Pengertian, Cara Membuat dan Contoh Latar Belakang Lengkap

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Setelah membuat judul dalam sebuah karya tulis langkah selanjutnya yang harus di garap adalah membuat latar belakang, baik itu pada saat membuat skripsi atau karya ilmiah yang lainnya. Membuat latar belakang dapat dikatakan susah-susah gampang. Jika kita sudah menemukan latar belakang yang aman maka dapat dipastikan semangat nulis pun akan naik karena alasan anda membuat tulisan tersebut sudah ditemukan.

Pengertian, Cara Membuat dan Contoh Latar Belakang Lengkap

Masih banyak yang kurang mengerti dan memahami pengertian latar belakang dan cara membuat latar belakang. Oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pengertian latar belakang hingga anda bisa membuat contoh latar belakang sendiri karena pada artikel kali ini kami juga akan memberi tahu cara membuat latar belakang yang baik dan benar.

Bahkan pembuatan latar belakang sangat penting khususnya bagi seseorang mahasiswa akhir yang akan menempuh skripsi. Beberapa senior maupun dosen pembimbing sering berkata kepada kita bahwa jika ingin membuat latar belakang itu, buatlah seperti ‘piramida terbalik‘.

Nah, masalahnya disini seperti apa sih latar belakang dengan piramida terbalik itu seperti apa? Jadi, singkatnya maksud dari piramida terbalik itu dimulai dari masalah yang umum terlebih dahulu, lalu sedikit demi sedikit menuju ke masalah khusus hingga ke inti penelitian yang akan dibahas oleh kita semua.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut langsung saja yuk kita simak ulasan tentang latar belakang berikut ini.

Pengertian Latar Belakang

Sebelum membahas mengenai cara membuat contoh latar belakang, kami akan membahas mengenai pengertian latar belakang dan juga beberapa hal yang harus ada di latar belakang. Pengertian Latar belakang sendiri adalah dasar atau titik tolak untuk memberikan pemahaman kepada pembaca atau pendengar mengenai apa yang ingin kita sampaikan atau menjadi motif untuk apa penelitian atau penulisan ini dibuat.

Latar belakang yang baik harus disusun dengan sejelas mungkin bahkan jika perlu  anda harus menyertainya dengan dengan data atau fakta yang mendukung, hal ini wajib di latar belakang skripsi.

Nah, beberapa hal yang harus ada dalam latar belakang adalah sebagai berikut.

  • Kondisi ideal

Jadi dalam hal ini latar belakang harus mencakup keadaan yang dicita-citakan atau diharapkan terjadi, jadi kondisi ideal dalam latar belakang ini biasanya dituangkan dalam bentuk visi dan misi yang ingin diraih.

  • Kondisi actual

Maksud dari kondisi aktual dalam hal ini adalah suatu kondisi yang terjadi saat ini, biasa menceritakan perbedaan situasi antara kondisi saat ini dengan kondisi yang dicita-citakan terjadi.

  • Solusi

Hal berikutnya yang harus ada dalam latar belakang yang selanjutnya adalah  saran singkat atau penawaran penyelsaian terhadap masalah yang dialami sebelum melangkah lebih lanjut ke pokok bahasan. Selain itu beberapa hal yang sudah disebutkan diatas, latar belakang juga mengandung perbandingan dan penyempurnaan atas karya tulis sebelumnya dengan topik yang sama.


Baca : Pengertian Teks Prosedur

  • Terangkan Masalahnya

Hal terakhir yang harus ada dalam latar belakang adalah pastikan anda membuat susunan latar belakang permasalahan, anda dapat membuatnya dari hal yang umum dahulu lalu baru hal yang khusus atau sebaliknya anda bisa membuat hal yang khusus terlebih dahulu kemudian hal yang umum.

Cara Membuat Latar Belakang yang Baik dan Benar

Nah, untuk bisa membuat contoh latar belakang karya tulis pastikan anda mengetahui cara membuat latar belakang yang baik dan benar terlebih dahulu baik untuk skripsi dan karya ilmiah lainnya.

  • Mulailah dengan Masalah Umum

Pertama anda bisa memulainya dengan masalah umum terlebih dahulu. Masalah umum itu sendiri adalah suatu masalah yang umum terjadi pada penelitian pada skala yang luas, bisa secara internasional, nasional, ataupun provinsi dan yang lainnya.

Satu hal yang harus anda ingat bahwa meneliti itu menyelesaikan masalah. Misalnya, masalah yang akan diselesaikan “meningkatkan prestasi siswa”, maka anda bisa memulainya dengan masalah yang umum seperti “prestasi siswa di Indonesia menurun”.

Nah, tips bagi anda pada saat akan menulis masalah umum adalah Anda bisa membahasnya secara global baik secara Indonesia, dunia, provinsi, daerah yang cakupan luas. Selain itu, pastikan anda tidak lupa untuk mencantumkan kutipan yang diambil dari jurnal ilmiah atau buku ilmiah.

  • Mulai Mengarah ke Masalah Khusus Sedikit demi Sedikit

Nahm setelah masalah umum sudah anda bahas maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah sedikit demi sedikit mengarah ke masalah khusus. Lalu, bagaimana cara membuat masalah khusus?

Kita ambil contoh saja, jadi misalnya dalam penelitian yang anda bahas adalah “meningkatkan prestasi siswa”, maka Anda bisa bahas mengenai teori-teori belajar yang meningkatkan prestasi siswa. Semakin mendekati akhir latar belakang, pastikan anda juga membuat bahasan latar belakang semakin khusus membahas penelitian.

Tips saat menulis masalah khusus adalah pastikan anda mencantumkan teori-teori yang membahas mengenai penelitian yang dilakukan. Tapi satu hal yang harus anda ingat adalah Anda harus cantumkan kutipan yang diambil dari jurnal ilmiah atau buku ilmiah jika itu untuk karya tulis ilmiah seperti halnya skripsi.

  • Beri Bukti Berupa Kutipan dari Jurnal Ilmiah atau Buku Ilmiah

Satu hal yang paling penting dalam membuat latar belakang karya tulis ilmiah adalah pastikan Anda memberi bukti berupa kutipan baik dari jurnal ataupun buku ilmiah karena skripsi dan karya ilmiah itu bukan tulisan fiksi. Salah satunya Anda bisa memberikan bukti kutipan dari jurnal ilmiah atau buku ilmiah.

Pertanyaanya berapa jumlah kutipan ilmiah yang baik? untuk masalah ini, ada beberapa orang beranggapan bahwa semakin banyak kutipan maka akan semakin baik. Namun menurut pendapat kami, Anda tidak perlu banyak-banyak mencantumkan kutipan namun pastikan Anda memilah setiap kalimat menjadi nyambung dan menarik, itu yang terpenting. Menggunakan kutipan dari jurnal internasional akan lebih baik.

  • Buatlah Outline Untuk Mempermudah Penulisan Latar Belakang

Banyak orang yang menganggap membuat outline dalam pembuatan skripsi dan karya ilmiah itu tidak akan ada gunanya. Padahal jika kita tahu kegunaan outline itu adalah untuk memudahkan Anda dan mengarahkan Anda agar tidak tersesat saat menulis.

Tidak hanya itu, outline juag dapat digunakan untuk penulisan latar belakang selanjutnya seperti berikut ini:

  • Masalah umum (paragraf 1-4)
  • Masalah khusus (paragraf 5-6)
  • Inti penelitian tersebut (paragraf terakhir)

Jadi, satu catatan bagi anda pada saat akan membuat contoh latar belakang adalah pastikan anda membuat latar belakang dengan tulisan seperti piramida terbalik. Maksudnya adalah anda bisa membuatnya mulai dari masalah umum dahulu, sedikit demi sedikit ke masalah khusus, yang nantinya mengarah ke inti penelitian/judul.

Nah, sekarang anda sudah tahu kan langkah-langkah untuk membuat latar belakang, maka langkah yang paling penting selanjutnya pada saat akan membuat contoh latar belakang yang baik dan benar adalah segera kerjakan sesuai langkah-langkah yang sudah saya tuliskan.

Demikian pengertian dan cara membuat contoh latar belakang khususnya untuk skripsi dan karya ilmiah. Semoga bisa membantu, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Cara Membuat dan Contoh Latar Belakang Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel