Pengertian Pertumbuhan Primer dan Sekunder pada Tumbuhan serta Perbedaannya

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Dalam mata pelajaran atau ilmu biologi, pastinya Anda akan menemukan suatu bab tentang pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman. Pengertian dari pertumbuhan pada tanaman itu sendiri adalah suatu  proses bertambahnya ukuran dari kecil hingga sampai dewasa yang sifatnya kuantitatif, artinya dapat kita ukur yang dapat dinyatakan dengan suatu bilangan.

Pengertian Pertumbuhan Primer dan Sekunder pada Tumbuhan serta Perbedaannya

Sedangkan pengertian dari perkembangan adalah suatu proses untuk menuju/mencapai kedewasaan pada makhluk hidup yang bersifat kualitatif, jadi dalam hal ini perkembangan yang terjadi tidak dapat dinyatakan dengan suatu bilangan. Pertumbuhan dan perkembangan tidak hanya terjadi pada tanaman saja namun juga terjadi pada makhluk hidup lainnya baik pada manusia dan hewan.

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pertumbuhan pada tumbuhan. Pertumbuhan pada tumbuhan di bagi menjadi dua jenis yakni pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder. Lalu, apa pengertian pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder serta perbedaannya? Langsung saja yuk kita simak ulasannya.

Pengertian Pertumbuhan Primer pada Tumbuhan

Pertama kami akan menjelaskan mengenai pengertian pertumbuhan primer pada tumbuhan terlebih dahulu. Jadi pengertian pertumbuhan primer adalah suatu pertumbuhan dasar yang biasanya terjadi karena adanya aktivitas pembelahan sel pada jaringan meristem primer. Yang mana, jaringan meristem primer ini berada pada daerah titik tumbuh primer yakni berada tepat di ujung akar dan ujung batang.

Pertumbuhan primer ini teradi karena pada jaringan meristem terdapat titik atau bagian yang aktif membelah. Jadi, sesaat setelah proses perkecambahan, selanjutnya tumbuhan akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan lebih lanjut. Untuk selanjutnya, tumbuhan akan membentuk akar, batang, dan juga daun.

Ujung batang dan ujung akar pada tumbuhan akan tumbuh memanjang karena adanya aktivitas sel-sel meristematis yang aktif. Nah, proses inilah yang disebut dengan proses pertumbuhan primer pada tumbuhan.

Selain aktif tumbuh dan berkembang, sel-sel meristem dapat juga berdiferensiasi menjadi sel-sel yang memiliki struktur dan fungsi yang khusus. Terdapat tiga jenis sistem jaringan primer yang akan terbentuk berikut diantaranya.

  • Protoderm, sistem jaringan primer ini merupakan lapisan terluar yang akan membentuk jaringan epidermis.
  • Meristem dasar, pada umumnya meristem inilah yang akan berkembang menjadi jaringan dasar yang mengisi lapisan korteks pada akar yang berada di antara stele dan epidermis.
  • Prokambium, sedangkan sisitem jaringan primer ini merupakan lapisan dalam yang akan berkembang menjadi silinder pusat, yaitu floem dan xilem.

Jenis-Jenis Pertumbuhan Primer

Setelah Anda mengetahui pengertian pertumbuhan primer, berikut akan kami jelaskan mengenai jenis-jenis pertumbuhan primer antara lain adalah.

1. Pertumbuhan primer pada akar

Pertumbuhan primer pada akar dimulai pada saat akar muda yang keluar dari biji segera masuk ke dalam tanah. Kemudian selanjutnya akan membentuk sistem perakaran tanaman. Nah, terdapat empat daerah pertumbuhan pada ujung akar yang masih muda yakni sebagai berikut.

  • Tudung akar (kaliptra)

Bagian tudung akar ini memiliki fungsi sebagai pelindung bagi tanama terhadap benturan fisik ujung akar terhadap tanah sekitar pertumbuhan. Selain itu, tudung akar juga memiliki fungsi untuk mensekresikan cairan polisakarida untuk melumasi tanah di sekitar titik pertumbuhan dan melindungi daerah meristem akar. Pada bagian dekat ujung akar terkandung sel-sel kaliptra yakni berupa butir-butir tepung yang disebut kolumela.

  • Meristem

Bagian akar yang berikutnya adalah meristem yakni adalah bagian dari ujung akar yang selnya senantiasa mengadakan pembelahan secara mitosis. Meristem lebih tepatnya berada di belakang tudung akar.

  • Daerah pemanjangan sel

Bagian akar yang berikutnya adalah daerah pemanjangan sel yang terletak di belakang daerah meristem. Pada daerah ini sel-sel hasil pembelahan meristem tumbuh dan berkembang secara memanjang. Hal inilah yang membuat pembelahan sel di daerah ini menjadi lebih lambat dibandingkan dengan bagian lain. Pemanjangan sel pada bagian ini memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu daya tekan akar dan proses pertumbuhan memanjang akar.

  • Daerah diferensiasi

Sel-sel hasil pembelahan dan pemanjangan akan mengelompok sesuai dengan kesamaan struktur pada daerah diferensiasi ini. Sel-sel yang ada dan memiliki kesamaan struktur selanjutnya akan memperoleh tugas membentuk jaringan tertentu.

2. Pertumbuhan Primer pada Batang

Tidak hanya pada akar saja, bahkan pada ujung batang juga terdapat titik tumbuh. Titik tumbuh yang ada pada batang ini dilindungi oleh balutan bakal daunnya. Sama halnya seperti akar, pertumbuhan dan perkembangan pada batang terjadi pada beberapa daerah yakni daerah pembelahan (meristematik), daerah pemanjangan, dan daerah diferensiasi.

Pada bagian batang ini, adanya pertumbuhan, pembelahan, dan pemanjangan sel terjadi di dalam internodus. Sel-selnya akan tumbuh membesar dan memanjang serta jaringan pembuluh sudah mulai tampak pada daerah pemanjangan.

Sedangkan pada bagian daerah diferensiasi akan membentuk beberapa jaringan yaitu epidermis, kortek serta silinder pusat. Proses pertumbuhan tanaman tersebut melambat setelah pertumbuhan tanaman muda hingga mencapai tanaman dewasa.

Tanaman yang sudah tumbuh dewasa biasanya akan ditandai dengan tidak adanya penambahan panjang atau ukurannya, tetapi sedang berkembang menuju pada kedewasaannya. Tumbuhan dikatakan dewasa ketika memiiki ciri adanya bunga.

Pengertian Pertumbuhan Sekunder pada Tanaman

Setelah anda mengetahui pengertian pertumbuhan primer, berikut akan kmai jelaskan mengenai pertumbuhan sekunder pada tanaman. Jadi, pertumbuhan sekunder adalah pertumbuhan yang terjadi akibat adanya aktivitas jaringan meristem sekunder yang terdapat pada tumbuhan.

Selanjutnya setelah meristem primer telah membentuk jaringan permanen, maka meristem sekunder akan mengalami pertumbuhan sekunder. Secara umum pertumbuhan sekunder hanya terjadi pada tumbuhan dikotil yakni terjadinya pembentukan kambium yang terbentuk dari parenkim atau kolenkim.

Pada awal pertumbuhan sekunder terjadi maka kambium hanya akan terdapat pada jaringan ikat pembuluh (vasis), yang mana cambium ini disebut dengan kambium intravaskuler atau kambium vasis. Namun, apabila sel kambium membelah ke arah luar maka cambium akan akan membentuk sel floem. Sedangkan apabila el kambium membelah ke arah dalam akan membentuk xilem.

Xilem dan floem yang terbentuk dari aktivitas cambium yang sudah dijelaskan diatas disebut dengan xilem sekunder dan floem sekunder. Pertumbuhan xilem dan floem yang terjadi akan menyebabkan batang bertambah besar. Tidak hanya itu, hal tersebut juga akan membentuk lingkaran tahun yang dipengaruhi oleh aktivitas pada musim kemarau dan musim penghujan.

Sedangkan pertumbuhan tanaman yang terjadi pada meristem disebut dengan meristem primer atau meristem sekunder. Dimana pertumbuhan sekunder terjadi pada mersitem sekunder, sedangkan pertumbuhan primer terjadi pada mersitem primer.

Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Pertumbuhan Sekunder

Selanjutnya pertanyaan yang sering muncul selain apa pengertian pertumbuhan primer dan sekunder adalah apa perbedaan utama antara pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder? Nah, berikut dua perbedaan pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder yang utama.

  • Pertumbuhan primer terjada pada meristem primer sedangkan pertumbuhan sekunder terjadi pada meristem sekunder.
  • Pertumbuhan primer yang terjadi akan menghasilkan pertambahan tinggi tanaman, sedangkan pertumbuhan sekunder akan menghasilkan pertambahan keliling batang tanaman.

Itulah informasi mengenai pengertian pertumbuhan primer dan sekunder serta perbedaan antara keduanya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Pertumbuhan Primer dan Sekunder pada Tumbuhan serta Perbedaannya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel