Pengertian dan Contoh Alat Musik Petik Tradisional dan Modern

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Indonesia kaya akan kebudayaan dan keseniannya. Sehingga tak heran jika ada banyak alat musik dalam hal kesenian Indonesia mulai dari alat musik tradisional hingga alat musik modern.

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai alat musik petik mulai dari pengertian hingga contoh alat musik petik modern atau alat musik petik tradisional. Penasaran apa saja? Langsung saja yuk simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Alat Musik Petik

Seperti yang kita tahu berdasarkan dengan penggunaannya ada banyak jenis alat musik. Salah satuny adalah alat musik petik. Pengertian alat musik petik sendiri adalah alat musik yang dapat mengeluarkan suara ketika di petik senarnya. Panjang pendeknya dawai dalam sebuah alat musik petik ini biasanya akan berpengaruh pada tinggi rendah nada yang dihasilkan.

Pengertian dan Contoh Alat Musik Petik Tradisional dan Modern

Secara umum, semua alat musik petik biasanya akan menggunakan senar atau dawai agar menghasilkan suatu bunyi. Seiring dengan perkembangan jaman hingga saat ini, alat musik petik dibagi menjadi dua jenis yakni alat musik petik tradisional dan modern.

Alat Musik Petik Tradisional dan Modern

Nah, untuk lebih jelasnya berikut akan kami berikan beberapa contoh alat musik petik baik yang tradisional ataupun modern yang sering kita temu sehari-hari.

  • Alat Musik Gitar

Gitar termasuk dalam alat musik petik karena gitar akan menghasilkan suara ketiak di petik. Pada awalnya gitar berasal dari Negara Spanyol dan kami yakin bahwa Anda semua pasti sudah tidak asing dengan alat musik petik yang satu ini. Gitar memiliki senar atau dawai yang dipetik untuk membunyikannya.

Alat musik yang satu ini terbuat dari bahan kayu yang terdiri dari leher dan badan. Cara memainkannya anda hanya perlu memetik atau menggenjrengnya dengan jari kita.  Ada banyak jenis gitar di dunia namun yang sangat terkenal adalah yaitu gitar akustik dan gitar elektrik.

  • Alat Musik Ukulele

Pasti Anda sudah sering mendengar kata ukulele sebagai alat musik petik khas Indoensia. Ukulele adalah alat musik petik yang berasal dari Hawai yang menyebar ke Indonesia pada tahun 1880. Ukulele memiliki bentuk yang sama dengan gitar, namun bedanya terletak pada ukurannya yang lebih kecil dibandingkan gitar yakni hanya sekitar 20 inchi. Ukulele memiliki empat jenis model yakni soprano, concert, tenor dan baritone. Ukulele sering digunakan di pagelaran musik keroncong.

  • Alat Musik Kecapi

Alat musik petik berikutnya adalah kecapi yang berasal dari  daerah Sunda Jawa Barat. Alat musik petik ini dinamakan kecapi karena terbuat dari tanaman sente berupa kayu. Kecapi di bedakan menjadi beberapa jenis yakni kecapi siter, kecapi perahu, kecapi indung dan kecapi rincik.

  • Alat Musik Shamisen

Shamisen merupakan alat musik petik berikutnya yang mungkin masih sedikit asing ditelinga. Alat musik petik ini berasal dari  Jepang. Alat musik Shamisen berbeda dengan alat musik petik yang lainnya karena hanya memiliki 3 dawai saja. Ciri khas dari alat musik petik  ini adalah tubuhnya yang  dibungkus dengan kulit punggung anjing atau kulit perut kucing betina.

  • Alat Musik Harpa

Harpa merupakan salah satu alat musik petik yang sudah ada sejak zaman dulu bahkan harpa dikategorikan dalam salah satu alat musik paling tua di Dunia. Bentuknya seperti busur panah karena memang menurut sejarah, alat musik harpa terbuat ddari busur panah yang biasanya sering digunakan untuk berburu.

Anda bisa menggunakan alat musik ini dengan cara di petik baik menggunakan tangan ataupun kaki. Dawainya berjumlah banyak yakni sekitar 22 hingga 47 buah senar. Harpa biasanya digunakan dalam suatu pertunjukan musi seperti orchestra.

  • Alat Musik Sasando

Alat musik petik berikutnya adalah Sasando yang berasal dari pulau Rote Nusa Tenggara Timur.  Alat musik sasando ini terbuat dari bahan utama yakni sebuah bambu yang dibentuk menjadi sebuah tabung yang panjang. Sehingga, ketika dipetik alat musik Sasando ini akan menghasilkan  bunyi yang hampir sama dengan alat musik petik lainnya. Sasando terdiri dari dua jenis yakni sasando dobel dan sasando engkel.

  • Alat Musik Banjo

Alat musik Banjo yaitu alat musik petik yang berasal dari Amerika. Jika dilihat sekilas bentuk dari alat musik Banjo ini hampir sama dengan musik shamisen yang membedakanya hanya pada dawai atau senar yang dimilikinya yakni hanya sebanyak 4 hingga 6 buah.

  • Alat Musik Gambus

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi kan dengan alat musik petik yang satu ini. Ya, alat musik gambus merupakan alat musik yang berasal dari Timur Tengah. Alat musik ini sekilas mirip dengna gitar hanya memiliki perbedaan  yang menonjol pada bentuknya yang mirip dengan buah labu yang dibagi dua. Pada umumnya alat musik petik gambus ini sering digunakan sebagai pengiring musik yang bernuansa religi atau islami.

  • Alat Musik Hasapi

Alat musik petik Hasapi memiliki bentuk yang hampir sama dengan kecapi bahkan beberapa orang menganggapnya sebagai alat musik kecapi. Alat musik petik ini merupakan alat musik petik tradisional khas masyarakat Batak Toba. Alat musik hasapi sering digunakan di acara pernikahan dan terdiri dari dua jenis yakni hasapi doal dan hasapi ended.
Hasapi terbuat dari bahan kayu ijor yang memiliki keunikan adanya ukuran untuk hiasannya di bagian badan hasapi.

  • Alat Musik Danbau

Alat musik petik danbau ini berasal dari Negara Vietnam yang mempunyai keunikan tersendiri yaitu memiliki satu kunci nada saja atau cord. Dari segi tampilan dan bentunya, alat musik petik Danbau ini dapat dikatakan snangat simple yang mana hanya terdiri dari  tongkat senar, bamboo, senar sutra, dan tempurung kelapa.

  • Alat Musik Sampek

Alat musik petik Sampek adalah alat musik petik tradisiona khas Dayak yang terbuat dari kayu kapur dan kayu ulin. Biasanya alat musik ini digunakan sebagai pengiring tarian tradisional suku dayak. Alat musik petik ini memiliki jumlah dawai antara 3 sampai 6 buah senar yang pada awalnya senar yang digunakan berasal dari pohon enau.

Namun, kebanyakan yang beredar pada saat ini senar yang digunakan biasanya hanya terbuat dari kawat kecil. Bagian ujung alat musik sampek memiliki ciri khas adanya hiasan atau ukuran kepala burung elang khas Dayak.

  • Alat Musik Jentreng

Alat musik petik yang berikutnya adalah Jentreng dengan jumlah dawai sekitar ada 7 buah. Alat musik petik tradisional yang satu ini memiliki bentuk yang mirip dengan kecapi. Untuk bahan pembuatannya, jentreng terbuat dari kayu nangka dan kayu kembang. Anda bisa memainkannya dengan cara di petik untuk mendapatkan suara yang bagus.

Itulah informasi mengenai pengertian dan contoh alat musik petik baik yang tradisional hingga yang modern. Sekarang anda sudah tahu kan apa saja contoh alat musik petik. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Alat Musik Petik Tradisional dan Modern"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel