaput dara)

Selaput darah atau hymen merupakan sebuah lapisan yang tipis dan menutupi sebagian besar introitus vagina.

  • Perineum

Bagian berikutnya adalah perineum yakni daerah muskular yang dititupi kulit antara introitus vagina dan anus.

Sistem Alat reproduksi Wanita Bagian Dalam (Internal)

Organ sistem alat reproduksi wanita terdiri dari ovarium dan saluran reproduksi (saluran kelamin). Untuk lebih jelasnya berikut akan kami ulas penjelasan organ sistem alat reproduksi wanita bagian dalam.

  • Ovarium

Pertama adalah ovarium atau disebut juga indung telur yakni sepasang organ berbentuk seperti buah almond yang berada disamping uterus didekat dinding lateral pelvis dan berada pada lapisan posterior ligamentum latum, postero-caudal tuba falopi. Fungsi utama dari ovarium adalah menghasilkan ovum (sel telur) serta hormon estrogen dan progesteron.

  • Saluran reproduksi

Organ sistem alat reproduksi wanita bagian dalam yang berikutnya adalah saluran reproduksi (saluran kelamin) yang terdiri dari oviduk, uterus dan vagina.

- Oviduk
Oviduk disebut juga tuba falopi atau saluran telur berjumlah sepasang yang berada di sisi kanan dan sisi kiri ovarium dengan panjang sekitar 10 cm. Oviduk memiliki fungsi untuk menyalurkan ovum dari ovarium menuju uterus.

- Uterus dan Rahim
Uterus disebut juga dengan kantung peranakan atau rahim yakni merupakan suatu rongga pertemuan oviduk kanan dan kiri yang berbentuk seperti buah pir dan bagian bawahnya mengecil yang disebut serviks (leher rahim). Serviks atau leherrahim berada di puncak vagina.

Sedangkan rahim adalah suatu organ yang berbentuk seperti buah pir dan terletak di puncak vagina. Fungsi dari rahim adalah sebagai tempat perkembangan zigot apabila terjadi fertilisasi yang terdiri dari beberapa lapis otot polos dan juga lapisan endometrium.

- Vagina
Bagian terakhir organ sistem alat reproduksi wanita bagian dalam yang berikutnya adala vagina yakni saluran akhir dari saluran reproduksi bagian dalam pada wanita. Vagina pada umumnya akan bermuara pada vulva. Vagina sebagai alat reproduksi wanita memiliki dinding yang berlipat-lipat dan terdiri dari tiga bagian. Bagian terluar vagina berupa selaput berlendir, bagian tengah vagina berupa lapisan otot dan bagian terdalam vagina berupa jaringan ikat berserat.

Pada saat terjadi rangsangan maka selaput lendir atau membran mukosa akan menghasilkan lendir pada saat terjadi rangsangan seksual. Sedangkan, bagian jaringan otot dan jaringan ikat berserat yang memiliki sifat elastis berperan untuk melebarkan uterus saat janin akan dilahirkan dan akan kembali ke kondisi semula setelah janin dikeluarkan.

Itulah informasi mengenai sistem alat reproduksi wanita dan bagian-bagiannya. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Sistem Alat Reproduksi Wanita dan Bagian-bagiannya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel