Definisi dan Pengertian Negara Kesatuan, Unsur dan Fungsi Membentuk Negara Kesatuan

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Kata "negara" digunakan oleh beberapa ahli untuk merujuk kepada negara berdaulat. Secara keseluruhan, terdapat 206 negara, dengan 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa dan 13 negara lainnya yang kedaulatannya masih diperdebatkan.

Definisi dan Pengertian Negara Kesatuan, Unsur dan Fungsi Membentuk Negara Kesatuan

Sebelum masuk ke dalam pembahasan tentang negara kesatuan, terlebih dahulu akan dibahas mengenai definisi, unsur, fungsi, tujuan dan bentuk negara.

Pengertian Negara Kesatuan

Secara etimologis, kata “Negara” berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu “Nagari” atau “Nagara” yang berarti wilayah atau penguasa. Dan pengertian  egara menurut beberapa sumber pustaka yaitu.

  • John Locke

Menurut John Locke, negara adalah suatu badan atau organisasi yang dihasilkan dari perjanjian masyarakat.

  • Prof. Soenarko

Menurut Prof. Soenarko, negara adalah suatu organisasi tertinggi dari masyarakat yang mempunyai wilayah tertentu, tempat kekuasaan negara yang kedaulatannya berlaku sepenuhnya.

  • Wikipedia dan ensiklopedia bebas

Menurut Wikipedia yang merupakan ensiklopedia bebas, negara adalah sekumpulan orang yang menempati wilayah tertentu dan diorganisasi oleh pemerintah negara yang sah, yang umumnya memiliki kedaulatan.

  • KBBI

Menurut KBBI, negara adalah 1.organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyat

Dari beberapa pengertian negara di atas, dapat disimpulkan bahwa negara adalah suatu organisasi atau lembaga tertinggi dari kelompok masyarakat yang terdiri dari sekumpulan orang di wilayah tertentu, yang memiliki cita-cita untuk hidup bersama, serta yang memiliki sistem pemerintahan berdaulat.

Unsur yang membentuk Negara Kesatuan

Terdapat beberapa unsur yang dimiliki oleh suatu negara sehingga membentuk menjadi satu kesatuan. Unsur-unsur yang membentuk negara antara lain: memiliki wilayah, terdapat penduduk/rakyat di dalamnya, memilki pemerintahan yang berdaulat, dan adanya pengakuan dari negara lain Unsur-unsur tersebut akan saling melengkapi satu sama lain.

Fungsi dari suatu Negara Kesatuan
Selain sebagai lembaga yang mewujudkan cita-cita dan harapan masyarakat, negara berfungsi untuk:

  • mengatur dan melaksanakan ketertiban dan keamanan dalam kehidupan bermasyarakat sehingga kegiatan warga negara dapat berlangsung dengan baik.
  • menciptakan kesejahteraan warga negara, khususnya di bidang ekonomi dan sosial.
  • mempertahankan dan menjamin kelangsungan hidup suatu bangsa dari berbagai ancaman, baik serangan dari dalam atau kudeta maupun serangan dari luar atau invasi.
  • menjamin keadilan sosial bagi seluruh warga negaranya dengan cara penegakan hukum melalui badan-badan peradilannya yang mencakup seluruh aspek kehidupan yaitu aspek ideologi, ekonomi, sosial budaya, politik, pertahanan dan keamanan.

Tujuan yang Ingin Dicapai oleh suatu Negara Kesatuan
Beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh suatu Negara adalah sebagai berikut.

  • memberikan perlindungan pada warga negara.
  • memajukan kesejahteraan warga negara secara umum.
  • meningkatkan kecerdasan kehidupan warga negara.
  • berpartisipasi melaksanakan ketertiban dunia.

Beberapa Bentuk Negara Selain Negara Kesatuan

Bentuk negara yang diterapkan di berbagai negara di dunia untuk saat ini, yaitu.

Negara Kesatuan atau Unitaris
Negara kesatuan adalah bentuk negara yang kekuasaan tertingginya dipegang oleh pemerintahan pusat. Bila dilihat secara hirarki, negara kesatuan adalah suatu negara yang memiliki susunan tunggal, artinya bahwa tidak ada negara lain di dalam negara tersebut. Contoh dari negara kesatuan adalah Indonesia, Kamboja, Filipina, Jepang, Italia, Belanda, Perancis, dan yang lainnya.

Negara kesatuan dibedakan menjadi dua, yaitu.

  • Sistem Sentralisasi

Pemerintah pusat mengatur segala masalah atau persoalan dalam negara. Pemerintah daerah hanya sebagai pelaksana yang bertugas menjalankan perintah dari pusat tanpa memiliki kewenangan.

  • Sistem Desentralisasi

Pemerintah daerah diberikan kewenangan dalam mengatur urusan rumah tangga sendiri atau hak otonomi sesuai kebutuhan dan berbagai peraturan tertentu ataupun. Akan tetapi pemerintah pusat tetap sebagai pemegang kekuasaan tertinggi.

Ciri-Ciri Negara Kesatuan

Adapun ciri-ciri Negara Kesatuan adalah sebagai berikut.

  • Terdiri dari satu undang-undang dasar atau konstitusi, kepala negara, dewan menteri dan dewan perwakilan rakyat.
  • Kedaulatan negara berupa kedaulatan ke dalam dan kedaulatan ke luar yang ditandatangani oleh pemerintah pusat.   
  • Tidak terdapat atau tidak memiliki badan-badan lain diluar pemerintahan yang berdaulat.
  • Hanya memiliki satu pemerintahan pusat yang bertugas untuk memegang seluruh kekuasaan pemerintah.
  • Pajak ditarik hanya oleh pemerintah pusat.
  • Adanya supremasi parlemen pusat.
  • Menganut sistem sentralistik atau dari pusat dan sistem desentralistik atau dari daerah.
  • Menggunakan satu kebijakan terhadap masalah yang dihadapi seperti pada bidang ekonomi, sosial, politik, budaya, pendidikan, keamanan dan pertahanan.

Negara Serikat atau Federasi

Negara serikat adalah bentuk negara yang didalamnya tersusun dari beberapa negara yang disebut negara-negara bagian yang tidak memegang kedaulatan negara dan mempunyai satu buah pemerintah federasi yang bertugas mengendalikan kedaulatan negara tersebut. Tetapi negara bagian tetap mempunyai kekuasaan asli karena berhubungan langsung dengan rakyatnya.

Kekuasaan yang diserahkan atau didelegasikan oleh negara bagian kepada negara serikat adalah hal yang berkaitan dengan hubungan luar negeri, pertahanan negara, keuangan dan urusan pos.

Negara-negara tersebut ada yang merupakan penggabungan dari negara lain atau hasil pemekaran bagian-bagian yang terdapat dalam negara serikat itu sendiri. Contoh dari negara serikat adalah Amerika Serikat, Meksiko, Argentina, Brasil, Swiss, Austria, Jerman, Nigeria, India, Malaysia, Australia, dan yang lainnya.

Negara serikat dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Pemerintahan Federal

Pemerintahan yang dapat mengatur berbagai kepentingan bersama setiap anggota negara bagian, misalnya dalam hal komunikasi, mata uang, pertahanan, dan hubungan internasional.

  • Pemerintahan Negara Bagian

Pemerintahan yang merupakan wilayah administrasi tingkat pertama dari suatu negara serikat.

Ciri-ciri Negara serikat

Negara serikat memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki kepala negara yang dipilih oleh dan bertanggung jawab terhadap rakyatnya.
  • Kepala negara mempunyai hak veto atau pembatalan keputusan yang dapat diajukan oleh parlemen atau senat dan kongres.
  • Tiap-tiap negara bagian memiliki kekuasaan asli tapi tidak dengan kedaulatan.
  • Tiap-tiap negara bagian mempunyai wewenang menyusun undang-undang dasar atau konstitusi, parlemen, kabinet sendiri selama tidak bertentangan dengan konstitusi pemerintahan pusat.
  • Pemerintah pusat memiliki kedaulatan terhadap negara-negara bagian terhadap urusan dalam negeri maupun urusan luar negeri.
  • Hubungan antara pemerintah pusat dengan rakyatnya diatur oleh negara bagian.

Negara Kesatuan Republik Indonesia

Negara Kesatuan Republik Indonesia yang disingkat NKRI adalah negara kesatuan dalam bentuk pemerintahan republik dengan sistem desentralisasi, dan pemerintah daerah menjalankan otonomi secara luas pada bidang pemerintahan yang telah ditentukan oleh undang-undang dan ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Secara astronomis, Negara Kesatuan Republik Indonesia terletak pada 6o LU dan 11o LS serta 95o BT dan 141o BT. Secara geografis, Negara Kesatuan Republik Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia juga di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Negara Kesatuan Republik Indonesia mempunyai pemerintahan yang demokrasi, yang memiliki seorang presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri dari 34 provinsi, puluhan suku bangsa, budaya daerah, dan bahasa daerah, memiliki sumber daya alam yang melimpah, serta wilayahnya mencakup ribuan pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki tujuan yang berdasarkan pada Pembukaan UUD 1945 sebagai berikut:

  • Untuk melindungi seluruh bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
  • Untuk memajukan kesejahteraan umum
  • Untuk mencerdaskan kehidupan bangsa
  • Ikut serta melaksanakan ketertiban dunia menurut kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Itulah informasi mengenai pengertian Negara kesatuan dan tujuannya. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Definisi dan Pengertian Negara Kesatuan, Unsur dan Fungsi Membentuk Negara Kesatuan"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel