Pengertian, Perbedaan Visi dan Misi dan Fungsinya

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Salah satu hal penting yang harus ada dalam suatu lembaga, organisasi, pemerintah, dan perkumpulan-perkumpulan yang lainnya adalah tujuan. Mustahil rasanya jika suatu bentuk perkumpulan seperti organisasi atau perusahaan tidak memiliki tujuan tersendiri. Tentunya akan selalu ada impian yang ingin dicapai oleh perkumpulan tersebut, baik itu adalah impian yang besar atau hanya impian kecil sekalipun.

Namun, seperti yang kita tahu pada umumnya setiap lembaga, organisasi atau perkumpulan akan dibuat dengan tujuan yang besar dengan berorientasi kepada kemajuan. Tidak hanya memiliki tujuan saja, namun biasanya suatu perkumpulan akan membuat target-target atau capaian tertentu, baik itu target untuk jangka pendek ataupun target jangka panjang yang harus di capai.

Pengertian, Perbedaan Visi dan Misi dan Fungsinya

Nah, untuk mewujudkan tujuan atau target dalam suatu lembaga atau organisasi akan lebih baik jika ada sebuah gagasan khusus yang tertulis dan benar-benar terorganisir dalam suatu kegiatan. Adanya gagasan khusus tertulis ini tentunya akan memiliki pengaruh dan selalu menjadi pengingat organisasi atau lembaga agar bisa berdiri dengan sangat tegak dan senantiasa mengalami perkembangan.

Pengertian Visi dan Misi

Bagi anda yang sudah pernah berada di dalam suatu lembaga atau organisasi tentu pernah mendengar yang namanya visi misi. Nah, biasanya visi dan misi ini akan dibuat dalam bentuk tulisan yang disebarluaskan ke khalayak umum dengan tujuan agar dapat dipahami dan sebagai ajang untuk promosi suatu lembaga.

Dan sudah selayaknya jika visi misi lembaga atau organisasi dituangkan dalam bentuk catatan resmi tertulis yang nantinya akan dibaca banyak orang. Dengan begitu, aka nada banyak orang yang percaya kepada lembaga atau organisasi yang dibangun tersebut.

Berbicara mengenai visi misi, ternyata masih cukup banyak orang yang bingung mengenai pengertian dan perbedaan visi dan misi.  Bahkan kebanyakan orang yang belum paham akan menganggap kedua hal ini adalah sama.

Namun, sebenarnya visi dan misi merupakan dua hal yang berbeda. Oleh karena itu, untuk mengetahui perbedaan visi dan misi terlebih dahulu anda harus mengetahui pengertian visi dan misi. Pemahaman mengenai apa itu visi dan misi dan apa perbedaannya akan Anda dapat jika Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan visi dan misi.

Berikut pengertian dari masing-masing istilah yang sudah sering kita dengar tersebut.

Pengertian visi

Visi adalah suatu rangkaian kata tertulis yang mana didalamnya terdapat impian, cita-cita atau nilai inti dari suatu lembaga atau organisasi atau kelompok lainnya. Jadi, dapat dikatakan bahwa visi ini merupakan suatu tujuan masa depan suatu organisasi atau lembaga.

Visi biasanya akan berisi mengenai pikiran-pikiran yang terdapat di dalam benak para pendiri lembaga atau organisasi. Yang mana pemikiran-pemikiran tersebut adalah suatu gambaran masa depan dari organisasi yang ingin dicapai.

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa visi merupakan suatu pandangan tertentu mengenai arah managemen suatu lembaga. Adanya visi sangat menentukan arah lembaga di masa depan yang pastinya adalah kesuksesan di masa depan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengertian visi adalah suatu tulisan yang di dalamnya terdapat pernyataan cita-cita dari sebuah instansi atau lembaga di masa mendatang. Visi merupakan suatu bentuk tulisan singkat yang mana didalamnya berisi mengenai pernyataan secara jelas tentang arah dan tujuan dari perusahaan atau organisasi di masa depan.

Visi juga dapat diartikan sebagai  suatu gagasan yang tertuang dalam bentuk tulisann tentang tujuan khusus atau utama dari suatu organisasi atau instansi.

Pengertian Misi

Setelah mengetahui pengertian visi, selanjutnya Anda juga harus tahu pengertian misi. Misi dapat dikatan sebagai suatu proses atau tahapan yang harus dilalui oleh suatu lembaga atau organisasi untuk mencapai tujuan yang sudah dituangkan dalam visi yang dibuat. Selain itu, misa juga dapat diartikan sebagai sebuah deskripsi atau tujuan mengapa sebuah lembaga atau otganisasi berada di tengah-tengah masyarakat.

Tidak hanya itu, beberapa ahli juga menyebutkan bahwa misi adalah penjabaran dari visi. Jadi, jika visi hanya ditulis dalam kalimat yang cukup singkat, maka dalam hal ini misi akan menjabarkan visi tersebut dalam beberapa kalimat yang lebih luas. Hal ini bertujuan agar orang yang membacanya lebih mudah dalam memperoleh pemahaman utuh mengenai lembaga dan organisasi tersebut.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengertian misi adalah suatu penjabaran dari visi, misi juga merupakan suatu langkah berupa proses taupun tahapan yang harus dilalui oleh lembaga atau organisasi dalam mencapai tujuannya yang ada di dalam visi. Misi juga dapat diartikan sebagai langkah-langkah yang perlu diambil untuk bisa merangsang capaian yang tertulis di dalam misi utama.

Perbedaan Visi dan Misi

Nah, sekarang anda sudah tahu kan apa itu visi dan misi. Selanjutnya agar Anda tidak menyamakan kedua hal tersebut lagi, kami akan menjelaskan mengenai perbedaan visi dan misi. Karena banyak orang yang menganggap keduanya adalah hal yang sama. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa poin mengenai perbedaan visi dan misi berikut ini.

  • Visi merupakan sebuah gambaran secara garis besar yang berisi tujuan utama, atau cita-cita tertentu dari sebuah organisasi, lembaga atau perusahaan di masa depan atau masa yang akan datang. Sedangkan misi adalah lebih kepada gambaran dari langkah-langkah yang akan dikerjakan untuk bisa mewujudkan cita-cita yang ada di visi tersebut.
  • Visi biasanya akan lebih berwujud cita-cita dalam jangka panjang, tidak hanya itu visi juga memiliki orientasi yang ke depan. Hal ini berbeda dengan misi yang wujudnya lebih kepada cita-cita jangka pendek yang orientasinya lebih kepada hal yang harus dilakukan pada masa saat ini.
  • Pada umumnya visi memiliki sifat yang permanen sehingga apabila suatu lembaga atau organisasi sudah membuat visi, maka mereka tidak akan mengubah visi yang sudah terbentuk karena hal ini berkaitan dengan konsistensi dan kredibilitas dari organisasi atau lembaga yang bersangkutan. Hal ini berbeda dengan misi yang mana misi biasanya akan berubah saat misi yang direncanakan dianggap tidak sukses atau gagal untuk mewujudkan visi atau cita-cita lembaga.
  • Visi biasanya akan terdiri dari beberapa kata atau sederet kalimat saja dalam bentuk poin yang  padat, jelas, dan mewakili anggota-anggotanya. Sedangkan hal ini berbeda dengan misi yang pada umumnya memiliki  beberapa kalimat sebagai pendabaran dari visi. Sehingga tak heran jika biasanya misi akan memiliki kata-kata yang lebih panjang dibandingkan dengan visi.
  • Umumnya visi akan berisi pernyataan yang bersifat umum. Berbeda dengan misi yang  biasanya berisi pernyataan yang lebih detail dan khusus.

Fungsi Visi dan Misi

Setelah anda mengetahui perbedaan visi dan misi, sebenarnya keduanya  memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Tanpa adanya visi dan misi, organisasi atau lembaga akan sulit untuk hidup dan berkembang karena visi dan misi dapat dikatakan sebagai suatu motivasi tersendiri bagi organisasi atau lembaga tersebut. Berikut beberapa fungsi visi dan misi secara umum.

  • Untuk mewujudkan cita-cita bersama dalam sebuah organisasi atau lembaga dalam bentuk apapun;
  • Sebagai motivasi atau dorongan untuk selalu maju dan berkembang;
  • Visi dan misi dibuat untuk menghindari adanya perubahan haluan yang terlalu jauh dari tujuan awal didirikannya suatu perkumpulan;
  • Untuk memudahkan calon anggota yang nantinya akan bergabung dengan lembaga atau organisasi  tersebut sehingga visi misi bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

Sekarang anda sudah paham kan pengertian dan perbedaan visi dan misi. Kami juga jelaskan mengenai fungsi visi dan misi organisasi atau lembaga dalam bentuk apapun. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Perbedaan Visi dan Misi dan Fungsinya "

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel