Pengertian Identitas Nasional, Fungsi, Hakikat, Unsur dan Contohnya

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Bagi Anda yang sedang menempuh mata pelajaran atau mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan pasti akan dihadapkan pada materi mengenai identitas nasional.

Nah, bagi Anda yang masih belum mengerti dan paham sebenarnya apa pengertian identitas nasional tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara jelas dan detail kepada Anda semua.

Pengertian Identitas Nasional, Fungsi, Hakikat, Unsur dan Contohnya

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai identitas nasional mulai dari pengertian, fungsi, hakikat, unsur hingga contohnya. Penasaran kan? Langsung saja yuk simak ulasan selengkapnya pada artikel berikut ini.


Pengertian Identitas Nasional

Pertama kami akan jelaskan mengenai pengertian identitas nasional. Jadi, definisi dari dentitas Nasional itu sendiri adalah suatu jati diri yang khas yang dimiliki oleh suatu bangsa dan hal tersebut tidak dimiliki oleh bangsa yang lain. Dalam garis besar secara umum ciri khas tersebut tidak hanya mengacu pada individu saja, namun juga berlaku pada suatu organisasi atau kelompok suatu negara.

Secara bahasa kata “identitas”  itu sendiri berasal dari kata Identitu, yang artinya ciri-ciri, tanda-tanda, jati diri yang ada pada diri seseorang atau kelompok yang mana hal inilah yang membedakannya dengan orang dan kelompok yang lain. Sedangkan kata “nasional” merupakan suatu identitas yang melekat pada kelompok atau organisasi  yang lebih besar dalam hal ini adalah Negara. Yang mana hal ini berkaitan secara erat dengan kesamaan-kesamaan fisik, baik itu fisik seperti budaya, agama serta bahasa ataupun nonfisik misalnya seperti cita-cita, keinginan serta tujuan.

Kemudian dari beberapa hal seperti yang sudah disebutkan diatas terciptalah suatu kelompok yang kemudian disebut sebagai identitas bangsa atau identitas nasional. Yang mana pada akhirnya identitas nasional ini akan melahirkan suatu tindakan kelompok yang diwujudkan didalam  bentuk organisasi  kelompok pergerakan-pergerakan yang diberi atribut atau kelengkapan nasional.

Jadi, dari beberapa penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian Identitas Nasional adalah suatu kumpulan nilai budaya yang tumbuh serta berkembang di dalam macam-macam aspek kehidupan yang terdiri dari ratusan suku yang ada dan kemudian dihimpun dalam satu kesatuan dalam bentuk Negara seperti Negara Indonesia. Identitas Negara Indonesia dan  kebudayaan nasionalnya mengacu pada dasar negara pancasila & Bhineka Tunggal Ika yang merupakan dasar dan arah pengembangannya.

Fungsi Identitas Nasional

Dari pengertian identitas nasional yang sudah dijelaskan diatas maka dapat disimpulkan bahwa fungsi identitas nasional adalah sebagai berikut.

  • Identitas nasional berperan sebagai pemersatu bangsa.
  • Identitas nasional merupakan ciri khas yang membedakan sebuah bangsa dari bangsa yang lain.
  • Identitas nasioanl juga berfungsi dan berperan sebagai pegangan atau landasan bagi sebuah negara untuk berkembang atau mewujudkan potensi yang dimiliki.

Hakikat Identitas Nasional

Setelah Anda mengetahui pengertian identitas nasional, berikut akan kami jelaskan mengenai hakikat dari identitas nasional itu sendiri dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Jadi, hakikat identitas nasional yang sebenarnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang berlandaskan pancasia adalah segala hal yang di aktualisasikan dan tercerminkan dalam hal penataan kehidupan kita.

Maksud dari penataan kehidupan dalam arti yang luas dalam hal ini, misalnya seperti yang ada pada  aturan perundang-undangan ataupun moral yang dengan secara normatif diterapkan di dalam bermasyarakat atau berinteraksi baik dalam suatu tataran nasional ataupun tataran internasional.

Nah, dengan adanya hal tersebut nilai-nilai budaya yang tercermin pada identitas nasional Negara Indonesia itu bukanlah barang jadi dalam kebekuan normatif dan juga domatis. Akan tetapi identitas nasional itu sendiri pada hakikatnya merupakan sesuatu yang terbuka dan yang cenderung terus-menerus bersemi disebebakan karena adanya hasrat menuju untuk kemajuan yang dimiliki oleh masyarakat.

Timbulnya sebab akibat atau konsekuensi dan implikasinya ialah identitas nasional merupakan sesuatu yang terbuka untuk ditafsir dengan diberi makna baru supaya tetap relevan serta fungsional di dalam kondisi aktual yang berkembang di dalam suatu kelompok masyarakat  berbangsa dan bernegara.

Unsur Unsur Identitas Nasional

Unsur- unsur identitas nasional yang ada di Negara Indonesia ini merujuk pada suatu bangsa yang bersifat majemuk. Kemajemukan dari suatu bangsa tersebut adalah gabungan dari unsur-unsur pembentuk identitas nasional. Adapun unsur-unsur identitas nasional itu sendiri terdiri dari beberapa hal yang meliputi hal-hal berikut ini.

  • Suku Bangsa

Unsur identitas nasional yang pertama adalah suku bangsa. Suku bangsa sendiri merupakan salah satu dari unsur dalam pembentukan identitas nasional. Pengertian dari suku itu sendiri adalah suatu Golongan sosial yang khusus yang memiliki sifat askriptif (ada sejak lahir) yang mana sama halnya dengan golongan umur dan juga jenis kelamin. Seperti yang kita ketahui Negara Indonesia sendiri memiliki banyak sekali suku bangsa atau kelompok etnis dengan kurang lebih sekitar 300 dialek bahasa.

  • Agama

Tidak hanya dalam hal suku bangsa saja, bahka bangsa Indonesia juga dikenal dengan masyarakat yang agamis yakni selalu berdasarkan pada nilai agama. Ada cukup beragam agama yang tumbuh dan berkembang di Negara Indonesia yakni seperti agama agama islam, katholik, kristen, hindu, budha hingga kong hu cu.

  • Kebudayaan

Pengetahuan dari pada manusia sebagai makhluk sosial berisikan segala perangkat-perangkat ataupun model-model pengetahuan yang secara kolektif digunakan oleh pendukung-pendukung yang digunakan untuk menerjemahkan atau menafsirkan serta memahami lingkungan sekitar yang dihadapi. Pengetahuan tersebutlah yang melahirkan suatu  kelakukan serta benda-benda kebudayaan yang digunakan sebagai rujukan maupun pedoman untuk dapat berperilaku dan juga bertindak dalam suatu lingkungan masyarakat.

  • Bahasa

Unsur identitas nasional yang berikutnya adalah bahasa. Bahasa biasanya akan digunakan sebagai suatu sistem perlambang yang dengan secara arbiter dibentuk atas unsur-unsur bunyi ucapan manusia dan juga digunakan sebagai sarana untuk dapat berinteraksi antarmanusia.

Nah, di Negara Indonesia itu sendiri ada banyak sekali ragam bahasa daerah seperti bahasa jawa, bahasa Madura, bahasa batak, bahasa sunda dan jenis bahasa daerah yang lainnya. Namun, Bahasa Indonesia tetap saja merupakan bahasa pemersatu bangsa Indonesia.
Pembagian Jenis Identitas Nasional

Nah, dari ke- 4 unsur identitas nasional yang sudah disebutkan diatas, maka dapat dirumuskan pembagian unsur identitas nasional secara umum dibagi menjadi 3 bagian antara lain adalah.

  • Identitas Fundamental

Maksud dari identitas fundamental itu sendiri adalah pancasila berperan sebagai falsafat bangsa, dasar negara serta ideologi negara.

  • Identitas Instrumental

Identitas instrumental dalam hal ini adalah isi UUD 1945 serta tata perundang-undangannya. Yang mana dalam identitas instrumental ini berisikan tentang ketentuan mengenai lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, bendera negara Indonesia adalah merah putih bahasa nasional yang digunakan ialah bahasa Indonesia dan lagu kebangsaan Indonesia adalah Indonesia Raya.

  • Identitas Alamiah

Identitas alamiah yang dimaksud dalam hal ini meliputi negara kepulauan serta pluralisme yang ada didalam suku, budaya, bahasa serta agama dan juga kepercayaan dalam suatu masyarakat berbangsa.

Contoh Implementasi Identitas Nasional

Adapun contoh dari implementasi identitas nasional adalah kewajiban diadakannya upacara bendera setiap hari senin di seluruh instansi pemerintah. Dalam upacara bendera tersebut ada bannyak sekali unsur identitas negera yang terkandung didalamnya seperti pengibaran bendera merah putih, pembacaan pancasila dan UUD 1945 serta menyanyikan lagi Indonesia raya dan diakhiri dengan doa yang merupakan unsur agama.

Itulah informasi mengenai pengertian identitas nasional hingga contohnya. Semoga menambah wawasan Anda. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Identitas Nasional, Fungsi, Hakikat, Unsur dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel