Teks Eksplanasi dan Contoh Teks Eksplanasi yang Baik dan Benar

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Bagi anda yang sedang menempuh pendidikan dalam lingkup tata bahasa Indonesia, baik itu mata pelajaran Bahasa Indonesia ataupun mata kuliah bahasa Indonesia. Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan berbagai macam teks yang ada. Salah satu jenis teks yang biasanya banyak dipelajari dan digunakan adalah teks eksplanasi.

Namun, masih banyak orang yang bingung dan kurang mengerti mengenai apa itu teks eksplanasi. Nah, untuk lebih jelasnya berikut akan kami jelaskan mengenai pengertian teks ekplanasi secara lebih mendalam dan contoh teks eksplanasi yang baik dan benar.

Teks Eksplanasi dan Contoh Teks Eksplanasi yang Baik dan Benar

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai apa itu teks eksplanasi yang banyak digunakan dalam materi pembelajaran bahasa Indonesia yang akan kita bahas saat ini. Adapun beberapa materi teks eksplanasi yang akan kita bahas pada artikel kali ini yakni mengenai pengertian, tujuan, struktur, ciri, kaidah kebahasaan dan contoh teks eksplanasi., kalau begitu tanpa panjang lebar mari kita simak materi teks eksplanasi yang telah dirangkum berikut ini. Langsung saja yuk kita bahas ulasannya berikut ini.

Pengertian Teks Eksplanasi

Pertama yang akan kami bahas adalah pengertian teks eksplanasi. Sebenaranya apa sih yang dimaksud dengan teks eksplanasi? Nah, jadi pengertian teks eksplanasi itu sendiri merupakan sebuah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana, kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya dan lainnya dapat terjadi. Teks eksplanasi ini nantinya berisi mengenai penjelasan tentang suatu kejadian baik kejadian alam maupun kejadian sosial yang terjadi di sekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat dan memiliki proses.

Jadi pada dasarnya suatu kejadian yang terjadi di sekitar lingkungan kita sebenarnya tidak hanya untuk kita amati dan rasakan saja, akan tetapi juga untuk kita pelajari bagaimana cara mengatasi dan menyikapinya. Pada dasarnya kita dapat mempelajari kejadian tersebut, misalnya jika kita lihat dari segi mengapa dan bagaimana bisa kejadian tersebut dapat terjadi dan sebagainya.

Tujuan Teks Eksplanasi

Selanjutnya mengenai tujuan teks eksplanasi. Jadi, dari segi tujuan dari penulisan teks eksplanasi yang sebenarnya adalah untuk menjelaskan proses terciptanya sesuatu yang terjadi secara alamiah, atau proses bekerjanya fenomena alam maupun sosial yang terjadi di sekitar kita.

Jadi, tujuan utama dari teks eksplanasi itu sendiri adalah untuk menjelaskan bagaimana proses kejadian fenomena alam yang terjadi di sekitar kita tersebut. Dengan tujuan agat kita dapat menyimpulkan dan dapat mencari cara mengatasi kejadian dan fenomena yang terjadi.

Struktur Teks Eksplanasi

Sama dengan jenis teks yang lainnya, teks eksplanasi juga memiliki struktur yang harus diperhatikan agar mendapatkan tulisan berupa teks eksplanasi yang baik dan benar. Jadi, teks eksplanasi itu sendiri memiliki struktur yang terdiri dari pernyataan umum, dilanjutkan dengan urutan sebab akibat dan diakhiri dengan sebuah interpretasi. Nah, agar anda lebih paham lagi mengenai struktur tersebut, mari  simak uraiannya berikut ini.
  • Pernyataan umum
Hal pertama yang harus ada dalam sebuah teks eksplanasi adalah pernyataan umum yang berisi statemen atau pernyataan umum tentang suatu topik yang akan dijelaskan proses keberadaannya, proses terjadinya atau proses terbentuknya.
  • Urutan sebab akibat
Selanjutnya yang harus ada dalam teks eksplanasi adalah urutan sebab akibat yang berisikan tentang detail penjelasan proses kenberadaan atau proses terjadinya yang disajikan secara urut atau bertahap dari yang paling awal hingga yang paling akhir.
  • Interpretasi
Dan bagian teks eksplanasi yang paling akhir adalah berisi tentang kesimpulan atau pernyataan tentang topik atau proses yang dijelaskan.

Baca Juga  : Pengertian Teks Prosedur


Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi tentunya memiliki beberapa hal yang menjadikannya unik dan berbeda dengan jenis teks yang lainnya. Berikut beberapa  ciri teks eksplanasi yang dapat memudahkan kita untuk membedakan antara teks eksplanasi dengan teks yang lainnya.
  • Teks eksplanasi memiliki struktur yang terdiri dari pernyataan umum, urutan sebab akibat dan interpretasi seperti yang telah dijelaskan diatas mengenai apa saja struktur teks eksplanasi.
  • Teks eksplanasi memuat informasi berdasarkan fakta yang “faktual”.
  • Maksud dari kata factual itu sendiri artinya adalah memuat informasi yang bersifat ilmiah atau keilmuan seperti sains dan yang lainnya.
  • Ciri teks ekplanasi yang berikutnya dilihat dari kaidah Kebahasan Teks Eksplanasi. Jadi pada umumnya teks eksplanasi memiliki ciri bahasa sebagai berikut:

    • Teks eksplanasi lebih fokus ke dalam hal umum atau yang bersifat generic bukan partisipan manusia (nonhuman participants) misalnya gempa bumi, banjir, hujan dan udara.
    • Akan lebih baik jika teks eksplanasi menggunakan istilah ilmiah.
    • Biasanya lebih banyak menggunakan kata kerja material dan relasional atau biasa disebut dengan kata kerja aktif.
    • Banyak kata atau kalimat yang menggunakan konjungsi waktu dan kausul misalnya jika, bila, sehingga, sebelum, pertama dan kemudian.
    • Pada umumnya teks eksplanasi menggunakan kalimat pasif.
    • Teks eksplanasi ditulis untuk membuat justifikasi bahwa sesuatu yang diterangkan secara kausal itu benar adanya dan sesuai dengan faktanya.

Contoh Teks Eksplanasi

Fenomena Sosial “Sampah”

Pernyataan Umum:

Sampah merupakan suatu benda yang sudah tidak dimanfaatkan lagi. Keberadaan  sampah pada umumnya sangat mengganggu kesehatan masyarakat yang ada disekitar lingkungan tersebut. Pada umumya jenis sampah dibagi menjadi 2 jenis yakani sampah organik dan sampah non-organik.

Sampah organik merupakan jenis sampah yang dapat dengan mudah terurai oleh bakteri seperti sayuran, daun kering dan berbagai macam makanan bekas lainnya.

Sampah organik memiliki manfaat yang sangat berguna yaitu sebagai pupuk kompos atau pupuk bagi tumbuhan. Sedangkan sampah anorganik adalah jenis sampah yang sulit untuk diuraikan biasanya sampah anorganik berbentuk sampah dari bahan plastik, botol kaleng dan jenisnya. Sampah anorganik sulit untuk diuraikan sehingga cara satu-satunya adalah harus dilakukan daur ulang dan menjadi sebuah barang yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Penjelasan Sebab Akibat:

Sampah merupakan fenomena sosila yang sering kali kita jumpai di sekitar lingkungan masyarakat pada saat ini. Sampah pada awalnya akan berserakan di sekeliling kita. Namun, jika dibiarkan sampah akan menimbulkan dampak yang dapat dirasakan misalnya seperti  banjir, tanah longsor dan sumber penyakit seperti muntaber dan DBD.

Bahkan yang lebih parah, sampah dapat menimbulkan berbagai macam bencana besar seperti bencana alam berupa banjir dan tanah longsor. Hal ini terjadi karena sampah yang biasa dibuang sembarangan di sungai lama-lama dapat membuat sungat menjadi terhambat alirannya dan seiring dengan berjalannya waktu air sungai akan meluap dan menimbulkan bencana.

Interpretasi:
Apabila kita memiliki kebiasaan membuang sampah sembarangan maka untuk kedepannya akan banyak sekali dampak dari membuang sampah yang sembarangan yang akan ditimbulkan. Oleh karena itu, sebagai makhluk sosial yang memiliki keinginan untuk hidup sejahtera kita harus bersama-sama menjaga lingkungan di sekitar kita.

Langkah tersebut dapat diawali dengan satu hal yang kecil seperti jangan membuang sampah sembarangan atau buanglah sampah pada tempatnya.

Demikianlah pembahasan mengenai teks eksplanasi yang baik berupa pengertian dan contoh teks eksplanasi secara lebih detail. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Teks Eksplanasi dan Contoh Teks Eksplanasi yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel