Manfaat ASEAN untuk Bangsa Indonesia dan Anggota Negara ASEAN Lainnya

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Dalam pelajaran IPS dan PKN tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan kata ASEAN. ASEAN yang memiliki kepanjangan Asosiation of South East Asia adalah suatu organisasi yang dibentuk karena dasar perasaan senasib dan sepenanggungan yang ada diantara Negara-negara Asia. Maksud dari kata senasib dan sepenanggungn adalah Negara-negara yang memiliki persamaan geografis, budaya, persamaan nasib pernah dijajah oleh bangsa asing dan persamaan lainnya.

Manfaat ASEAN untuk Bangsa Indonesia dan Anggota Negara ASEAN Lainnya

Ternyata didirikannya organisasi ini tidak serta merta dijadikan sebagai wadah untuk mengumpulkan Negara yang memiliki nasib yang sama saja. Akan tetapi dibentuk dengan tujuan agar memberikan manfaat pada semua Negara yang bergabung. Lalu apa saja manfaat ASEAN khususnya untuk Indonesia? berikut akan kami bahas mengenai beberapa manfaat ASEAN untuk bangsa Indonesia yang harus Anda ketahui.

Manfaat ASEAN untuk Bangsa Indonesia

Sebenarnya ada banyak manfaat ASEAN untuk negara indonesia jika dilihat dari berbagai macam aspeknya. Hal inilah yang menjadi alasan bangsa  Indonesia menjadi salah satu pendiri dan juga termasuk anggota dari ASEAN.

Adanya ASEAN untuk bangsa Indonesia sangat memberikan dampak positif untuk Negara kita tercinta ini. Oleh karena itu sejak berdirinya ASEAN, Indonesia tidak pernah lepas atau keluar dari ASEAN berbeda dengan keberadaan Indonesia di PBB yang mana pada saat itu Indonesia sempat keluar dari keanggotaan PBB.

Lalu apa saja sih manfaat ASEAN untuk bangsa Indonesia? berikut beberapa manfaat ASEAN bagi bangsa Indonesia.

  • Dalam Bidang Ekonomi

Keberadaan Indonesia sebagai anggota ASEAN memberikan dampak positif salah satunya yakni di sektor ekonomi. Hal ini akan mendukung terjadinya hubungan perdagangan baik perdagangan ekspor dan impor antara Indonesia dengan negara-negara ASEAN lainnya.

Tidak hanya dapat melakukan ekspor-impor, Indonesia juga mendapatkan modal atau dana investasi dari negara-negara ASEAN lainnya yang digunakan sebagai dana untuk pembangunan.

  • Dalam Bidang Politik

Jika dilihat dari bidang politik, keberadaan Indonesia di ASEAN ini menyebabkan negara-negara dikawasan Asia Tenggara sudah mengakui kedaulatan negara Indonesia, bahkan mereka juga tidak memiliki keberanian dalam melakukan intervensi politik kepada negara ini. Dengan begitu maka adanya ancaman yang bisa datang ke Indonesia dapat ditekan atau diminimalisir. Tidak hanya itu, bahkan Negara lain juga sudah mengakui dan menghormati sistem politik dalam dan luar negeri Indonesia.

  • Dalam Bidang Sosial

Dilihat dari bidang sosial, manfaat ASEAN untuk Indoensia adalah adanya uluran tanagn atau bantuan dari anggota Negara  ASEAN yang lainnya. Contohnya pada saat terjadinya tsunami di Aceh pada saat itu beberapa negara ASEAN telah memberikan bantuan kepada Negara Indonesia baik berupa moril maupun juga materi. Bahkan setelah itu, ada banyak kejadian memilukan di Indonesia lainnya yang juga telah banyak dibantu oleh negara-negara ASEAN lainnya.

  • Dalam Bidang Budaya

Dilihat dari bidang budaya, keberadaan Indonesia sebagai anggota ASEAN memiliki manfaat dibidang pendidikan.  Adanya program pertukaran pelajar adalah salah satu dari sekian banyak manfaat kehadiran ASEAN untuk Indonesia.

Dengan banyaknya pelajar-pelajar Indonesia yang telah menuntut ilmu di negara-negara tetangga secara tidak langsung akan berdampak pada kebudayaan Indonesia yang semakin dikenal. Misalnya kegiatan pementasan atau pertunjukan kesenian-kesenian atau kebudayaan-kebudayaan Indonesia yang dilakukan oleh para pelajar Indonesia di Negara-negara Asia Tenggara.

Peranan Indonesia Dalam ASEAN

Lalu setelah ada banyak manfaat ASEAN yang diterima oleh bangsa Indonesia, apa peranan Indonesia dalam ASEAN? Untuk mengetahui jawabannya langsung saja mari kita simak ulasan peranan Indonesia dalam ASEAN berikut ini.

Secara umum ASEAN merupakan suatu kerjasama regional antar negara Asia Tenggara di beberapa bidang seperti di bidang ekonomi, politik, pariwisata, pertahanan dan keamanan, pendidikan dan sosial budaya. Berikut penjelasan secara lebih lengkapnya.

  • Peranan ASEAN dalam Ekonomi

Peranan Indonesia dalam ASEAN yang pertama adalah sebagai tempat pembuatan pupuk se-ASEAN. Pembuatan pupuk yang paling besar adalah di Aceh yang nantinya pupuk yang dihasilkan tersebut akan digunakan negara-negara ASEAN. Dengan begitu secara otomatis Indonesia akan mendapatkan keuntungan dan juga bisa mengurangi pengangguran di Indonesia.

  • Peranan ASEAN dalam bidang politik

Pada saat Negara Indonesia mengikuti kerjasama regional maka secara tidak langsung Negara kita akan lebih dihormati oleh negara lain. Contohnya seperti kerjasama regional yang dilakukan di eropa ataupun timur tengah.

  • Peranan dalam bidang Pariwisata

Dalam bidang pariwisatanya negara ASEAN memang sangat subur, terutama Negara Singapura, Thailand, Malaysia dan juga Indonesia. Bahkan rata-rata pengunjung pariwisata di negara ASEAN adalah warga negara anggota ASEAN sendiri yang lainnya. Contohnya misalnya pariwisata Jogja yang rata-rata touristnya adalah tourist malaysia, begitu juga dengan Singapura yang rata-rata touristnya adalah orang Malaysia dan Indonesia.

  • Peranan ASEAN dalam bidang Pertahanan dan Keamanan

Dibidang pertahan dan keamanan, ASEAN memiliki peranan yang sangat penting misalnya seperti pada saat AL-TNI sering melakukan latihan bersama dengan Singapura . Dengan begitu hal ini akan membuktikan pada dunia bahwa militer Indonesia masih kuat. Bahkan Indonesia juga melakukan perjanjian Ekstradisi di semua negara ASEAN.

  • Peranan dalam bidang pendidikan, Sosial dan Budaya

Dilihat dari bidang pendidikan, sosial dan budaya manfaat ASEAN yang paling terasa dan dapat dilihat adalah seringnya melakukan pertukaran mahasiswa dengan Negara ASEAN lainnya, begitu juga dengan pementasan karya seninya.

Peran dan Manfaat ASEAN Bagi Anggotanya

Manfaat ASEAN tidak hanya dapat dirasakan oleh Indonesia saja, namun juga dapat dirasakan oleh Negara anggota yang lainnya. Berikut beberapa manfaat ASEAN bagi anggota-anggotanya.

  • Mewujudkan Proses Demokratis Bagi Negara Anggotanya

Manfaat ASEAN yang pertama adalah ASEAN dapat mewujudkan proses demokratis bagi Negara anggotanya. Contohnya penanganan kasus demokrasi yang terjadi di Myanmar. Hal tersebut mereka sikapi dengan memberikan penawaran ASEAN untuk mengirimkan tim pemantau ASEAN selama pemilu yang berlangsung di negara itu, pada bulan April lalu. Dan pemerintah Myanmar pun menerima dengan baik hal tersebut.

  • Upaya Mengatasi Kemiskinan Negara Anggotanya

Tidak hanya itum ASEAN juga memiliki peranan yang sangat penting bagi masyarakat negara anggota, salah satunya adalah upaya mengatasi kemiskinan yaitu dengan dilakukan melalui berbagai program pemberdayaan masyarakat yang lebih melibatkan sebanyak mungkin keikutsertaan masyarakat.

Upaya yang dilakukan oleh ASEAN salah satunya adalah meningkatkan kemudahan masyarakat untuk mendapatkan informasi, komunikasi, layanan sosial, dan pemanfaatan teknologi.

  • Memajukan dan Melestarikan Budaya di Asia Tenggara

Manfaat ASEAN bagi anggotanya yang selanjutnya adalah beberapa Negara anggota ASEAN yang bekerja sama memiliki tujuan yang sama yakni untuk memajukan dan melestarikan warisan budaya di kawasan Asia Tenggara.

Hal ini diwujudkan dengan dilakukannya kerja sama melalui proyek-proyek kebudayaan di bawah Sub-Komite Kebudayaan ASEAN. Beberapa kerja sama yang telah dilakukan antara lain adalah adanya penelitian, pendokumentasian, ataupun produksi bersama tentang seni pertunjukan asli yang berkaitan dengan keanekaragaman budaya di Asia Tenggara.

Itulah informasi mengenai beberapa manfaat ASEAN baik bagi Indonesia dan juga para Negara sebagai anggota ASEAN yang lainnya. Sekian, semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat ASEAN untuk Bangsa Indonesia dan Anggota Negara ASEAN Lainnya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel