Pengertian Alat Musik Melodis, Jenis dan Contoh Alat Musik Melodis Berdasarkan Cara Memainkannya

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Seperti yang kita tahu, dunia music pada saat ini juga ikut berkembang seiring perkembangan zaman dan teknologi. Jika dahulu hanya menggunakan alat music tradisional, pada saat ini sudah banyak sekali jenis alat music yang dapat kita temui. Misalnya seperti alat musik musik ritmis, alat musik harmonis dan alat musik melodis yang sudah mewarnai dunia musik hingga saat ini.

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pengertian dan juga contoh alat musik melodis serta cara memainkannya. Langsung saja yuk kita bahas ulasannya berikut ini.

Pengertian Alat Musik Melodis

Pengertian alat musik melodis sendiri merupakan suatu alat music yang dapat membunyikan melodi pada irama lagu. Namun, pada umumnya alat musik melodis itu sendiri tidak dapat menghasilkan suara cord dengan sendirinya. Hal ini karena nada yang dikeluarkan oleh alat musik melodis adalah  nada do, re, mi, fa, sol, la, dan si yang merupakan nada tinggi ataupun nada rendah saja.

Pengertian Alat Musik Melodis, Jenis dan Contoh Alat Musik Melodis Berdasarkan Cara Memainkannya

Oleh karena itu, untuk menambah irama yang dikeluarkan dari alat musik melodis biasanya perlu dilengkapi dengan alat musik ritmis dan harmonis terlebih dahulu. Hal ini akan menambah keindahan alat musik melodis. Untuk fungsi dan kegunaannya, alat musik melodis pada umumnya memiliki kegunaan sebagai penentu dalam sebuah musik atau lagu.

Jenis dan Contoh Alat Musik Melodis Berdasarkan Cara Memainkannya

Ada banyak jenis dan macam-macam alat melodis contonya seperti alat musik melodis yang berkesan tradisional, alat musik melodis yang berkesan modern, dan alat musik melodis yang lainnya. Semua jenis alat musik melodis tersebut memiliki cara memainkannya masing-masing.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut akan kami jelaskan beberapa alat musik melodis berdasarkan cara memainkannya.

Alat Musik Melodis yang Dimainkan dengan Cara diPetik
Pertama, kami akan menjelaskan mengenai contoh alat music melodis yang dapat dimainkan dengan cara di petik. Berikut alat musik melodis yang dapat dipetik antara lain mandolin, kecapi, gitar dan sasando.

  • Gitar

Alat musik melodis yang dimainkan dengan cara dipetik yang pertama adalah gitar. Kami yakin anda sudah pasti tahu dengan alat musik yang satu ini. Gitar merupakan salah satu jenis alat musik melodis yang dimainkan dengan cara dipetik. Bagian pada gitar yang dipetik adalah bagian senarnya.

Gitar merupakan alat musik yang paling diminati oleh semua kalangan karena gitar merupakan alat music yang dianggap memiliki nada yang bagus dan juga memiliki kesan romantis. Jadi, tak heran jika banyak anak muda saat ini yang memainkan gitar sebagai alat musik favorit.

  • Mandolin

Alat musik melodis kedua yang dapat dimainkan dengan cara dipetik adalah Mandolin. Mandolin merupakan alat musik yang cara memainkannya sama dengan gitar, yang membedakannya hanyalah jumlah senarnya. Mandolin memiliki senar yang jumlahnya lebih banyak dari pada senar pada gitar.

Mandolin memiliki banyak sekali fungsi mulai dari sebagai alat musik untuk mengiringi tarian rudat, mengiringi berbagai macam tarian lagu tradisional, dan juga memiliki peranan yang sangat penting untuk di kombinasikan dengan berbagai macam alat musik yang lainnya.

  • Kecapi

Alat musik melodis yang berikutnya adalah kecapi atau dikenal dengan sebutan Ghuzeng yang merupakan salah satu alat musik yang berasal dari negara Tiongkok. Kecapi sering digunakan untuk mengiringi tembang tembang daerah Sunda di negara kita Indonesia.

Tidak hanya itu, kecapi juga memiliki fungsi untuk mengiringi berbagai jenis lagu yang lainnya seperti lagu dangdut, pop, religi, dan lain sebagainya.

  • Sasando

Sasando adalah alat musik melodis berikutnya yang dapat dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini berasal dari Nusa Tenggara Timur, tepatnya di pulau Rote. Nama sasando sendiri memiliki arti bergetar atau berbunyi. Sasando terdiri dari 3 jenis yakni sasando biola, sasando gong, dan sasando elektrik.

Alat Musik Melodis yang Dimainkan dengan Cara di Tiup

Berikutnya kami akan menjelaskan mengenai alat  musik melodis yang dapat dimainkan dengan cara ditiup. Berikut beberapa alat musik melodis tersebut.

  • Seruling

Seruling merupakan alat musik melodis yang dapat dibunyikan dengan cara ditiup. Cara memainkan seruling sebenarnya sangat mudah, Anda hanya perlu meniupnya saja. Biasanya seruling akan dikombinasikan dengan alat musik yang lainnya sebagai alat musik melodis. Hal ini karena seruling adalah alat musik yang dapat mengeluarkan nada maupun notasi yang sangat indah, oleh karena itu seruling dikategorikan sebagai alat musik melodis yang modern.

  • Pianika

Alat musik melodis yang dimainkan dengan cara ditiup berikutnya adalah pianikan yang memiliki ukuran kecil semacam harmonica. Namun, yang membedakannya adalah pianika memakai beberapa bilah keyboard, untuk setiap keyboardnya mempunyai luasnya kira kira tiga oktaf.

Pada umumnya pianika dimainkan dengan cara ditiup atau bisa juga ditiup dengan memakai pipa lentur berwarna putih yang dihubungkan ke mulut seorang peniup. Anda bisa menggunakan pianika untuk memainkan melodi pokok misalnya seperti kontra melodi, dan bila memungkinkan pianika dapat juga digunakan untuk mengiringi lagu-lagu.

Alat Musik Melodis yang Dimainkan dengan Cara di Tekan

Berikutnya kami akan menjelaskan mengenai beberapa alat musik melodis yang dapat dimainkan dengan cara ditekan. Berikut beberapa alat musik melodis tersebut.

  • Akorden

Alat musik melodis yang dapat dimainkan dengan cara ditekan yang pertama adalah alat musik akorden. Alat musik ini adalah sebuah alat musik yang memiliki bentuk seperti organ dna cara memainkannya adalah dengan cara memompanya di bagian badan. Akorden merupakan alat musik melodis modern.

Alat musik melodis ini berasal dari Sumatera Selatan. Secara umum banyak orang yang menggunakan alat musik ini sebagai irama dalam mengiringi musik religi, modern dan lain sebagainya.

Akorden terdiri dari 4 jenis yakni akorden diantonic, akorden berwarna, akorden concertinas, dan yang terakhir akorden piano.

  • Piano

Alat musik melodis yang berikutnya adalah piano yang merupakan alat musik tradisional yang memiliki variasi harga yang sangat mahal. Tidak semua orang memiliki alat musik melodis yang satu ini karena biasanya hanya diimiliki oleh kalangan tertentu saja yakni kalangan menengan ke atas.

Alat Musik Melodis yang Dimainkan dengan Cara di Goyang

Selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai alat musik melodis yang dapat dimainkan dengan cara digoyang.

Alat musik melodis yang dimainkan dengan cara digoyang yang pertama adalah angklung. Alat musik melodis ini merupakan alat musik tradisional yang memiliki nada ganda. Angklung berkembang pesat dalam masyarakat Sunda di Pulau Jawa bagian barat da nada juga di sebagian pulau Bali.

Alat musik melodis yang satu ini terbuat dari bambu yang memiliki bentuk seperti organ tubuh manusia. Sebagai pemilik nada melodis, angklung biasanya akan dimainkan dengan cara digoyangkan. Bunyi melodis yang dihasilkan terjadi karena  adanya benturan antar badan pipa bambu sehingga menghasilkan berbagai macam bunyi yang bergetar.

Alat musik Melodis yang dimainkan dengan cara digesek

Alat musik melodis yang dapat dimainkan dengan cara digesek adalah biola. Berikut penjelasannya.

Biola adalah alat musik melodis yang memiliki dawai seperti gitar, namun cara memainkannya berbeda dengan gitar yakni dapat dimainkan dengan cara digesek. Untuk menghasikan nada dan bunyi melodis, Anda bisa menggunakan alat gesek biola yang mana setiap senar yang ada dalam biola terdiri dari beberapa nada berbeda yakni 4 nada yaitu  G-D-A-E yang sengaja diatur secara berbeda.

Alat Musik Melodis yang Dimainkan dengan cara di Hisap
Selanjutnya mengenai alat musik melodis yang dapat dimainkan dengan cara dihisap yaitu harmonica.

Harmonika merupakan alat musik melodis tradisional yang dapat dibunyikan dengan cara menghisap dan meniup bagian lubangnya. Harmonica terdiri dari 5 jenis yakni harmonica tremolo, chord, diatonic, kromatik, bass.

Alat Musik Melodis yang Dimainkan dengan Cara di Pukul

Bonang adlalah alat musik melodis yang dapat dipukul, alat musik ini berasal dari pulau Bali dan pulau Jawa. Biasanya bonang sebagai alat musik melodis digunakan dalam berbagai macam acara seperti  untuk memeriahkan pagelaran wayang dan berbagai upacara adat pulau Jawa dan pulau Bali yang lainnya.

Alat musik melodis yang satu ini dapat berbunyi jika dimainkan dengan cara dipukul atau menabuhnya pada bagian atas yang terlihat menonjol.

Itulah informasi mengenai pengertian dan contoh alat musik melodis yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Alat Musik Melodis, Jenis dan Contoh Alat Musik Melodis Berdasarkan Cara Memainkannya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel