Memahami Apa Itu Seni Rupa Murni, Fungsi, Jenis dan Contohnya

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Seni merupakan segala hal yang diciptakan oleh manusia yang mana memiliki nilai keindahan. Tidak hanya itu seni juga dapat membantu membangkitkan semangat serta perasaan bahagia seseorang. Nah, ilmu seni sendiri memiliki banyak cabang salah satunya adalah seni rupa.

Memahami Apa Itu Seni Rupa Murni, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Pastinya kita sudah sering mendengar istilah seni rupa. Secara umum seni rupa dibagi menjadi dua bagian yakni seni rupa murni dan kedua adalah seni rupa terapan. Kedua jenis seni rupa ini berbeda, yang mana seni rupa terapan adalah suatu bentuk karya seni yang mengunggulkan sisi fungsi praktis tanpa menghilangkan sisi keindahannya. Sedangkan pengertian seni rupa murni adalaha kebalikan dari definisi seni rupa terapan tersebut.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai apa itu seni rupa murni, berikut akan kami jelaskan kepada anda semua mulai dari pengertian hingga contoh seni rupa murni untuk menambah wawasan Anda tentang seni rupa murni. Langsung saja mari kita simak ulasannya.

Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa murni merupakan salah satu hasil dan bentuk dari seni rupa yang mana dalam proses pembuatannya akan menghasilkan suatu karya yang berfungsi untuk dinikmati oleh manusia dari sisi keindahan ataupun dari sisi estetikanya.

Karya seni rupa murni memiliki kesan lebih mementingkan sisi keindahan dibandingkan dengan pertimbangan praktis atau guna. Hal inilah yang menjadi pembeda antara karya seni rupa murni dengan seni rupa terapan.

Seni rupa murni menurut sejarahnya sebenarnya sudah ada sejak zaman pra sejarah dan orang-orang dahulu membuatnya memakai sejenis cat alami atau getah pohon. Lalu kemudian mereka membentuknya menggunakan tangan lalu ditempel pada sebuah batu atau media datar lainnya.

Jadi, dari contoh yang sudah disebutkan diatas maka dapat disimpulkan bahwa sebuah karya seni memang sudah ada sejak dahulu dan menunjukkan bahwa hakikat dari seni memang sangat berkaitan dengan hal-hal yang indah dan menarik.

Fungsi Seni Rupa Secara Umum

Sebelum membahas mengenai contoh seni rupa murni, kami akan menjelaskan mengenai fungsi seni rupa secara umum. Berikut beberapa fungsi seni rupa yang ada di sekitar kita secara umum.

  • Fungsi sebagai sarana komunikasi

Fungsi dari seni rupa murni yang pertama adalah sebagai sarana untuk berkomunikasi. Dalam hal ini  karya seni memang menjadi suatu media yang sangat mudah untuk digunakan untuk menyampaikan suatu hal.

  • Seni sebagai kebutuhan emosional

Fungsi seni rupa murni yang kedua adalah sebagai kebutuhan emosinal. Seperti yang kita ketahui bahwa bahwa manusia memiliki banyak sekali sifat emosi, misalnya marah, sedih, ,malas, senang dan lain sebagainya.

Jadi, peran seni rupa dalam hal ini sangat penting  untuk dijadikan sebagai sarana menjadikan sebuah perasaan manusia yang sedang bergejolak atau tidak stabil menjadi perasaan yang senang dan bahagia karena efek dari keindahan seni tersebut. Contohnya saja pada saat sedih lalu kemudian kita melihat lukisan yang indah dan menawan maka hal tersebut akan mendorong perasaan tenang dan nyaman tersendiri dalam hati.

  • Seni rupa sebagai sarana edukasi

Seni rupa sebagai sarana edukasi dalam hal ini digunakan sebagia salah satu solusi untuk sarana pendidikan bagi seseorang. Hal ini karena secara tidak langsung seni dapat menyampaik suatu informasi baik informasi secara tersirat ataupun yang tersurat.

Jenis jenis Seni Rupa Murni Berdasarkan Wujud dan Bentuknya

Pada umumnya semua bentuk seni rupa terutama seni rupa murni terdiri dari beberapa jenis yang dapat dilihat dari segi bentuk dan juga wujudnya. Seni rupa murni ini pada umumnya terdiri dari dua bentuk yakni seni rupa murni dua dimensi dan seni rupa murni tiga dimensi. Untuk lebih jelasnya berikut akan kami jelaskan mengenai masing-masing jenis seni rupa murni berdasarkan bentuk dan wujudnya.

  • Seni rupa 3 dimensi

Seni rupa murni tiga dimensi merupakan bentuk dari seni rupa yang mana unsur pembentuknya terdiri dari tiga jenis yakni panjang, lebar dan juga tinggi.Ketiga unsur tersebut kemudian akan membentuk suatu volume atau isi yang bisa dijadikan sebagai seni rupa murni terbaik dan akan terlihat indah jika dilihat dari semua arah.

Dalam pembuatannya seni rupa murni tiga dimensi ini memang memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan dengan seni rupa dua dimensi. Namun, dalam segi keindahannya seni rupa murni memiliki kesan yang sangat indah dibandingkan dengan seni rupa dua dimensi.

  • Seni rupa 2 dimensi

Jenis seni rupa murni yang selanjutnya adalah seni rupa murni dua dimensi. Seni rupa dua dimensi berbeda dengan jenis seni rupa 3 dimensi. Perbedaannya terletak pada  susunan dan bentuknya, yang mana seni rupa 2 dimensi tersusun dari dua unsur saja, yaitu panjang dan lebar. Oleh karena itu, seni rupa ini hanya dapat dilihat dari arah tertentu saja. Namun dalam segi kreatifitas, seni rupa dua dimensi biasanya akan memiliki media karya seni ini yang nantinya akan mendapatkan sebuah apresiasi.

Contoh Seni Rupa Murni

Setelah anda mengetahui pengertian, fungsi dan jenis seni rupa murni. Selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai contoh seni rupa murni agar anda dapat dengan mudah membedakan antara satu dengan yang lainnya. Berikut contoh seni rupa murni yang dapat anda ketahui.

  • Seni lukis

Seni lukis merupakan salah satu contoh seni rupa murni dua dimensi yang menggunakan kanvas sebagai medianya. Bentuknya yang  indah memiliki daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang melihatnya. Oleh karena itu, tak heran jika hingga hari ini peminat seni lukis masih sangat banyak sekali. Salah satu seni lukis yang sangat terkenal adalah lukisan monalisa karya Leonardo Davinci.

  • Seni grafis

Contoh seni rupa murni yang selanjutnya adalah seni grafis. Seni grfis merupakan salah satu contoh dari seni rupa murni dua dimensi dan media yang digunakan biasanya adalah kertas. Cara membuat seni rupa grafis biasanya dengan seni cetak atau printing.

Contoh dari seni grafis diantaranya adalah berbagai karya seperti spanduk, stempel, banner, dan berbagai jenis seni grafis yang lain.

  • Seni fotografi

Contoh seni rupa murni yang berikut adalah seni fotografi yakni salah satu bentuk karya seni yang memakai suatu alat bantu khusus berupa sebuah kamera. Seni rupa ini memiliki tujuan untuk mengabadikan momen yang berharga.

  • Seni koreografi

Seni koreografi juga termasuk ke dalam jenis seni rupa murni. Seni koreografi merupakan salah satu seni koreografi adalah sebuah seni yang memiliki tujuan untuk menciptakan atau bisa juga mengubah jenis tarian menjadi sebuah gerakan utuh yang sangat menarik dan menyenangkan banyak orang.

  • Seni kaligrafi

Conroh seni rupa murni yang selanjutnya adalah seni kaligrafi yang merupakan salah satu jenis seni berupa akulturasi penulisan yang bagus menggunakan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang menjadi kitab suci umat Islam. Biasanya jenis seni ini banyak digunakan untuk kepentingan ketika akan menghias masjid atau tempat ibadah serta rumah-rumah, sekolah dan lain sebagainya.

  • Seni pahat

Seni pahat merupakan salah satu jenis seni rupa murni 3 dimensi. Media yang digunakan dalam seni pahat adalah kayu dan juga batu. Contoh karya seni pahat dalam bentuk kerajinan adalah patung.

  • Seni ukir

Contoh seni rupa murni yang satu ini merupakan jenis seni khas Indonesia dengan nuansa klasik dan sangat memukau. Seni ukir biasanya menggunakan kayu sebagai medianya. Salah satu seni ukir yang terkenal adalah seni ukir khas Jepara dan juga Papua yang terkenal khas.

  • Seni keramik

Seni keramik merupakan salah satu jenis seni yang terbuat dari tanah yang dibentuk dengan sangat indah, lalu dilakukan proses pembakaran agar keramik lebih keras dan juga lebih cantik. Pada umumnya, para seniman yang membuat seni keramik ini akan menggabungkan warna dari berbagai jenis tanah untuk membuat warna yang cantik dan menarik, namun ada juga seniman yang melakukan pewarnaan manual.

  • Seni mozaik

Contoh seni rupa murni yang terakhir adalah seni rupa mozaik yang dibuat dengan menggunakan berbagai bahan mulai dari potongan kertas, kaca ataupun keramik yang disusun menjadi sebuah bentuk indah dan juga untuk memberikan nilai karya seni yang tinggi.

Itulah informasi mengenai pengertian hingga contoh seni rupa murni. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan anda. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Memahami Apa Itu Seni Rupa Murni, Fungsi, Jenis dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel