Contoh Seni Rupa Terapan, Pengertian, Macam dan Jenis

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Setelah sebelumnya kita sudah membahas mengenai apa itu seni rupa murni dan contohnya. Selanjutnya kami akan membahas mengenai seni rupa terapan. Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya bahwa seni terdiri dua macam jenis yakni seni rupa murni dan juga seni rupa terapan.

Contoh Seni Rupa Terapan, Pengertian, Macam dan Jenis

Lalu sebenarnya apa pengertian dari seni rupa terapan? Untuk lebih jelasnya langsung saja mari kita simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan merupakan salah satu seni rupa yang berasal dari salah satu cabang seni itu sendiri.Jadi pengertian dari seni rupa terapan itu sendiri adalah salah satu cabang seni rupa yang dapat menghasilkan suatu hal yang indah dengan kualitas dan juga ekspresi yang bisa dilihat dan dirasakan dengan menggunakan indera penglihat dan indera peraba.

Sedangkan pengertian seni rupa terapan menurut bahasa inggris dikenal dengan sebutan applied arts atau sebuah seni yang dapat diaplikasikan. Jadi, dalam seni rupa terapan terdapat dua unsur yang terkandung yakni estetika dan juga fungsi atau praktis.Dibandingkan dengan estetika atau keindahannya, seni rupa terapan ini lebih mengutamakan fungsi praktisnya atau kegunaannya.

Penggunaan dari seni rupa terapan dalam hal ini sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari karena sifat praktis dan fungsinya.

Namun, meskipun begitu ada juga orang yang menilai bahwa seni rupa terapan ini hanya memiliki nilai praktis saja tanpa adanya nilai estetika atau keindahan.Hal ini karena memang seni rupa terapan lebih mementingkan nilai praktisnya daripada nilai estetika yang ada di dalamnya.

Jenis-jenis Seni Rupa Terapan

Beberapa jenis seni rupa terapan digolongkan dan dikategorikan berdasarkan fungsinya masing-masing, masa dan juga wujudnya. Nah, untuk lebih jelasnya berikut akan kami ulas beberapa jenis seni rupa terapan.

Seni Rupa Terapan Berdasarkan Fungsi
Dalam seni rupa terapan sudah pasti akan memiliki nilai beberapa fungsi yang terkandung di dalamnya. Dalam hal ini jenis seni rupa terapan memiliki dua fungsi yang dapat anda ketahui berikut diantaranya.

  • Fungsi praktis atau fungsi kegunaan

Seni rupa terapan memiliki sejumlah fungsi, manfaat dan kegunaan untuk membantu serta menunjang segala aktivitas manusia dalam kehidupannya sehari-hari.Beberapa contoh seni rupa terapan yang sering kali kita temui di sekitar kita adalah lemari, meja, kursi, peralatan rumah tangga dan benda-benda lainnya yang sering kita gunakan.

  • Fungsi estetis atau keindahan pada karya seni

Suatu karya seni rupa pasti memiliki unsur keindahan tertentu karena unsur ini akan dapat menjadikan seseorang yang melihatnya dapat menikmati sebuah karya seni. Tidak hanya memiliki fungsi praktis dan guna, namun karya seni rupa terapan juga memiliku unsur estetis yang sangat penting.

Contoh seni rupa terapan berdasarkan pada nilai estetikny adalah kursi kayu dengan ukiran indah, lemari kayu yang diukir, dan masih banyak lagi benda-benda yang bisa kita temui di sekitar kita.

Jenis Seni Rupa Terapan Berdasarkan Wujudnya
Jenis seni rupa terapan yang berikutnya adalah seni rupa terapan yang di lihat dari wujudnya.Ada banyak sekali contoh penerapan karya seni terapan kategori berdasarkan wujud ini di Indonesia, baik jika dilihat dari segi seni tradisional maupun seni modern.

Jenis seni rupa terapan yang satu ini banyak ditemukan di karya-karya seni yang dibuat oleh setiap daerah di Indonesia yang memiliki ciri khas masing-masing. Contoh seni rupa terapan ini misalnya seperti rumah adat, senjata tradisional berupa keris, golok, kujang dan lain-lain, transportasi tradisional perahu dan dokar, serta juga seni kriya lainnya yang khas dari daerah masing-masing.

Macam dan Contoh Seni Rupa Terapan

Setelah anda sudah mengetahui beberapa jenis seni rupa terapan, selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai macam-macam seni rupa terapan. Langsung saja yuk kita simak ulasannya berikut ini.

  • Seni Kriya

Seni kriya adalah salah satu contoh seni rupa terapan yang dibuat menggunakan keterampilan atau skill tangan (hand skill).Untuk membuat karya seni yang satu ini, tidak hanya harus menggunakan kecekatan namun juga membutuhkan keterampilan tangan serta membutuhkan kreativitas juga.Hal ini memiliki tujuan agar hasil jadi karya ini tetap memperlihatkan unsur atau aspek fungsional/ kegunaan walaupun disamping itu juga memiliki aspek keindahan.

Contoh dari seni kriya ini antara lain adalah seni ukir kayu, seni pahat topeng, seni kriya logam, seni keramik, seni tekstil, seni anyaman bambu, dan beberapa lainnya yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

  • Seni Arsitektur (Bangunan)

Jenis seni rupa terapan yang berikutnya adalah seni arsitektur yakni suatu karya seni rupa dimana para seniman atau pembuat seni ini membuat suatu rancangan pembangunan ruang atau bangunan.Seni arsitektur dalam hal ini sangat dibutuhkan untuk membangun dan membentuk suatu bangunan tertentu.Baik itu adalah bangunan dalam ukuran kecil maupun besar misal rumah dan gedung.

Pada umumnya seni arsitektu ini banyak digunakan dalam perancangan bangunan besar seperti gedung-gedung pencakar langit, , jembatan menara-menara tinggi, sebuah monumen dan lain sebagainya. Dengan adanya seni arsitektur tersebut, tidak hanya akanakan menghasilkan bangunan yang cantik dan indah pastinya namun juga menjadikan segala sesuatu dalam membangun pun lebih structural.

Contoh seni rupa terapan yang dapat kita tenmui di kehidupan sehari-hari adalah  Menara Eiffel di Paris, Taj Mahal di India, Candi Borobudur di Indonesia dan masih banyak lagi lainnya yang merupakan karya seni arsitektur ini.

  • Seni Ilustrasi

Jenis seni rupa terapan yang berikutnya adalah seni ilustrasi yakni salah satu jenis karya seni yang berbentuk atau berupa suatu gambar maupun sebuah foto.Beberapa ahli juga berpendapat bahwa seni ilustrasi ini adalah sebuah gambar yang mempunyai suatu fungsi guna menerangkan sebuah kejadian maupun peristiwa.

Jadi dapat disimpulkan bahwa seni ilustrasi adalah sebuah potongan gambar atau foto yang menyimpan suatu makna atau nilai tertentu di dalamnya. Pada umumnya seni ilustrasi dimanfaatkan untuk mengabadikan sebuah momen atau peristiwa penting dan juga untuk membantu menggambar suatu cerita peristiwa secara singkat menjadi satu bingkai atau frame gambar.

  • Seni Dekorasi

Seni rupa terapan yang terakhir adalah seni dekorasi yang merupakan salah satu bagian dari seni rupa terapan yang merupakan sebuah tatanan terkait perabotan-perabotan atau alat-alat dan perangkat pelengkap lainnya.Biasanya seni dekorasi ini digunakan untuk membuat dan menjadikan sebuah ruangan atau bangunan tertentu menjadi lebih elok dan cantik untuk dipandang.

Jadi, secara sederhana dapat disimpulkan bahwa seni dekorasi ialah seni dimana cara kita menghias atau memperindah suatu bangunan, benda, atau objek-objek yang lainnya sesuai selera dan harapan kita. Jenis seni rupa ini tidak hanya memiliki nilai keindahan, namun juga memiliki fungsi untuk membuat kita merasa nyaman.Contoh seni dekorasi adalah dekorasi kamar, menghias ruangan, dekorasi tempat pernikahan, dan masih banyak lagi contohnya.

Sebenarnya masih ada banyak lagi contoh seni rupa terapan misalnya seperti anyaman, gerabah dan lain sebagainya yang memiliki nilai keindahan dan kegunaan.
Itulah informasi mengenai seni rupa terapan, jenis dan macamnya.Semoga bermanfaat, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Seni Rupa Terapan, Pengertian, Macam dan Jenis"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel