Pengertian dan Contoh Majas Anafora Dalam Puisi serta Kalimat Bahasa Indonesia

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Beberapa dari Anda pasti sudah menempuh mata pelajaran bahasa Indonesia. Ya, pelajaran bahasa Indonesia sudah ada sejak kita menempuh Sekolah Dasar atau SD. Kami tahu beberapa dari Anda pasti ada yang suka dan ada juga yang tidak suka dengan mata pelajaran yang satu ini. Nah, biasanya seseorang yang tidak begitu suka dengan mata pelajaran bahasa Indonesia juga tidak mengerti materinya.

Pengertian dan Contoh Majas Anafora Dalam Puisi serta Kalimat Bahasa Indonesia

Ada banyak materi bahasa Indonesia seperti kalimat, jenis kalimat dan sebagainya. Salah satunya juga Anda akan dihadapkan pada sebuah materi mengenai majas. Salah satu majas yang akan kami jelaskan pada artikel ini adalah majas anafora.

Beberapa dari Anda mungkin masih asing dengan jenis majas yang satu ini. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai majas anafora hingga contoh majas anafora dalam puisi dan kalimat bahasa Indonesia secara lengkap.

Penasaran kan apa saja contoh majas anafora. Langsung saja mari kita simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Majas Anafora

Sebelum membahas mengenai contoh majas anafora dalam puisi dan kalimat bahasa Indonesia. Terlebih dahulu kami akan jelaskan mengenai pengertian majas anafora. Jadi, definisi majas anafora adalah salah satu jenis majas Bahasa Indonesia selain beberapa majas yang ada sebelumnya seperti majas tautologi, majas paralelisme, majas simile, majas repetisi dan majas lainnya.

Tentunya Anda masih akan bertanya, sebenarnya apa itu majas anafora? Majas ini biasanya ada di dalam sebuah puisi dan kalimat, oleh karena itu ada banyak contoh majas anafora dalam puisi da kalimat bahasa Indonesia. Sama seperti jenis majas yang lainnya, majas anafora ini banyak ditemukan dalam puisi ataupun dalam kalimat Bahasa Indonesia.

Namun, satu hal yang membedakan jenis majas anafora dengan jenis lainnya. Majas anafora memiliki ciri khas tertentu, yang mana ciri khas inilah yang membedakannya dengan jenis majas Bahasa Indonesia lainnya yakni adanya pengulangan frasa dan kalimatnya.

Jenis majas ini sebenarnya sudah kita pelajari ketika masih berada dibangku sekolah. Dan pastinya untuk jenis majas ini sudah tidak asing lagi untuk kita. Majas anafora ini biasanya akan berisi pengulangan frasa atau kata dalam satu kalimat bahasa Indonesia ataupun puisi.

Nah, pengulangan kata yang ada tersebut berasal dari kata awal kalimat kemudian terus ditulis kembali di bagian akhir ataupun tengah kalimat dengan kata dan frasa yang berulang-ulang.

Kemudian, untuk pengulangan kata yang ada dalam puisi biasanya akan mengulang frasa pertama dan ditulis kembali pada frasa selanjutnya.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut akan kami jelaskan mengenai contoh majas anafora dalam puisi dan kalimat bahasa Indonesia. Langsung saja mari kita lihat beberapa contoh majas anafora berikut ini.

Beberapa Contoh Majas Anafora Dalam Puisi dan Kalimat Bahasa Indonesia

Kata anafora sebenarnya berasal dari Bahasa Yunani yakni  "anaphore" yang artinya pengulangan tempat. Sedangkan menurut istilah, pengertian anafora adalah suatu gaya bahasa yang terdiri dari pengulangan kata pertama dalam sebuah kalimat.

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa majas anafora ini berbeda dengan majas lainnya yakni  memiliki ciri khusus yaitu pengulangan kata pada kalimat atau baris puisi selanjutnya.

Menurut ahli bahasa Ratna berpendapat bahwa pengertian majas anafora yaitu sekelompok kata yang mengalami pengulangan pada kalimat atau baris selanjutnya. Jadi, dari beberapa pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian majas anafora yaitu pengulangan kata pertama pada kalimat selanjutnya dengan sifat yang sama baik pada puisi ataupun kalimat bahasa Indonesia.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut akan kami berikan contoh majas anafora dalam puisi maupun contoh majas anafora dalam kalimat Bahasa Indonesia.

Contoh Majas Anafora Dalam Puisi

Pertama kami akan menjelaskan mengenai contoh majas anafora dalam puisi. Majas anafora ini baisanya di gunakan untuk mengulang kata pada baris pertama puisi dan ditulis kembali pada baris selanjutnya. Contoh majas anafora yang pertama kami sajikan dalam bentuk puisi seperti berikut ini.

Contoh Puisi 1

  • Karena kuasa-Mu, alam ini terbentuk
  • Karena kuasa-Mu, makhluk hidup juga terbentuk
  • Karena kuasa-Mu, hamba dapat beribadah untuk-Mu
  • Karena kuasa-Mu, hamba dapat bernaung
  • Karena kuasa-Mu, hamba dapat kembali kepada-Mu
  • Karena kuasa-Mu, hamba dapat hidup di alam berikutnya yang Engkau takdirkan


Contoh Puisi 2

  • Cinta adalah Anugerah bagi setiap orang
  • Cinta adalah kebahagiaaan.
  • Cinta adalah kesabaran
  • Cinta adalah kekuatan
  • Cinta adalah hubungan
  • Cinta adalah ada pada setiap Makhluk Tuhan di dunia

Contoh Puisi 3

  • Duhai kekasih, masih ingatkah kau padaku?
  • Duhai kekasih, ingatkah janjimu dahulu?
  • Duhai kekasih, ingatkah kenangan kita kala itu?
  • Duhai kekasih, ingatkan janji yang kita buat dulu?
  • Mengingatmu ku hanya terluka dan tersakiti
  • Mengingatmu ku hanya menderita dan nestapa
  • Mengingatmu aku juga bahagia dan besukaria
  • Duhai kekasih, sampai kapan kau terlupa dalam hidup ini?

Berdasarkan pada contoh majas anafora dalam puisi yang sudah dijelaskan diatas, maka dapat kita lihat bahwa ada pengulangan kata dibagian awal baris dan ditulis kembali pada baris selanjutnya.

Contoh majas anafora yang ada dalam puisi tersebut berisi pengulangan kata yang ada pada setiap barisnya.

Contoh Majas Anafora Dalam Kalimat Bahasa Indonesia

Setelah Anda mengetahui contoh majas anafora dalam puisi, berikutnya kami akan menjelaskan mengenai contoh majas anafora dalam kalimat bahasa Indonesia.

Pada umumnya majas anafora yang ada dalam kalimat Bahasa Indonesia terletak pada bagian awal kalimat. Kemudian, selanjutnya kalimat tersebut akan diulang kembali pada kalimat selanjutnya, baik dibagian tengah ataupun diakhir.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut kami beri beberapa contoh majas anafora dalam kalimat Bahasa Indonesia:

Apapun mimpi yang ingin kau raih, apapun tujuan yang ingin kau capai, apapun pilihan yang ingin kau putuskan dan apapun keputusan yang ingin ambil, aku akan selalu mendukungmu.
Walau susah, walau senang, walau capek, aku akan tetap bersyukur dengan apa yang sedang kumiliki saat ini.

Meskipun aku dikucilkan, meskipun aku dihinadinakan, meskipun aku direndahkan, tapi aku akan selalu berusaha tetap berada dijalan yang benar.

Tahukah kau bahwa aku menyayangimu, tahukah kau bahwa aku merindukanmu, tahukah kau bahwa aku sangat mencintaimu?

Jasa baikmu akan selalu ku ingat dan kukenang, jasa baikmu akan selalu ada dalam memoriku, jasa baikmu akan selalu bermanfaat untukku dimanapun dan kapanpun.

Kini hanya aku yang berada disiniku hanya disini, kini hanya aku yang bisa menantimu, kini hanya aku yang bisa mengharapkanmu kembali.

Dalam suka maupun duka, dalam nestapa kita akan melaluinya bersama.
Entah hari ini, entah esok hari, entah suatu hari nanti aku akan selalu menunggu kehadiranmu.

Nah, jika dilihat dari contoh majas anafora diatas, dapat kita lihat ada beberapa kalimat yang mengandung majas anafora.

Yang mana  contoh majas anafora dalam kalimat bahasa Indonesia tersebut berisi pengulangan awal kata yang ditulis kembali pada kalimat selanjutnya. Bahkan tidak hanya itu, majas ini bahkan juga sering digunakan dalam kehidupan sehari hari.

Itulah informasi mengenai contoh majas anafora dalam puisi dan kalimat bahasa Indonesia yang dapat kami sampaikan . Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Majas Anafora Dalam Puisi serta Kalimat Bahasa Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel