Pengertian Seni Drama, Jenis dan Unsur-Unsurnya

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Jika sebelumnya kami sudah menjelaskan mengenai seni rupa, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai seni drama. Bagi Anda yang pernah berada di bangku sekolah atau kuliah atau sedang berada di bangku sekolah atau kuliah pasti sudah tidak asing lagi dengan materi yang satu ini. Biasanya seni drama akan dibahas pada mata kuliah ataupun mata pelajaran kesenian.

Pengertian Seni Drama, Jenis dan Unsur-Unsurnya

Namun, bagi Anda yang masih belum begitu mengerti dan paham mengenai seni drama tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pengertian seni drama hingga unsur-unsur seni drama yang membentuknya. Langsung saja mari kita simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Drama Menurut Para Ahli

Pada umumnya drama merupakan suatu kegiatan yang dilakukan sebagai ladang pertunjukan yang biasanya akan diperagakan dalam bentuk gerak dan juga suara. Bahkan seni drama merupakan pertunjukan yang menarik karena menunjukkan keahlian dalam berperan. Selain dijadikan sebagai hiburan, cerita drama juga memiliki nilai moral yang bisa diambil pembelajarannya.
Lalu sebenarnya apa pengertian drama itu? berikut akan kami jelaskan beberapa pengertian menurut para ahli.

  • Moulton

Menurut Moulton pengertian drama yakni sebuah kisah hidup digambarkan dalam bentuk gerak  yang mana akan disajikan langsung dalam bentuk tindakan.

  • Balthazar Vallhagen

Sedangkan menurut tokoh ini menyebutkan bahwa drama merupakan suatu seni yang menggambarkan alam dan sifat manusia dalam gerakan.

  • Ferdinand Brunetierre

Menurut Ferdinand, drama merupakan sebuah seni yang dapat melahirkan gerakan dan aksi yang bisa dijadikan pertunjukan.

  • Budianta

Budianta menyebutkan bahwa definisi drama yakni suatu genre sastra yang menunjukkan penampilan fisik secara lisan setiap percakapan atau dialog antara pemimpin di sana.

  • Tim Matrix Media Literata

Menurut kedua tokoh ini, mereka menyebutkan bahwa drama merupakan suatu bentuk narasi yang menggambarkan kehidupan dan alam manusia melalui perilaku acting atas peran yang dipentaskan..

Pengertian Drama Secara Umum

Sedangkan pengertian drama secara umum adalah kata drama berasal dari bahasa Yunani yaitu dromai yang mepunyai makna berbuat, bertindak, dan bergerak melakukan aksi sesuai naskah. Secara umum, drama adalah suatu karya sastra yang biasanya akan ditulis dalam bentuk dialog dan dengan maksud dipertunjukkan oleh aktor.

Drama biasanya akan digelar atau dipertunjukkan melalui pementasan drama atau disebut dengan  istilah teater. Tidak hanya itu, drama juga dapat dikatakan sebagai cerita dalam naskah yang diperagakan dalam panggung. Jadi secara umum, drama memiliki dua arti baik secara sempit dan secara luas.

Dalam arti luas definisi drama adalah sebuah bentuk tontonan atau pertunjukkan yang mengandung cerita yang dipentaskan di depan khalayak umum. Sedangkan, dalam arti sempit drama merupakan suatu kisah hidup seseorang yang di ditampilkan di atas panggung yang ditonton oleh kalayak umum.

Jadi dalam hal ini, definis drama dapat dikatakan sebagai suatu karangan yang menggambarkan kehidupan dan watak manusia dalam bertingkah laku yang dipentaskan dalam beberapa babak.

Jenis-jenis Seni Drama

Seni drama terdiri dari beberapa jenis sesuai dengan kegunaanya. Pada umumnya seni drama terdiri dari 3 jenis sesuai dengan bentuk strukturnya yakni berdasarkan penyajian kisah drama, berdasarkan sarana, dan berdasarkan keberadaan naskah drama. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa jenis seni drama.

Berdasarkan Penyajian Kisah Drama
Jika dilihat berdasarkan pada penyajian kisahnya seni drama terdiri dari beberapa jenis yakni sebagai berikut.

  • Tragedi
    Seni drama ini biasanya merupakan suatu kisah drama yang menceritakan tentang kesedihan.
  • Komedi
    Berbeda dengan seni drama tragedy, seni drama ini menceritakan tentang kelucuan yang bertujuan untuk menghibur.
  • Tragekomedi
    Tragekomedi meruapakan seni drama yang menceritakan tentang perpaduan drama tragedi dan drama komedi.
  • Opera
    Penyampaikan dialog pada seni drama ini dilakukan melalui nyanyian atau musik.
  • Melodrama
    Jeni seni drama ini biasanya dialog akan disampaikan atau diucapkan dengan diiringi suara musik atau lagu.
  • Farce
    Seni drama ini mirip dengan drama dagelan walapun tidak sepenuhnya sama , ada perbedaan ketika dalam penyampaian.
  • Tablo
    Seni drama ini lebih dominan ditunjukkan dengan melakukan gerak dan para pemainnya tidak mengeluarkan ucapan dialog.
  • Sendratari
    Seni drama ini merupakan gabungan dari seni drama dan seni tari.


Berdasarkan Dengan Sarana Pementasan
Sedangakn berdasarkan pada sarana pementasannya seni drama dibagi menjadi sebagai berikut.

  • Drama Panggung

Sama dengan namanya seni drama yang dimainkan oleh para aktor yang dipentaskan diatas panggung.

  • Drama radio

Seni drama ini tidak dapat di tonton secara langsung, tetapi hanya bisa didengar oleh pendengar radio.

  • Drama televisi

Hampir sama dengan drama panggung, namun bedanya jenis seni drama ini tidak bisa diraba dan hanya bisa ditonton saja.

  • Drama film

Seni drama ini ditampilkan dengan menggunakan media layar lebar serta biasanya dipertunjukkan di bioskop.

  • Drama wayang

Siapa yang tidak tahu dengan seni drama wayang, seni drama ini di pertunjukan dengan diiringi oleh pagelaran wayang.

  • Drama boneka

Seni drama ini diperankan oleh boneka yang yang dimainkan oleh bebrapa orang.

Jenis drama berdasarkan masanya
Terakhir menurut masanya seni drama terdiri dari beberapa jenis sebagai berikut.

  • Drama tradisional

Drama tradisional merupakan seni drama yang secara umum biasanya akan menceritakan tentang kesaktian, kehidupan dewi-dewi, kejadian luar biasa, kehidupan istana atau kerajaan, dan lainnya. Biasanya seni drama ini dipenntaskan dengan tidak menggunakan naskah.

  • Drama modern

Drama modern adalah seni drama yang memiliki tujuan untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat. Pada umumnya jenis drama ini akan bertemakan tentang kehidupan manusia sehari-hari. Biasanya seni drama ini dipentaskan dengan menggunkan naskah.

Unsur-unsur Seni Drama

Terdapat beberapa unsur yang ada dalam seni drama yakni sebagai berikut.

  • Tema

Tema adalah suatu ide pokok atau gagasan pikiran akan suatu hal yang ada pada drama.

  • Alur

Alur pada seni drama merupakan struktur rangkaian kejadian-kejadian dalam sebuah cerita dalam yang biasanya akan tersusun secara kronologis. Atau alur juga disebut dengan suatu rangkaian cerita sejak awal hingga akhir. Dalam seni drama ini, alur berperan dalam mengatur bagaimana tindakan-tindakan yang terdapat dalam cerita saling berkaitan satu sama lain.

  • Tokoh

Tokoh merupakan pelaku yang pada umumnya akan mengemban suatu peristiwa yang terjadi adalah peristiwa dalam suatu drama sehingga peristiwa itu mampu menjalin suatu cerita. Dalam suatu cerita dalam seni drama terdiri dari beberapa tokoh yakni tokoh utama dan tokoh pembantu.

  • Watak

Watak merupakan suatu perilaku yang biasanya akan diperankan oleh tokoh dalam sebuah cerita drama. Dalam seni drama terdiri dari beberapa watak yakni watak protagonist dan watak antagonis.

  • Latar

Latar merupakan keterangan mengenai ruang, waktu serta suasana terjadinya peristiwa-peristiwa yang ada dalam suatu seni drama atau suatu karya sastra lainnya.

  • Amanat

Amanat merupakan sebuah pesan yang ada atau disampaikan oleh penulis kepada penonton berupa nilai- nilai luhur yang dapat dijadikan pola atau teladan. Biasanya penyampaian pesan amant ini selalu didasarkan tema dan tujuan yang telah ditetapkan penulis pada saat menyusun rancangan cerita drama. Amanat dapat disampaik melalui peran dari para tokoh.

Sekarang Anda sudah tahu kan apa itu pengertian seni drama hingga unsur-unsur yang membentuknya? Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda. terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Seni Drama, Jenis dan Unsur-Unsurnya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel