Pengertian dan Jurusan Ilmu Komunikasi

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Komunikasi adalah kegiatan yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sosial seorang manusia. Hal tersebut sesuai dengan kodrat manusia yang diciptakan sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendirian dan membutuhkan bantuan orang lain.

Pada era globalisasi sekarang ini di mana ilmu dan teknologi berkembang dengan sangat pesat, banyak ilmuan dan pakar yang menyadari bahwa komunikasi merupakan hal yang sangat kompleks dan dapat didalami secara teoritis.

Pengertian dan Jurusan Ilmu Komunikasi

Maka dari itu banyak perguruan tinggi yang mengembangkan komunikasi dan menjadikannya sebagai salah satu program studi yang dapat dipelajari oleh para mahasiswa.

Pengertian Ilmu Komunikasi

Bagi kalian yang sedang mencari tau tentang jurusan ilmu komunikasi, pasti sedang bertanya-tanya mengenai prospek kerja ke depannya dari jurusan ilmu komunikasi itu sendiri. Maka dari itu, sebelum penulis membahas mengenai prospek kerja dari jurusan ilmu komunikasi.

Alangkah lebih baiknya jika kita membahas terlebih dahulu mengenai definisi atau pengertian dari ilmu komunikasi. Ilmu komunikasi adalah suatu bidang ilmu yang membahas dan mempelajari mengenai tata cara berkomunikasi secara baik dan benar baik secara verbal maupun tekstual.

Selain mempelajari tata cara berkomunikasi yang baik dan benar, hal yang diajarkan di dalam ilmu komunikasi adalah cara menggunakan alat komunikasi sebagai media dalam berkomunikasi dalam kehidupan sosial maupun bisnis.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Pada awal pencetusannya, jurusan ilmu komunikasi mengalami sepi peminat oleh para mahasiswa. Hal tersebut karena kurangnya edukasi mengenai apa yang dipelajari di jurusan tersebut dan prospek kerjanya.

Banyak dari masyarakat yang beranggapan bahwa ilmu komunikasi hanya cocok untuk diambil oleh seseorang yang berkarakter ekstrovert atau yang pandai berbicara. Namun hal tersebut belum tentu benar adanya karena jurusan ilmu komunikasi terbagi menjadi 3 (tiga) fokus yaitu penyiaran (broadcasting), periklanan (advertising), dan hubungan masyarakat (public relation).

Untuk menambah wawasan pembaca, penulis akan membahas secara lebih detail mengenai ketiga fokus dalam jurusan ilmu komunikasi tersebut.

Penyiaran (Broadcasting)

Salah satu fokus atau cabang dari ilmu komunikasi adalah penyiaran (broadcasting). Banyak perguruan tinggi yang menjadikan penyiaran sebagai salah satu fokus atau yang dapat dipilih oleh mahasiswa secara lebih mendalam dibandingkan dengan cabang yang lainnya. Namun, banyak pula perguruan tinggi yang menjadikan penyiaran (broadcasting) sebagai jurusan sendiri yang terpisah dari jurusan ilmu komunikasi.

Sesuai dengan namanya, hal-hal yang akan dipelajari di dalam jurusan ilmu penyiaran (broadcasting) adalah proses menciptakan dan mengemas ide atau gagasan menjadi program yang akan disiarkan pada masyarakat melalui media masa baik televisi maupun radio. Jadi bagi kalian yang berkarakter introvert namun menyukai dunia komunikasi, fokus atau jurusan penyiaranlah yang dapat menjadi alternatif pilihan.

Berikut ini adalah mata kuliah yang setidaknya akan kalian terima jika memilih penyiaran (broadcasting) menjadi focus atau jurusan kuliah, antara lain pengantar jurnalistik, dasar-dasar fotografi, aplikasi komputer, teknik mencari dan menulis berita, multimedia komunikasi, produksi pertelevisian, perencanaan media periklanan, multimedia komunikasi, pasca produksi TV, computer grafis TV, teknik reportasi dan wawancara, riset media, jurnalistik televisi, jurnalisme online, dll.

Periklanan (Advertising)

Fokus atau cabang dari ilmu komunikasi yang kedua adalah periklanan (advertising). Sama halnya dengan penyiaran, periklanan juga menjadi salah satu alternatif bagi kalian yang lebih menyukai tampil di balik layar.

Sesuai dengan namanya, hal-hal yang akan diajarkan di dalam program studi periklanan adalah mempelajari cara mengaplikasikan strategi kreatif dalam bidang periklanan yang dikembangkan dengan media animasi, ilustrasi, desain komunikasi, sketsa, visual, dan topografi periklanan.

Selain itu, mahasiswa juga akan dibekali ilmu mengenai teknik kamera elektronik, recording, editing, produksi iklan cetak dan elektronik, copywriting, dan visualisasi. Setelah menerima seluruh ilmu tersebut, mahasiswa diharapkan dapat mengolah ide atau gagasan yang ditambah dengan ilustrasi dan animasi sebagai media iklan atau promosi melalui media massa elektronik (TV dan radio), media cetak (koran dan surat kabar), dan digital (web dan mobile).

Berikut ini adalah mata kuliah yang setidaknya akan diterima mahasiswa jika mengambil jurusan periklanan, antara lain komunikasi massa, computer grafis, fotografi iklan, dasar marketing, statistika periklanan, komunikasi pemasaran, produksi media komunikasi visual, riset iklan, strategi periklanan, dll,

Hubungan Masyarakat (Public Relation)

Fokus atau cabang dari ilmu komunikasi yang ketiga adalah hubungan masyarakat (public relation). Berbeda dengan dua cabang ilmu komunikasi yang lain yaitu penyiaran dan periklanan, jurusan hubungan masyarakat (public relation) ini cocok bagi kalian yang senang tampil di depan umum dan berinteraksi dengan orang lain.

Di dalam jurusan ini, kalian akan dibekali bagaimana cara berkomunikasi secara baik dan benar. Selain itu, mahasiswa juga akan diajarkan untuk membangun dan memelihara citra baik organisasi ataupun perusahaan jika nanti sudah memasuki dunia kerja. Kewajiban dari seorang public relation adalah mengelola hubungan dan citra baik dari perusahaan dengan orang-orang dari luar perusahaan seperti investor, pemerintah, masyarakat, dll.

Berikut ini adalah mata kuliah yang setidaknya akan diterima mahasiswa jika mengambil jurusan hubungan masyarakat, antara lain pengantar ilmu komunikasi, teori komunikasi, psikologi komunikasi, komunikasi massa, pengantar kehumasan, manajemen humas, marketing public relation, hubungan media, hubungan masyarakat, online public relation, public relation writing, dll.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Penulis
Prospek kerja pertama dari jurusan ilmu komunikasi adalah sebagai seorang penulis. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa komunikasi tidak melulu secara verbal melainkan juga secara tekstual. Ilmu yang didapatkan dari jurusan ilmu komunikasi dapat menjadi senjata andalan bagi mahasiswa lulusan dari jurusan ilmu komunikasi untuk menulis berita, artikel, atau buku dengan format penulisan yang baik dan benar.

Prospek kerja dari jurusan ilmu komunikasi yang lain namun masih berada dalam lingkup penulis adalah menjadi seorang scriptwriter. Tugas dari scripwriter adalah menulis script dari sebuah film ataupun sinetron.

Periklanan
Prospek kerja kedua dari jurusan ilmu komunikasi adalah dalam bidang periklanan atau menjadi seorang copywriter. Untuk menjadi seorang copywriter, anda dituntu untuk menggunakan bahasa verbal maupun non verbal yang bersifat persuatif atau membujuk konsumen. Copywriter biasanya memiliki tugas untuk membuat brosur, kemasan produk, dan jibgle iklan.

Hubungan masyarakat

Prospek kerja ketiga dari jurusan ilmu komunikasi adalah menjadi public relation. Dalam menjalankan tugasnya, seorang public relation dituntut untuk menciptakan citra yang ingin dibangun perusahaan atau organisasi tertentu kepada masyarakat.

Terdapat berbagai macam media yang dapat digunakan public relation dalam menjalankan tugasnya seperti media sosial, pers, atau sponsorship suatu event.

Pembaca Berita

Prospek kerja keempat dari jurusan ilmu komunikasi adalah menjadi seorang pembaca berita. Pekerjaan yang satu ini erat kaitannya dengan jurusan ilmu komunikasi karena langsung berhadapan dan berkomunikasi dengan masyarakat. Tugas dari seorang pembaca berita adalah mempersiapkan berita yang akan disampaikan, menginterpretasikan, menulis, dan mengomunikasikannya kepada masyarakat.

Sales
Prospek kerja kelima dari jurusan ilmu komunikasi adalah menjadi seorang sales. Bagi anda lulusan jurusan ilmu komunikasi yang memiliki gaya bahasa yang persuatif, maka menjadi seorang sales adalah salah satu alternative pilihan yang cocok untuk anda coba. Hal tersebut dikarenakan tugas dari seorang sales adalah membujuk konsumen untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan oleh individu atau organisasi yang anda wakili.

Demikian ulasan singkat mengenai pengertian ilmu komunikasi, cabang ilmu komunikasi, dan prospek kerjanya. Semoga tulisan ini dapat membantu pembaca untuk lebih memahami mengenai jurusan ilmu komunikasi.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Jurusan Ilmu Komunikasi"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel