Pengertian Budaya Politik, Jenis dan Cirinya

www.pengertianteksprosedur.com - Pada artikel ini kami akan menulis dan membahas apa itu Pengertian Budaya Politik dan Jenis, Cirinya. Indonesia adalah salah satu negara yang menganut sistem demokrasi, untuk itu penting bagi masyarakat indonesia untuk paham dan mengerti budaya politik karena tujuannya ialah rakyat ikut terlibat dalam struktur politik.

Pengertian Budaya Politik, Jenis dan Cirinya


Keikutsertaan rakyat dalam negara mencerminkan bentuk dari sistem politik, dan lebih memacu kepahaman yang dapat memberikan pengaruh kepada budaya politik di suatu sistem politik di masyarakat.

Budaya politik dan masyakarakat sangat erat kaitannya termasuk ekonomi, agama, sosial dan kehidupan sehari-hari.

Budaya Politik Menurut Ahlinya

Para ahli mempunyai pengertian yang berbeda-beda

- Larry Diamond
Suatu keyakinan, ide, nilai, sikap, sentimen dan evaluasi suatu masyarakat tentang sistem politik negeri mereka dan peran individu masing-masing dalam sistem itu.

- Samuel Beer
Budaya politik menurutnya Menuru Rusadi Kantaprawira budaya politik ialah suatu persepsi masyarakat pada setiap pola sikap terhadap berbagai masalah politik yang dibawa ke dalam bentuk struktur politik pemerintahan dan masyarakat, karena sistem politik ialah suatu interelasi antara masyarakat yang menyangkut soal wewenang, kekuasaan dan aturan.

- Miriam Budiardjo
Budaya politik menurutnya merupakan keseluruhan dari sudut pandang politik yang mempengaruhi sikap seperti norma, pola pada orientasi politik terhadap sudut pandang kehidupan secara umumnya.

- Robert Dahl
Budaya politik Menurutnya merupakan sebuah aspek-aspek politik dari sebuah sistem nilai-nilai yang terdiri dari atas adat istiadat, mitos, pengetahuan dan ide. Semua aspek tersebut diakui sebagain besar oleh seluruh lapisan masyarakat.

- Gabriel A. Almond & G. Bingham Powell, Jr.
Budaya Politik menurutnya merupakan ulasan nilai-nilai keyakinan, sikap dan keterampilan bagi seluruh lapisan masyarakat yang terdapat pola-pola khusus dibagian lapisan masyarakat.

- Rusadi Kantaprawira
Budaya politik merupakan sebuah pandangan masyarakat pada setiap pola sikap terhadap berbagai masalah politik yang dibawa ke dalam bentuk struktur politik pemerintahan dan masyarakat, karena sistem politik ialah suatu interelasi antara masyarakat yang menyangkut soal wewenang, kekuasaan dan aturan.

Budaya Politik terbagi menjadi 3 (tiga) jenis bagian yaitu :

1. Budaya Politik Parokial
Merupakan sebuah budaya politik dimana tingkat keterlibatan dalam berpolitik sangat kurang dan rendah, karena pada dasarnya masyarakatnya masih tradisional dalam kehidupan dan istiadatnya.

2. Budaya Politik Kaula
Merupakan sebuah budaya politik yang mana kelangsungan kehidupan masyarakatnya sudah cenderung maju dalam konteks ekonomi dan sosialnya, walaupun umumnya masyarakat kurang aktif tetapi masalah peraturan perundang-undangan sangat patuh.

3. Budaya Politik Partisipan
Merupakan budaya politik yang mana masyarakatnya mempunyai kesadaran berpolitik yang bagus, meskipun sekalanya kecil namun keterlibatan mereka dalam berpolitik sangat berpengaruh secara langsung.

Ciri-ciri Budaya Politik terbagi beberapa bagian yatitu :

  • Adanya oknum yang melakukan pengaturan kekuasaan di pemerintahan, baik itu di pusat atau di daerah.
  • Adannya sebagian kebijakan yang dibuat oleh pemerintah pusat.
  • Pola perilaku para pejabat dan aparat pemerintah suatu negara.
  • Sering terjadi gejolak di masyarakat dalam konteks kekuasaan pemerintah.
  • Setiap kekuasan pemerintah terjadi gejolak dan tidak terdapat gejolak dalam menyingkapi kekuasaan.
  • Adanya political culture tentang problem legitimasi.


Demikian informasi dan pengertian budaya politik dan jenisnya, Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Budaya Politik, Jenis dan Cirinya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel