Pengertian Kehidupan Sosial Ekonomi, Faktor yang Mempengaruhinya dan Kondisi Kehidupan Sosial Ekonomi di Indonesia

https://www.pengertianteksprosedur.com/- Seperti yang kita ketahui, tentunya dalam kehidupan sehari-hari kita sudah sering mengamati adanya perbedaan kondisi antarwarga. Baik perbedaan kondisi yang ada di lingkungan keluarga maupun masyarakat.

Pengertian Kehidupan Sosial Ekonomi, Faktor yang Mempengaruhinya dan Kondisi Kehidupan Sosial Ekonomi di Indonesia

Dalam lingkungan masyarakat yang lebih luas, perbedaan kondisi tersebut akan mencakup berbagai aspek kehidupan, misalnya seperti adanya orang kaya dan orang miskin, adanya orang yang berkuasa dan ada orang yang tidak berkuasa, serta ada juga orang yang dihormati dan ada orang yang tidak dihormati dalam suatu masyarakat.

Nah, pada umumnnya kondisi ini akan cenderung merujuk pada kedaan ekonomi dan sosial seseorang. Hal ini biasanya akan berkaitan dengan jabatan (kekuasaan), dan peranan yang dimiliki  orang bersangkutan di dalam masyarakat.

Biasaya status atau kondisi tertentu akan cenderung memperlihatkan tingkat  kedudukan seseorang dalam hubungannya dengan orang lain berdasarkan suatu ukuran tertentu. Ukuran atau tolak ukur yang digunakan dalam kondisi ini akan didasarkan pada salah satu kombinasi yang mencakup tingkat pendidikan, prestise atau kekuasaan.

Untuk lebih jelasnya mengenai sosial ekonomi dalam suatu masyarakat, mari kita simak ulasan mengenai pengertian kehidupan sosial ekonomi secara umum hingga faktor yang mempengaruhi kehidupan sosial ekonomi berikut ini.

Pengertian Kehidupan Sosial Ekonomi

Pertama, mari kita bahas mengenai pengertian kehidupan sosial ekonomi secara umum. Berikut beberapa definisi kehidupan sosial ekonomi secara umum.

  • Menurut KBBI

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, kondisi diartikan sebagai suatu keadaan atau kedudukan seseorang. Sedangkan kata sosial diartikan sebagai suatu hal yang berhubungan dengan masyarakat. Kata ekonomi diartikan sebagai suatu kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya.

Jadi, dari beberapa kata tersebut dapat disimpulkan bahwa kehidupan sosial ekonomi merupakan suatu keadaan kedudukan atau posisi seseorang di dalam masyarakat yang ditinjau dari segi sosial dan ekonomi. Biasanya hal ini akan ditentukan oleh banyak hal. Beberapa hal yang  mempengaruhi kehidupan sosial ekonomi misalnya seperti tingkat pendidikan, pekerjaan dan penghasilan.

  • Menurut Abdulsyani dalam Maftukhah

Pengertian sosial ekonomi menurut Abdulsyani dalam Maftukhah adalah suatu  kedudukan atau posisi seseorang dalam manusia yang ditentukan oleh jenis aktivitas ekonomi. Jenis aktivits ekonomi yang dimaksud dalam hal ini adalah pendapatan, tingkat pendidikan, jenis rumah tinggal, dan jabatan dalam organisasi.

Selain itu, pengertian kehidupan sosial ekonomi juga dapat diartikan sebagai suatu posisi seseorang dalam masyarakat berkaitan dengan orang lain dalam arti lingkungan pergaulan, prestasinya, dan hak-hak serta kewajibannya dalam hubungannya dengan sumber daya.

Dari beberapa pengertian sosial ekonomi yang sudah dijelaskan diatas dapat disimpulkan bahwa posisi seseorang dalam tatanan masyarakat akan selalu berbeda-beda. Ada seseorang yang akan menempati kedudukan yang lebih tinggi dan yang lainnya akan menempati kedudukan yang rendah. Adanya perbedaan yang cukup mencolok inilah yang akan menimbulkan adanya stratifikasi dalam masyarakat.

Dalam hal ini, kehidupan sosial ekonomi dalam suatu masyarakat dapat diartikan sebagai suatu posisi atau kedudukan seseorang dalam kelompok masyarakat yang ditentukan terhadap jenis aktivitas ekonomi, pendidikan dan pendapatan.

Jika dilihat dari segi pembahasannya sosial serta ekonomi sering menjadi objek pembahasan yang berbeda. Namun, dalam konsep sosiologi manusia sering disebut juga dengan makhluk sosial dengan arti manusia tidak bisa hidup wajar tanpa ada bantuan dari orang lain. Hal ini membuktikan adanya kehidupan sosial ekonomi selalu saja akan berhubungan dengan masyarakat.

Faktor Yang Menentukan Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat
Secara umut, terdapat beberapa faktor yang dapat menentukan rendah atau tingginya keadaan dalam kehidupan sosial ekonomi seseorang disuatu masyarakat. Adapun beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kehidupan sosial ekonomi dalam suatu masyarakat adalah sebagai berikut.

  • Tingkat pendidikan

Hal pertama yang akan mempengaruhi kehidupan sosial ekonomi suatu masyarakat adalah tingkat pendidikan. Seperti yang kita tahu sendiri seseorang yang  memiliki tingkat pendidikan yang cukup tinggi akan lebih dihormati dibandingkan dengan seseorang yang memiliki tingkat pendidikan rendah.

  • Jenis pekerjaan

Tidak hanya tingkat pendidikan saja, jenis pekerjaan pun juga akan mempengaruhi kehidupan sosial ekonomi suatu masyarakat. Biasanya seseorang yang memiliki jenis pekerjaan yang cukup baik dengan gaji yang cukup tinggi akan lebih disegani dibandingkan dengan orang yang kerjanya semrawut dengan gaji yang rendah.

  • Tingkat pendapatan

Tingkat pendapatan juga akan mempengaruhi kehidupan sosial ekonomi dalam masyarakat. Seseorang yang memiliki tingkat pendapatan yang cukup tinggi, akan memiliki gaya hidup yang berbeda dengan orang yang tingkat pendapatannya rendah.

  • Keadaan rumah tangga

Secara tidak langsung dalam keadaan rumah tangga pun juga menjadi faktor yang mempengaruhi kehidupan sosial ekonomi.

  • Tempat tinggal

Tempat tinggal juga akan mempengaruhi kehidupan sosial ekonomi contohnya seperti masyarakat yang hidup di perumahan elit dan masyarakat yang hidup di bawah kolong jembatan.

  • Kepemilikan kekayaan

Orang yang memiliki kekayaan yang cukup tinggi akan berbeda dimata masyarakat dibandingkan dengan orang yang memiliki kekayaan rendah.

  • Jabatan dalam Organisasi

Jabatan dalam suatu organisasi juga akan mempengaruhi kehidupan sosial ekonomi di lingkungan organisasi tersebut dan di masyarakat.


Kondisi Sosial Ekonomi Indonesia

Lalu, bagaimana kondisi kehidupan sosial ekonomi masyarakat Indonesia. Berikut beberapa kondisi kehidupan sosial ekonomi masyarakat Indonesia dilihat dari sejarah pemerintahannya.

  • Struktur Kehidupan Sosial Ekonomi Masa Kolonial

Dilihat dari sejarahnya pada masa kolonialisme, pendidikan dianggap sebagai suatu faktor penting sebagai peningkatan kesejahteraan bangsa. Dalam masa ini, kita sebagai masyarakat Indonesia atau biasa dikenal dengan sebutan penduduk pribumi pada masa kolonial akan mendapat kesempatan untuk menyekolahkan anak-anaknya.

Walaupun pada saat itu, masih dalam keterbatasan karena adanya perbedaan atas perlakuan dalam masyarakat. Misalnya seperti adanya perbedaan dalam jenjang pendidian dimasa colonial, hal ini akan pada umumnya akan membuat peluang masyarakat untuk mendapat pekerjaan lebih dikit sehingga berdampak pada pendapatan yang bisa mempengaruhi kesejahteraan masyarakat pribumi pada saat itu.

  • Struktur Kehidupan Sosial Ekonomi Era Orde baru

Beberapa ciri dalam struktus kehidupan ekonomi sosial ekonomi pada era orde baru adalah sebagai berikut.

  • - Adanya Kabinet Ampera dalam suatu pemerintahan
  • - Melalui rencana pembangunan lima tahun program pembangunan dilakukan sistematis
  • - Dalam bidang pendidikan jumlah anak yang bisa bersekolah dalam era ini terus meningkat meskipun tidak semua penduduk mendapatkannya karena kurang meratanya pendidikan bedasarkan wilayah atau pun tingkat ekonomi.
  • - Dilihat dari sisi ekonomi, pada era ini pemerintah lebih mengutamakan pembangunan di daerah dengan ditandai dipegangnya kepemimpinan tunggal di daerah oleh Gubernur
  • - Dominasi kegiatan terjadi di pulau jawa dan lebih sedikit dipulai lain (kurang meratanya pembangunan)

Sejak awal kemerdekaan hingga era reformasi adanya kesenjangan antar provinsi masih cukup terlihat dalam hal ini. Anda bisa melihatnya dari tingkat harapan hidup, tingkat pendidikan, pembangunan serta pendapatan. Dengan begitu adanya pembangunan sosial ekonomi menjadi tidak merata, hal ini selanjutnya akan mengakibatkan tingkat kemiskinan yang masih tinggi khususnya di Indonesia.

  • Struktur Sosial Ekonomi Pemerintahan Hindia Belanda

Sedangkan struktur kehidupan sosial ekonomi pemerintahan hindia belanda adalah sebagai berikut.

  • - Adanya pembedaan perlakuan dalam hal fasilitas pendidikan yang mana pada saat itu, masyarakat pribumi mendapat fasilitas yang berbeda dari pada kelompok timur asing Tiongkok, India, dan Arab, apalagi dengan kelompok Eropa
  • - Perbaikan dan pembangunan dalam suatu masyarakat dilalui melalui politik etis
  • - Adanya kesenjangan ekonomi antara masyarakat pribumi dan non pribumi

Itulah informasi mengenai pengertian kehidupan sosial ekonomi hingga kondisi kehidupan sosial ekonomi di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Kehidupan Sosial Ekonomi, Faktor yang Mempengaruhinya dan Kondisi Kehidupan Sosial Ekonomi di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel