Pengertian Komunikasi, jenis, Syarat dan Unsur-unsur Komunikasi

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Seperti yang kita tahu sebagai manusia ktia tidak akan lepas dari bagaimana mereka menjalin komunikasi antara satu dengan yang lainnya. Contohnya dalam kehidupan sehari hari kita sendiri tidak akan bisa terhindar dari interaksi dengan orang tua, teman, guru dan banyak orang yang lainnya.

Pengertian Komunikasi, jenis, Syarat dan Unsur-unsur Komunikasi

Bahkan tidak jarang terkadang kita juga melihat orang yang bertengkar, seseorang yang mengobrol dan becanda di warung kopi, bahkan membicarakan hal yang cukup serius tentang bisnis. Selain itu, kita juga sering kali  menggunakan handphone untuk menghubungi teman, saudara bahkan seseorang yang spesial dalam hidup kita.

Jadi, tidak dapat dipungkiri kita tidak bisa terhindar dari komunikasi baik antar manusia atau dengan sang Pencipta. Jadi apa yang dimaksud dengan komunikasi dan apa saja jenis hingga unsur-unsur komunikasi. Langsung saja mari kita bahas ulasannya berikut ini.

Pengertian Komunikasi Secara Umum

Apa itu komunikasi ? mungkin pertanyaan itu yang pertama muncul dalam pikiran anda. Jadi, pengertian komunikasi itu sendiri adalah suatu kegiatan penyampaian informasi bisa berupa opini, gagasan, pemikiran hingga pesan tertentu dari pengirim dan penerima informasi.

Sedangkan pengertian komunikasi menurut KBBI adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan berita atau pesan dan informasi, yang biasanya dilakukan oleh dua orang atau lebih. Komunikasi ini ditujukan agar dapat memahami isi pesan tersebut.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengertian komunikasi adalah sebuah hubungan kontak atau perhubungan yang terjadi dari indivitu A dengan individu lainnya

Fungsi Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Nah, setelah Anda mengetahui apa pengertian komunikasi secara umum, akan lebih baik lagi jika anda juga memahami untuk apa kita mempelajari komunikasi. Kita sendiri sebenarnya sudah melakukan komunikasi setiap saat dan setiap hari, namun apakah anda tahu apa fungsi komunikasi. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa fungsi komunikasi.

  • Fungsi Komunikasi Sebagai Informasi

Fungsi komunikasi yang pertama pastinya adalah untuk menyampaikan informasi. Jadi dalam hal ini, komunikasi di harapkan dapat memberikan imformasi yang dibutuhkan oleh seorang individu atau kelompok tertentu dari pihak yang lainnya. Informasi yang didapatkan ini berguna untuk menjadi dasar atau landasan dalam mengambil atau meneruskan keputusan berdasarkan data dan informasi yang di peroleh.

  • Fungsi komunikasi Sebagai Pengendali

Fungsi komunikasi yang selanjutnya adalah sebagai kendali yang artinya informasi yang di peroleh dalam kegiatan komunikasi berguna dalam mengendalikan dan mengatur sifat dan tingkah laku seseorang baik ketika dia sendiri atau dalam kehidupan berkelompok. Sehingga dengan melakukan komunikasi akan menjadi alat kepatuhan terhadap pesan atau gagasan yang disampaikan.

  • Fungsi Komunikasi Sebagai motivasi

Baca Juga : Pengertian Teks Prosedur

Fungsi komunikasi selanjutnya adalah untuk memotivasi. Pernahkah Anda  mendengar atau menyaksikan keberhasilan seseorang? Jika pernah maka biasanya kemudian kita akan merasa ingin mencapai keberhasilan tersebut. Dalam hal itulah dapat dikatakan bahwa fungsi komunikasi  adalah sebagai motivasi. Tergantung dari informasi yang dihasilkan dari proses komunikasi yang terjadi apakah berupa motivasi untuk kearah posistif atau negative.

Tujuan Komunikasi

Selanjutnya mengenai tujuan komunikasi. Jadi, apa sebenarnya tujuan komunikasi dan bermanfaatkah setelah kita mempelajarinya? Berikut akan kami jelaskan beberapa tujuan komunikasi, mengapa komunikasi harus di pelajari? Karena komunikasi dapat dijadikan alat untuk mencapai tujuan tujuan tertentu.

  • Komunikasi memiliki tujuan agar informasi atau pesan yang disampaikan oleh komunikator sebagai pengirim pesan secara jelas dapat di pahami oleh receifer sebagai komunikan. Oleh karena itu, pastikan Anda menyampaikan dengan jelas dan detail tentang informasi yang disampaikan
  • Tidak hanya itu, komunikasi juga memiliki tujuan agar pesan bisa memberikan pemahaman kepada orang lain. Dengan seseorang menyampaikan informasi maka di harapkan individu lain dapat memahami pesan yang disampaikannya.
  • Komunikasi juga memiliki tujuan agar pendapat seseorang dapat di terima oleh individu lain atau khalayak umum yang mendengarnya. Di terimanya informasi yang disampaikan harus melalui pendekatan khusus, salah satu pendekatan yang dapat anda gunakan pada saat menyampaikan informasi adalah dengan menggunakan pendekatan persuasif.
  • Tujuan Komunikasi yang terakhir adalah untuk menggerakan individu atau masa dengan pesan yang terkandung dalam komunikasi tersebut.


Jenis jenis komunikasi

Selanjutnya setelah anda sudah mengerti pengertian komunikasi, maka Anda juga harus mengetahui jenis-jenis komunikasi.

Jenis Komunikasi Berdasarkan Cara Penyampaiannya

Jadi, ada beberapa jenis komunikasi yang dapat  dibedakan berdasarkan cara penyampaiannya. Berikut beberapa jenis komunikasi berdasarkan cara penyampaiannya.

  • Komunikasi Lisan (Verbal)

Jenis komunikasi yang pertama adalah komunikasi lisan atau verbal. Jadi, sebenarnya apa yang dimaksud dengan komunikasi lisan atau komunikasi verbal? Pengertian Komunikasi lisan atau verbal itu sendiri adalah sebuah komunikasi yang dilakukan dimana informasi yang disampaikan secara langsung secara lisan, baik menggunakan alat ataupun tidak menggunakan alat komunikasi.

Contohnya misalnya seperti Mengobrol, berpidato, mengemukakan pendapat, diskusi dalam rapat, Berbicara di telpon, dan masih banyak contoh lainnya.

  • Komunikasi Tertulis (Non Verbal)

Nah, jenis komunikasi yang selanjutnya adalah komunikasi non verbal atau komunikasi secara tertulis. Sama dengan namanya komunikasi tertulis sendiri merupakan jenis komunikasi yang menyampaikan pesan atau informasi melalui tuilsan.

Ada banyak cara melakukan komunikasi non verbal misal seperti penyampaian informsai tertulis seperti surat menyurat, pengumuman tertulis, brosur, famplet dan masih banyak jenis lagi. Namun, pada jaman yang serba teknologi seperti pada saat ini biasanya komunikasi akan disampaikan secara tertulis dengan berbasis digital seperti email, keterangan gambar, pesan whatsapp dan lain lain.

Komunikasi Berdasarkan Ruang Lingkup

Jika sebelumnya kami sudah membahas jenis komunikasi berdasarkan cara penyampaiannya. Berikutnya akan kami jelaskan mengenai jenis komunikasi berdasarkan ruang lingkupnya Berikut beberapa pengelompokan jenis komunikasi berdasarkan ruang lingkupnya.

  • Komunikasi Internal

pengertian komunikasi internal yakni suatu komunikasi yang terjadi dalam suatu sistem yang terikat antara satu dengan yang lainnya. biasanya lomunikasi ini terjadi antar individu dalam kelompok atau suatu organisasi tertentu. Nah, komunikasi internal ini dibagi lagi menjadi 3 jenis yakni Komunikasi Vertikal contohnya seperti perintah ketua organisasi ke angota-anggotanya, Komunikasi horizontal contohnya koordinasi pada setiap tingkat jabatan yang sama, dan komunikasi diagonal contohnya seperti komunikasi yang dilakukan bawahan ke atasan.

  • Komunikasi Eksternal

Sedangkan komunikasi eksternal itu sendiri adalah jenis komunikasi yang dilakukan di luar sistem kelompok atau suatu organisasi tertentu. Biasanya komunikasi ini terjadi antara satu kelompok/organisasi dengan kelompok/organisasi yang lainnya. Atau suatu anggota organisasi dengan organisasi lainnya. Contohnya misalnya seperti siaran berita, Bakti sosial, pertunjukan seni, pameran lukisan, kegiatan komunitas dan masih banyak lagi.

Jenis Komunikasi Berdasarkan Aliran Informasi

Terakhir adalah jenis komunikasi berdasarkan pada aliran informasinya yakni bagaimana struktur penyampaian informasi atau pesan itu bisa di kirim sehingga dapat membentuk aliran komunikasi yang terjadi. Jenis komunikasi berdasarkan hal ini dibagi menjadi 2 jenis yakni komunikasi satu arah contohnya seperti pidato, guru yang sedang menerangkan, khutbah dan sebagainya dan komunikasi dua arah contohnya seperti forum tanya jawab, debat dan kegiatan yang melibatkan dua atau lebih pihak yang bertukar informasi.

Sekarang anda sudah tahu kan pengertian komunikasi hingga jenis komunikasi. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Komunikasi, jenis, Syarat dan Unsur-unsur Komunikasi"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel