Macam Macam Majas, Pengertian dan Contohnya Lengkap

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pengertian, macam macam majas dan juga contohnya. Namun, sebelum membahas mengenai macam-macam majas kami akan menjelaskan pengertian majas terlebih dahulu agar Anda lebih paham lagi apa itu majas dan juga contohnya. Langsung saja mari kita simak ulasannya berikut ini.

Macam Macam Majas, Pengertian dan Contohnya Lengkap

Pengertian Majas

Apa itu majas? Pengertian majas menurut Slamet Muljana adalah suatu susunan perkataan yang terjadi karena munculnya perasaan dalam hati penulis, yang mana hal ini akan menimbulkan perasaan tertentu bagi pembacanya nantinya.

Pengertian majas yang lainnya adalah majas disebut juga sebagai suatu  gaya bahasa. Gaya bahasa disini maksudnya adalah gaya bahasa seseorang yang akan mengungkapkannya perasaannya baik secara lisan ataupun tulisan. Biasanya pengunaan majas ini banyak kita jumpai dalam karya- karya sastra dari beberapa sastrawan misalnya seperti puisi, cerita pendek atau cerpen, novel, atau pun drama.

Macam macam Majas

Macam macam majas secara garis besar dilihat dari gaya bahasanya dibagi menjadi empat jenis majas yakni majas penegasan, majas perbandingan, majas pertentangan, dan majas sindiran. Untuk lebih jelasnya berikut akan kami jelaskan macam macam majas dan contohnya.

Majas Perbandingan
Majas perbandingan dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Berikut macam macam majas perbandingan dan juga contohnya.

  • Majas personifikasi beserta contoh kalimatnya

Majas personifikasi adalah jenis majas yang  menggambarkan suatu  benda mati atau barang- barang yang tidak berjiwa, namun seakan- akan benda mati yang diibaratkan sebagai manusia ini memiliki sifat layaknya manusia.

Contoh majas personifikasi ini dapat anda lihat di bait-bait puisi karya Amir Hamzah yang berjudul Nyanyi Sunyi dan juga puisi karya  Chairil Anwar yang berjudul Deru Campur Debu.

  • Majas metafora beserta contoh kalimatnya

Macam macam majas perbandingan yang lainnya adalah majas metafora. Majas yang stau ini merupakan majas yang membandingkan tentang dua benda berbeda secara singkat

Contoh majas perbandingan metafora dapat anda lihat di puisi yang berjudul Dewa telah mati dan katekhisasi karya Subagio Sastrowardjojo.

  • Majas simbolik beserta contoh kalimatnya

Jenis majas yang berikutnya adalah majas simbolik  yang merupakan majas simbol ataupun lambang dalam menyampaikan suatu maksud. Contoh majas ini adalah banyak tikus berkeliaran di gedung dan kantor wakil rakyat. (tikus yang dimaksud disini adalah simbol bagi para koruptor)

  • Majas Alegori dan Contoh Kalimatnya

Jenis atau macam majas yang berikutnya adalah majas alegori yang biasanya mengungkapkan satu hal melalui kiasan atau gambaran. Contoh majas ini dapat anda temukan di puisi yang berjudul teratai karya Sanusi Pane.

  • Majas simile beserta contoh kalimatnya

Majas simile merupakan jenis majas perbandingan yang biasanya ditandai dengan  kata depan dan penghubung misalanya seperti kata layaknya. Ibarat, bagaikan, seperti, bagai, seumpama. Contoh majas simile yang dapat digunakan misalnya “Cara berjalan orang itu bak putri keraton”.

  • Majas  Alusio beserta contoh kalimatnya

Majas alusio merupakan jenis majas yang biasanya kata-katany akan berusaha mensugestikan kesamaan antara orang, tempat, atau peristiwa. Contohnya seperti “Semoga di masa depan akan terlahir Maradona- maradona baru dari sekolah sepak bola ini”

  • Majas Sinestesia beserta contoh kalimatnya

Majas sinestesia adalah jenis majas yang biasanya mempertukarkan dua indera yang berbeda. Contohnya seperti “Kamu terlihat manis ketika mengenakan kebaya”. Maksud kata manis disini adalah indera pengecapan bertukar dengan indera penglihatan.

  • Majas metonimia Beserta contoh kalimatnya

Majas metonimia adalah jenis majas yang biasanya menggunakan nama merk atau atribut tertentu untuk menyebut suatu benda. Contoh majas metonimia adalah “Perkataannya lebih tajam, dari mata pedang”.

  • Majas sinekdoke beserta contoh kalimatnya

Majas sinekdode adalah jenis majas yang biasanya menyebutkan sebagian, namun yang dimaksud adalah seluruh bagian atau bahkan sebaliknya. Majas sinekdode di bagi lagi menjadi dua jenis yakni majas pars pro toto (sebagian untuk seluruh) dan juga totem pro parte (seluruh untuk sebagian).

Contoh majas pro toto adalah “Rina membeli enam biji dukuh manis” sedangkan contoh majas totem pro parte adalah “pada saat ini dunia mewaspadai terjadinya badai ekonomi”.

Majas Pertentangan

Majas pertentangan terdiri dari 4 jenis.

  • Majas Antithesis beserta contohnnya

Majas Anthithesis adalah suatu majas yang biasanya akan mengungkapkan suatu maksud dengan menggunakan kata- kata yang saling berlawanan. Contoh seperti kalimat seperti sebelum memutuskan untuk melakukan suatu hal, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu akibat terbaik dan terburuknya.

  • Majas Paradoks beserta contohnya

Majas paradoks merupakan jenis majas yang mengandung pertentangan antara pernyataan dan fakta yang ada. Contohnya adalah “Ia merasa jiwanya terasa sepi di tengah hingar- bingar dunia”

  • Majas Litotes, beserta contohnya

Majas litotes adalah jenis majas yang memiliki makna fakta dengan tujuan  untuk merendahkan diri. Contoh kalimatnya misal seperti terimalah hadiah ini walaupun harganya tidak seberapa.

  • Majas Hiperbola beserta contohnya

Majas Hiperbola adalah jenis majas yang biasanya menggunakan gaya bahasa yang bersifat melebih- lebihkan suatu kenyataan. Contoh kalimatnya seperti misalnya pada saat menangis sesenggukan air matanya mengalir sangat deras bak anak sungai”.

Majas Penegasan

Macam macam majas penegasan terdiri dari 6 jenis.

  • Majas Pleonasme beserta contoh kalimatnya

Majas pleonasme adalah jeni majas untuk mengungkapkan satu pikiran atau gagasan yang di sampaikan secara berlebihan. Sehingga hal ini akan menyebabkan ada beberapa keterangan yang sekira nya kurang di butuhkan.

Contoh kalimat dari majas ini misalnya seperti kalimat saya melihat kejadian tabrak lari itu dengan mata kepala saya sendiri kemarin dan itu benar-benar terjadi.

  • Majas Repetisi beserta contoh kalimatnya

Majas repetisi adalah jenis majas yang berisi pengulangan kata, frase, atau bagian kalimat yang di anggap penting untuk memberikan penenkanan. Contoh kalimatnya dapat anda lihat di salah satu puisi Sutardji Calzoum Bachri dengan judul O. Amuk Kapal.

  • Majas Tautologi beserta contoh kalimatnya

Majas tautology adalah jenis majas yang berupa pengulangan kata dengan menggunakan sinonimnya. Contoh kalimatnya misalnya seperti ketika kejadian itu terjadi, kami tetap berada disana selama 12 jam.

  • Majas  Retorik beserta contoh kalimatnya

Majas retoris adalah jenis majas yang berguna untuk menanyakan sesuatu yang jawabannya telah terkandung dalam pertanyaan tersebut. Contoh kalimatnya adalah “siapa yang tidak butuh uang? Semua manusia butuh uang”.

  • Majas Paralelisme beserta contoh kalimatnya

Majas pararelisme adalah jenis majas yang menggunakan kata, frase, atau klausa yang mempunyai kedudukan sama atau sejajar. Contoh kalimatnya dapat dilihat di puisi karya Subagio Sastrowardo  yang berjudul Afrika Selatan.

  • Majas Klimaks beserta contoh kalimatnya

Majas Klimaks merupakan salah satu majas yang biasanya digunakan untuk mengungkapkan satu gagasan atau hal secara berturut- turut dari yang sederhana meningkat ke gagasan atau hal yang lebih kompleks.

Contoh kalimatnya adalah “ia menangis dengan meledak-ledak seperti mau pecah rongga dadanya”

Majas Sindiran

Majas sindiran terdiri dari 3 jenis yakni sebagai berikut.

  • Majas Ironi beserta contoh kalimatnya

Majas Ironi adalah salah satu macam majas sindiran yang biasanya dibuat dengan maksud untuk menyatakan suatu maksud menggunakan kata- kata yang berlainan atau bertolak dengan maksud sebenarnya. Contohnya seperti kalimat “rapot kamu bagus sekali, ada warnanya!”.

  • Majas Sarkasme beserta contoh kalimatnya

Majas sarkasme merupakan majas dengan gaya bahasa yang  menggunakan sindiran yang kasar. Contoh kalimatnya seperti “kau tahu? Mulutmu adalah harimaumu”.

  • Majas Sinisme beserta contoh kalimatnya

Majas sinisme adalah jenis majas sindiran yang berisi kata-kata kesangsian cerita mengandung ejekan terhadap keikhlasan dan ketulusan hati. Contoh kalimatnya adalah “Sudah hentikan segala bujuk rayumu karena hanya akan membuatku semakin sakit hati”.

Itulah informasi mengenai pengertian hingga macam macam majas dan contohnya. Semoga menambah wawasan Anda. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Macam Macam Majas, Pengertian dan Contohnya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel