Pengertian Teks Prosedur, Tujuan, Ciri, Jenis, Struktur dan Contoh Teks Prosedur Kompleks

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Ketika anda belajar mengenai berbagai jenis teks, maka salah satu jenis teks yang akan kalian pelajari adalah tentang teks prosedur. Beberapa orang mungkin masih bingung apa yang dimaksud dengan teks prosedur kompleks.

Pengertian Teks Prosedur, Tujuan, Ciri, Jenis, Struktur dan Contoh Teks Prosedur Kompleks

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai contoh teks prosedur kompleks dan pengertiannya. Langsung saja mari kita simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks adalah sebuah teks yang berisi tentang langkah-langkah atau tahap-tahap untuk melakukan sesuatu hal. Biasanya contoh teks prosedur akan menjelaskan sesuatu baik melakukan suatu kegiatan tertentu maupun membuat sesuatu yang disajikan secara berurutan.

Tujuan Teks Prosedur Kompleks

Tujuan teks prosedur kompleks dibuat yakni untuk  membantu pembaca atau pendengar agar memahami bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu dengan tepat. Jadi, tujuan utama pembuatan teks prosedur sebenarnya adalah untuk memperoleh hasil akhir dari suatu proses melakukan kegiatan membuat sesuatu dengan tepat.

Ciri-Ciri Teks Prosedur Kompleks

Dibandingkan dengan jenis teks yang lainnya, tentunya teks prosedur memiliki ciri dan karakteristik tertentu. Berikut beberapa ciri teks prosedur kompleks.
  • Teks prosedur kompleks biasanya menggunakan pola kalimat imperatif atau kalimat perintah.
  • Kata kerja yang digunakan pada teks prosedur adalah kata kerja aktif
  • Teks prosedur menggunakan kata penghubung atau konjungsi untuk mengurutkan kegiatan atau cara.
  • Teks prosedur menggunakan kata keterangan untuk menyatakan cara, tempat dan waktu yang tepat dan akurat.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Jika dilihat dari strukturnya, teks prosedur kompleks terdiri dari tiga struktur diantaranya yaitu tujuan, material dan langkah-langkah yakni sebagai berikut.
  • Bagian Tujuan
Pada bagian tujuan teks prosedu kompleks biasanya berupa judul, selain itu juga bisa berisikan tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut hingga hasil akhir yang akan di capai jika kita melakukan tahapan pada teks prosedur kompleks yang selanjutnya akan dijelaskan tersebut.
  • Bagian Material
Selanjutnya pada bagian material teks prosedur kompleks biasanya akan berisi informasi mengenai bahan, alat atau material yang dibutuhkan. Namun walaupun begitu tidak semua teks prosedur memiliki bagian ini. Secara umum bagian dari material ini berada pada teks prosedur tentang pembuatan suatu hal seperti cara membuat makanan, minuman dan lain sebagainya.
  • Bagian Langkah-Langkah
Bagian teks prosedur kompleks yang terakhir dan merupakan inti selanjutnya adalah bagian langkah-langkah. Sesuai dengan namanya, bagian ini berisi mengenai langkah-langkah yang harus dilewati untuk mendapatkan hasil sesuai dengan tujuan teks prosedur. Ketika melakukan aktivitas dan menulis bagian langkah-langkah ini pastikan Anda membuatnya  Pada bagian ini dengan urut tidak boleh secara acak.

Baca Artikel Lengkap : Pengertian Teks Prosedur


Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

Sama halnya dengan jenis teks yang lainnya, teks prosedur kompleks juga memiliki kaidah kebahasaan sendiri. Berikut ini kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks yang biasanya digunakan.
  • Konjungsi temporal
Pada teks prosedur kompleks akan banyak digunakan kata konjungsi temporal atau kata penghubung yang menyatakan waktu kegiatan. Biasanya konjungsi temporal ini berisifat kronologis misalnya seperti kata selanjutnya, berikutnya, kemudian, lalu, dan setelah itu.
  • Kata kerja imperative
Tidak hanya konjungsi, dalam teks prosedur kompleks juga akan banyak ditemukan kalimat imperatif atau kalimat perintah dan larangan yang harus ditaati dalam pelaksanaan teks prosedur.
  • Verba material dan tingkah laku
Dalam teks prosedur kompleks juga akan terdapat kalimat yang bersifat verba material. Maksudnya adalah sesuatu yang mengacu pada tindakan fisik misalnya seperti potong wortel, haluskan bumbu dan lain sebagainya. Sedangkan verba tingkah laku adalah suatu tindakan yang dilakukan menggunakan ungkapan.
  • Partisipan manusia
Teks prosedur akan menciptakan partisipan manusia untuk ikutserta dalam teks prosedur tersebut.
  • Memiliki Tanda Urutan
Pada teks prosedur kompleks biasanya akan terdapat bilangan sebagai penanda urutan.
  • Kalimat introgatif dan Kalimat Deklaratif
Teks prosedur kompleks juga memiliki kalimat introgatif atau kalimat berisikan pertanyaan. Tidak hanya itu, pada teks prosedur kompleks juga akan terdapat kalimat deklaratif atau kalimat berisikan pernyataan.


Contoh Teks Prosedur Kompleks

Setelah anda mengetahui pengertian, tujuan dan kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks. Selanjutnya untuk lebih jelasnya kami akan memberikan contoh teks prosedur kompleks yang terdiri atas banyak langkah dan langkah-langkah tersebut berjenjang dengan sublangkah pada setiap langkahnya. Berikut contoh teks prosedur kompleks yang dapat anda pelajari dan jadikan referensi.

Cara Mematikan Komputer Yang Benar

Setelah sebelumnya kita sudah membahas mengenai cara untuk menghidupkan komputer dengan benar, maka selanjutnya mari kita bahas mengenai  bagaimana cara untuk mematikan komputer yang benar.

Penjelasan di bawah ini akan dibagi menjadi dua bagian. Dimana pada bagian pertama akan dibahas mengenai cara mematikan komputer pada windows XP, Vista, dan Windows 7 . Kemudian pada bagian berikutnya akan kita akan menjelaskan mengenai cara umematikan komputer yang benar pada windows 8.

Berikut ini cara mematikan komputer pada windows XP, Vista, dan windows 7 yang benar.
  • Pertama klik menu “START” yang berada pada pojok kiri bawah layar komputer anda.
  • Setelah itu klik atau pilih “shutdown”.
  • Kemudian Pilih “OK”.
  • Tunggu hingga komputer yang anda gunakan benar-benar mati.
  • Setelah komputer mati, selanjutnya anda bisa mematikan stabilizer dengan cara menekan tombol power, Kemudian anda bisa mencabut kabel listrik untuk memutuskan arus.
Sedangkan untuk cara mematikan komputer pada windows 8 yang benar dapat Anda lakukan dengan cara sebagai berikut:
  • Pertama, arahkan pointer mouse Anda ke pojok kanan bawah komputer.
  • Klik dan pilih, kemudian klik menu setting.
  • Pilih atau klik ikon power, setelah itu klik shutdown.
  • Tunggu hingga komputer anda benar-benar dalam keadaan mati.
  • Selanjutnya anda bisa mematikan stabilier dan cabut kabel arus listrik.

Contoh Teks Prosedur Kompleks Sederhana

Setelah anda mengetahui contoh teks prosedur kompleks dan pengertiannya selanjutnya sebagai ilmu tambahan kami akan memberikan contoh teks prosedur kompleks yang lebih sederhana yakni mengenai cara  membuat makanan dengan benar. Berikut langkah- langkah membuat makanan dengan benar.

Cara Membuat Telur Mata Sapi

Bahan-bahan:
  1. Siapkan satu buah telur ayam
  2. Siapkan 1 sdt garam secukupnya
  3. Siapkan minyak goreng atau mentega untuk menggorengnya.
Alat:
Siapkan kompor, wajan atau Teflo untuk menggoreng, spatula dan juga piring.

Cara Membuat:
  • Pertama, hidupkan atau nyalakan kompor dengan api sedang.
  • Selanjutnya letakkan alat penggorengan seperti wajan atau Teflon di atas kompor.
  • Beri mentega atau minyak goreng di wajan atau Teflon, tunggu hingga panas.
  • Setelah itu, ambil dan pecahkan telur sambil lalu menuangkan isi telur ke dalam wajan . Beri garam secukupnya sesuai selera.
  • Bolak balikkan telur dengan menggunakan spatula agar telur dapat matang secara sempurna.
  • Jika telur sudah matang, maka anda bisa mengangkatnya kemudian tiriskan sebentar agar nantinya minyak dapat hilang.
  • Letakkan telur diatas piring yang sudah disediakan dan telur mata sapi pun sudah siap untuk di sajikan.
Sekarang anda sudah tahu kan bagaimana cara membuat teks prosedur yang baik dan benar. Sekian, semoga artikel mengenai contoh teks prosedur kompleks dan pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan jenisnya yang sudah kami sampaikan bermanfaat. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Teks Prosedur, Tujuan, Ciri, Jenis, Struktur dan Contoh Teks Prosedur Kompleks"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel