DEMOKRASI : Pengertian dan Cirinya

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Demokrasi yakni sitem pemerintahan di mana tiap masyarakat negaranya memiliki hak sebanding dalam pengambilan ketetapan yang sudah membantu peran hidup mereka. Demokrasi mengaitkan tiap masyarakat negaranya biar berfungsi dan dalam prosedur pemerintahan, baik secara terbuka ataupun tidak terbuka.

Pengertian Demokrasi dan Cirinya

Demokrasi terbuka mengaitkan seluruh masyarakat negeri berfungsi dan langsung serta aktif dalam pengambilan syarat pemerintahan. Kala pada demokrasi perwakilan, segala rakyat lagi menggambarkan satu kedaulatan berhak tetapi kedaulatan politiknya dijalankan secara enggak terbuka melewati perwakilan.

Ciri Demokrasi


Berikut ini terdapat sebagian identitas menimpa demokrasi, ialah bagaikan berikut:

  • Pemerintahan bersumber pada kemauan serta kebutuhan rakyat banyak.
  • Karakteristik Konstitusional, yakni kondisi yang berhubungan dengan kebutuhan, kemauan, maupun kedaulatan rakyat dicatatkan dalam peratuan serta undang- undang negeri tersebut.
  • Karakteristik Perwakilan, yakni dalam menyelenggarakan negaranya, wewenang rakyat diwakilkan oleh sebagian orang yang mampu dipilih oleh rakyat itu seorang diri.
  • Karakteristik Pemilihan Universal, yakni sesuatu kegiatan politik yang dicoba buat memiliki penggalan dalam permerintahan.
  • Karakteristik Kepartaian, yakni partai jadi sarana maupun prasarana buat jadi komponen dalam pelaksaan prosedur demokrasi.
  • Karakteristik Kekuasaan, terdapatnya pengelompokan serta pelepasan kekuasaan.
  • Karakteristik Tanggung Jawab, terdapatnya tanggung jawab dari penggalan yang mampu dipilih buat dan dalam penyelenggara sesuatu prosedur demokrasi.


Macam Demokrasi

Berikut ini ada 3 berbagai berbagai demokrasi yang terdapat di Indonesia, antara lain bagaikan berikut:


Baca Artikel Lain : Pengertian Teks Prosedur


Demokrasi Bersumber pada Penyaluran Kemauan Rakyat

Bersumber pada penyaluran kemauan rakyat, ada 2 berbagai demokrsi antara lain:

  • Demokrasi Terbuka

Demokrasi terbuka yakni prosedur demokrasi yang menaati beserta segala rakyat dalam pengambilan ketetapan negeri.

  • Demokrasi Tidak Terbuka

Demokrasi enggak terbuka yakni prosedur demokrasi yang berfungsi buat mengatakan keinginan dari rakyat melewati perwakilan dari parlemen.

Demokrasi Bersumber pada Ikatan serta Keutuhan Negara

Bersumber pada ikatan serta keutuhan negeri, ada 4 berbagai demokrsi antara lain:

  • Demokrasi Perwakilan dengan Prosedur Refrendum

Demokrasi perwakilan dengan prosedur refrendum yakni prosedur demokrasi yang dimana rakyat memiliki perwakilan buat jadi diparlemen, hendak namun senantiasa didominasi oleh rakyat dengan prosedur refrendum.

  • Demokrasi Perwakilan dengan Prosedur Parlementer

Demokrasi perwakilan dengan sistem parlementer yakni prosedur demokrasi yang bermakna ada jalinan kokoh antara tubuh eksekutif serta tubuh legislatif.

  • Demokrasi Perwakilan dengan Prosedur Pelepasan Kekuasaan

Demokrasi perwakilan dengan prosedur pelepasan kekuasaan yakni prosedur demokrasi dimana kondisi antara eksekutif serta legislatif dibagi, sampai- sampai keduanya enggak berhubungan secara terbuka semacam prosedur parlementer.

  • Demokrasi Perwakilan dengan Prosedur Refrendum serta Inisiatif Rakyat

Demokrasi perwakilan dengan prosedur refrendum serta inisiatif rakyat yakni prosedur demokrasi himpunan dari demokrasi perwakilan ataupun enggak terbuka serta demokrasi secara terbuka. Dalam prosedur tersebut masih senantiasa terdapat tubuh perwakilan, namun pengawasan oleh rakyat melewati refrendum serta kepribadian obligator serta fakultatif.

Demokrasi Bersumber pada Prinsip Ideologi

Bersumber pada prinsip pandangan hidup, ada 3 berbagai demokrsi antara lain:

  • Demokrasi liberal

Demokrasi liberal yakni demokrasi bersumber pada atas hak perorangan sesuatu masyarakat negeri yang mementingkan suatu kebebasan tiap perorangan serta kerap memberikan kepentingan universal.

  • Demokrasi Rakyat

Demokrasi rakya yakni demokrasi bersumber pada atas hak pemerintah dalam sesuatu negeri yang mengalami dari komentar sosialisme serta komunisme yang membutuhkan kemauan negeri serta kemauan universal.

  • Demokrasi pancasila

Demokrasi pancasila yakni demokrasi yang bersumber pada dari ketentuan nilai sosial serta budaya bangsa Indonesia dengan bersumber pada negosiasi serta konferensi yang mementingan kepentingan universal.

Belum ada Komentar untuk "DEMOKRASI : Pengertian dan Cirinya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel