Pengertian Surat Pengunduran Diri, Cara Membuat dan Contoh Pengunduran Diri Lengkap

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Surat pengunduran diri atau biasa disebut dengan (Resign Letter) atau Surat Resign adalah salah satu jenis surat yang dibuat untuk menyatakan bahwa yang bersangkutan atau yang menulis surat akan  berhenti bekerja dari tempat di mana ia bekerja. Baik ia bekerja di perusahaan swasta ataupun bekerja di kantor pemerintahan. Keputusan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan adalah hak seorang karyawan.

Pengertian Surat Pengunduran Diri, Cara Membuat dan Contoh Pengunduran Diri Lengkap


Alasan Karyawan Mengundurkan Diri

Ada banyak alasan mengapa seorang pegawai atau karyawan memutuskan untuk mengundurkan diri misalnya seperti gaji yang kecil, ia merasa tidak cocok dengan lingkungan pekerjaan, merasa bosan dengan pekerjaan sekarang atau bahkan karena ingin mencoba pekerjaan baru di tempat lain dan juga tidak mendapatkan kenaikan jabatan dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya berikut alasa mengapa seseorang memutuskan untuk resign atau mengundurkan diri.

  • Gaji  kecil
    Gaji adalah faktor yang sangat penting bagi seorang pegawai karena berkaitan dengan biaya hidup yang dimilikinya. Jadi, jika gaji tidak memenuhi kebutuhan sehari-harinya maka tidak menutup kemungkinan seseorang akan mengajukan resign.
  • Merasa tidak cocok dengan lingkungan pekerjaan
    Alasan lain mengapa seseorang memutuskan untuk resign karena mereka merasa tidak cocok dengan partner kerjanya atau bahkan lingkungan pekerjaannya.
  • Ingin mencoba pekerjaan di tempat lain (bosan)
    Rasa bosan adalah hal yang sangat wajar dialami oleh seseorang terutama jika hal itu terus berulang-ulang. Seseorang biasanya menginginkan tantangan baru dalam pekerjaan karena ia merasa bosan. Tak heran jika banyak karyawan yang memilih untuk resign dan mendapatkan pekerjaan yang lebih menantang maka ia akan merasa lebih semangat dalam mengerjakannya.
  • Tidak mendapat kenaikan jabatan
    Alasan seseorang memutuskan untuk resign yang berikutnya adalah karena ia tidak mendapat kenaikan jabatan atau promosi dari atasan atau perusahaannya. Hal ini biasanya akan berkaitan dengan kenaikan karir seorang pegawai dan juga penghasilannya atau gaji. Karena semakin tinggi jabatan tentu gajinya akan semakin tinggi pula.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Tata cara membuat surat pengunduran diri atau resign haruslah Anda perhatikan. Pastikan anda membuat surat pengunduran diri atau resign sesopan mungkin jangan asal-asalan agar perusahaan tidak tersinggung dan menerima keputusan pengunduran diri. Nah, bagi Anda yang kebingungan dalam membuat surat resign berikut akan kami jelaskan tata cara membuat surat pengunduran diri.
  • Alasan Mengundurkan Diri
    Hal pertama yang harus Anda sampaikan adalah mengenai alasan Anda mengundurkan diri. Ketika Anda adalah seorang karyawan ingin mengundurkan diri dari perusahaan, maka Anda wajib memiliki alasan. Pastikan Anda menyertainya dengan alasan yang masuk akal karena dalam penulisan surat pengunduran diri akan lebih kuat dan diterima. Namun, pastikan juga alasan yang  Anda sampaikan tetap menjaga perasaan pihak perusahaan.
  • Penulisan Surat Pengunduran Diri
    Surat pengunduran diri termasuk surat resmi, oleh karena itu seharusnya surat pengunduran diri ditulis berdasarkan kaidah yang telah ditentukan, seperti struktur penulisannya yang terdiri dari pembuka, isi dan penutup.
  • Pengajuan Surat Selambat-lambatnya 30 Hari Sebelumnya
    Ketika anda berniat untuk mengundurkan diri atau resign, sesuai dengan yang tertera dalam Pasal 162 UU 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan yang menyatakan bahwa surat pengunduran diri harus ditulis selambat-lambatnya 30 hari sebelum tanggal surat pengunduran diri dibuat.
  • Memberikan Kesan yang Baik
    Pastikan Anda memberikan kesan yang baik pada saat Anda ingin mengundurkan diri. Akan lebih baik jika Anda bisa bertemu langsung dengan atasan dan mengungkapkan latar belakang kenapa anda keluar dari pekerjaan. Namun pastikan alasan tersebut Anda sampaikan dengan sopan dan tidak ada unsur menyinggung pihak perusahaan.

Baca Artikel : Pengertian Teks Prosedur

Format Penulisan Surat Pengunduran Diri

Bagi Anda yang baru pertama kali membuat surat pengunduran diri, berikut akan jelaskan mengenai format penulisan contoh surat pengunduran diri.

  • Nama Kota dan Tanggal
    Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menulis nama kota dan tanggal yang dapat Anda letakkan pada bagian pojok kanan atas. Pastikan anda mengawalinya dengan huruf capital dalam penulisan nama kota, tanda koma sebagai pemisah nama kota dan tanggal dan diakhiri tanpa menggunakan tanda titik.
  • Nama Dan Alamat Yang Dituju
    Surat pengunduran diri atau surat resign biasanya ditujukan kepada bagian HRD atau langsung kepada kepala perusahaan. Apabila surat tersebut akan ditujukan pada kepala perusahaan, maka pastikan anda menuliskannya dengan benar disertai dengan gelarnya. Hindari penulisan kata “di tempat”, sebaiknya anda menggantinya dengan nama kota.
  • Salam Pembuka
    Sama halnya seperti surat resmi lainnya, penulisan surat pengunduran diri juga akan lebih baik jika memiliki salam pembuka atau sapaan.
  • Alasan Pengunduran Diri|
    Nah, pada bagian surat pengunduran diri ini anda bisa mengisinya dengan alasan mengapa anda ingin mengundurkan diri. Pastikan anda menyertainya dengan alasan yang baik dan tidak menyinggung perusahaan agar perusahaan tidak menolak pengunduran diri anda.
  • Menulis Tanggal Mengundurkan Diri
    Pastikan anda menulis dengan tepat tanggal pengunduran diri. Hal ini bertujuan agar pada saat Anda benar-benar keluar, perusahaan sudah memiliki pengganti.
  • Ucapan Terima Kasih
    Pada bagian ini Anda dapat mengucapkan terima kasih yang bermaksud untuk menyanjung kepala perusahaan. Selain itu, Anda juga bisa mengungkapkan terima kasih atas perlakuan baik yang diberikan selama bekerja disana atau juga ucapan terima kasih karena surat yang ia buat diterima dengan baik.
  • Permohonan Maaf
    Pastikan anda menyampaikan permohonan maaf di surat yang anda buat, walaupun anda merasa bahwa anda tidak memiliki salah pada perusahaan, anda tetap harus meminta maaf.
  • Salam Penutup
    Sama hal nya dengan salam pembuka, sebaiknya Anda menggunakan salam penutup yang sama dengan salam pembuka.
  • Nama dan Tanda Tangan
    Bagian terakhir adalah nama dan tanda tangan pembuat surat pengunduran diri. Hal ini perlu dibubuhkan karena surat ini termasuk dalam surat resmi, bahkan ada beberapa perusahaan yang meminta pembuat surat pengunduran diri ini menyertakan materai untuk keperluan administrasi. Pada umumnya letak tanda tangan dan nama ini berada di bagian kanan bawah atau sesuai tanggal pembuatan surat.


Contoh Surat Pengunduran Diri

Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini contoh surat pengunduran yang dapat anda jadikan referensi.

SURAT PENGUNDURAN DIRI
Surabaya, 25 Januari 2018
Yth.
Kepala SMAN 1 Surabaya
Jalan Wringin Anom No. 17 Surabaya
Surabaya
Perihal : Pengunduran diri
Dengan Hormat
Dengan adanya surat ini saya selaku karyawan yang bernama :
Nama : Lidia Puspita, SPd.
Tempat, Tanggal lahir : Jember, 19 Oktober 1990
Jabatan : Wakil Kepala Sekolah
NIP : 11125213637718816
Alamat : Jalan Manggis No. 7 Jember

Secara resmi terhitung hari kamis tanggal 1 Februari tahun 2018 menyatakan untuk mengundurkan diri dari wakil kepala sekolah di SMAN 1 Surabaya.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaannya yang telah diberikan kepada saya oleh pihak SMAN 1 Surabaya, dimana saya dapat bekerja untuk mengajar siswa-siswi SMAN 1 Surabaya. Dan tidak lupa juga saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada jajaran Komite, guru serta para staff SMAN 1 Surabaya apabila terdapat hal-hal yang tidak serta kurang berkenan yang saya lakukan selama bekerja.

Besar harapan saya Bahwa SMAN 1 Surabaya dapat menjadi sekolah yang terus berprestasi baik itu akademis maupun non akademis, tidak hanya itu harapan besar saya adalah SMAN 1 Surabaya dapat terus melahirkan bibit-bibit unggul penerus perjuangan bangsa.
Hormat saya

Lidia Puspita, S Pd.
NIP: 11125213637718816

Sekarang sudah tahu kan bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar. Sekian informasi mengenai Pengertian Surat Pengunduran Diri, Cara Membuat dan Contoh Surat Pengunduran Diri. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Surat Pengunduran Diri, Cara Membuat dan Contoh Pengunduran Diri Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel