Pengertian Pencemaran Lingkungan, Jenis dan Dampak Pencemaran Lingkungan

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Bumi adalah sebuah planet yang dihuni oleh mahluk hidup dan terdiri dari komponen alam yang disebut juga dengan mahluk tak hidup.  Mahluk hidup berupa manusia, hewan, dan tumbuhan, sedangkan mahluk tak hidup berupa air, tanah, udara, dan cahaya.

Mahluk hidup merupakan bagian dari lingkungan biotik dan mahluk tak hidup merupakan bagian dari lingkungan abiotik membentuk suatu kesatuan yang disebut dengan lingkungan.

Pengertian Pencemaran Lingkungan, Jenis dan Dampak Pencemaran Lingkungan

Bumi sebagai tempat tinggal umat manusia yang sudah berumur 4.543 miliar tahun harus selalu dijaga agar panjang umur dan tetap dapat ditinggali oleh keturunannya di masa depan.

Namun, dewasa ini, seiring dengan umur Bumi yang sudah tua, banyak kerusakan yang dialami Bumi akibat dari ulah manusia. Salah satu kerusakan Bumi yang disebabkan manusia adalah terjadinya pencemaran lingkungan. Kerusakan ini dapat mengganggu keadaan atau kestabilan kehidupan di Bumi. Apa itu pencemaran lingkungan? Mari kita baca dengan seksama pembahasannya.


Pengertian Pencemaran Lingkungan

Berikut adalah pengertian pencemaran lingkungan dari sumber pustaka yang dapat kita jadikan acuan untuk menarik kesimpulan dari pengertian pencemaran lingkungan.

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 23 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup pada Pasal 1 ayat 12, pencemaran lingkungan hidup adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan atau komponen lainnya ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup tersebut tidak dapat berfungsi sebagaimana peruntukkannya.

Dari pengertian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Pencemaran lingkungan adalah terjadinya perubahan tatanan di lingkungan biotik dan abiotik sehingga terjadi penurunan kualitas yang dalam tingkat tertentu menyebabkan kerusakan dan tidak dapat berfungsi dengan normal.

Pencemaran lingkungan terjadi dengan adanya aspek pencemar atau polutan yang mencemari lingkungan alam.  Polutan sebagai komponen utama pencemaran umumnya berupa bahan buangan dari berbagai bentuk aktivitas. Pencemaran lingkungan mengganggu ekosistem dan keseimbangan di lingkungan. Modernisasi, perubahan gaya hidup dan industrialisasi sebagai aspek-aspek yang menghasilkan pencemaran menyebabkan pemanasan global dan menimbulkan berbagai penyakit bagi manusia.

Jenis dan Penyebab Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan terjadi dalam berbagai bentuk seperti air, tanah, radioaktif, kebisingan, panas dan cahaya. Mari kita lanjutkan pembahasan tentang jenis, penyebab dan dampak dari pencemaran lingkungan sebagai berikut.

  • Pencemaran Udara

Pencemaran udara adalah pencemaran yang paling berbahaya karena udara dihirup oleh semua mahluk hidup di Bumi.
Penyebabnya berasal dari Asap dari pembakaran bahan bakar untuk memasak, Asap dari cerobong asap di pabrik, Asap pembakaran kayu, Asap dari kendaraan bermotor dan Asap rokok.

Asap yang berasal dari kegiatan-kegiatan di atas dapat melepaskan gas sulfur dioksida yang merupakan gas berbahaya yang menjadi penyebab pemanasan global, hujan asam, meningkatkan suhu, hujan tidak menentu, dan kekeringan.

Baca Juga : Pengertian Teks Prosedur

  • Pencemaran Air

Pencemaran air telah menyebabkan kematian dari semua spesies di bumi. Hampir 60% spesies Bumi hidup di perairan.

Penyebabnya berasal dari.

  • Limbah industri yang dibuang ke sungai dan ekosistem-ekosistem air lainnya menyebabkan ketidakseimbangan dalam air yang menyebabkan kontaminasi parah dan kematian spesies akuatik.
  • Pengunaan insektisida dan pestisida seperti DDT pada tanaman mencemari sistem air tanah
  • Tumpahan minyak bumi menyebabkan kerusakan pada ekosistem air yang tidak dapat diperbaiki.
  • Eutrofikasi atau limbah domestik seperti mencuci pakaian atau peralatan di dekat danau, kolam atau sungai. Hal ini membuat deterjen masuk ke air sehingga menghalangi sinar matahari untuk berpenetrasi yang berakibat mengurangi kadar oksigen dalam air dan membuat perairan tersebut tidak dapat dihuni oleh spesies akuatik.



  • Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah disebabkan oleh aktivitas manusia. Penyebabnya berasal dari:

  • Penggunaan insektisida dan pestisida yang mengandung senyawa nitrogen mencemari tanah sehingga sehingga tanaman tidak dapat memperoleh nutrisi dari tanah.
  • Pelepasan limbah industri dan limbah penambangan
  • Penggundulan hutan yang merupakan salah satu kegiatan eksploitasi tanah menyebabkan tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik sehingga terjadi erosi tanah.



  • Pencemaran Suara

Pencemaran suara berasal dari Kebisingan yang keluar dari suara mesin-mesin industry, Suara musik keras dan Suara knalpot kendaraan bermotor.

  • Pencemaran Radioaktif

Pencemaran radioaktif sangat berbahaya karena dapat mensterilkan tanah dan mempengaruhi  air dan udara. Penyebabnya berasal dari terjadinya malfungsi sebuah pabrik nuklir  dan pembuangan limbah nuklir secara tidak benar, kecelakaan, dll.

  • Pencemaran Panas Bumi

Pencemaran panas bumi adalah adanya panas yang berlebihan di lingkungan mengakibatkan meningkatnya suhu bumi sehingga terjadi perubahan iklim yang drastis dalam jangka waktu yang lama.

Penyebabnya berasal dari pembangunan berbagai bidang industry, Penggundulan hutan dan Pencemaran udara.


  • Pencemaran Cahaya

Pencemaran cahaya terjadi karena pencahayaan yang berlebihan dari suatu daerah. Sebagian besar terjadi di kota-kota besar, terutama di daerah permukiman dan perdagangan.

Penyebabnya berasal dari Cahaya dari papan iklan atau billboard, Cahaya dari stadion olahraga , Cahaya di tempat hiburan malam dan Cahaya di pusat perbelanjaan.

Dampak Pencemaran Lingkungan

  • Terjadi degradasi lingkungan

Lingkungan adalah korban pertama terjadinya peningkatan pencemaran di udara atau air.  Pencemaran udara menyebabkan peningkatan jumlah CO2 di atmosfer sehingga menyebabkan kabut asap yang dapat membatasi sinar matahari untuk mencapai permukaan Bumi.

Berkurangnya intensitas sinar matahari menyebabkan tanaman tidak dapat melakukan proses fotosintesis. Pencemaran udara juga menghasilkan gas sulfur dioksida dan nitrogen oksida yang menyebabkan hujan asam. Pencemaran air akibat adanya tumpahan minyak dapat menyebabkan kematian beberapa spesies satwa liar pada ekosistem perairan maupun ekosistem daratan.

  • Gangguan kesehatan pada manusia

Penurunan kualitas udara akibat dari pencemaran udara menyebabkan beberapa masalah pernapasan seperti asma, kanker paru-paru, nyeri dada, radang tenggorokan, penyakit kardiovaskular, dan penyakit pernapasan lainnya.

Pencemaran air yang terjadi karena kontaminasi air dapat menimbulkan masalah kulit termasuk iritasi kulit dan ruam. Pencemaran suara menyebabkan gangguan pendengaran, gangguan tidur, stres dan hipertensi.

  • Terjadinya pemanasan global

Peningkatan CO2 sebagai emisi gas rumah kaca di lingkungan kita secara langsung atau tidak langsung disebabkan oleh pembangunan industri baru, banyaknya jumlah kendaraan, dan penebangan pohon untuk pembangunan rumah. Peningkatan CO2 menyebabkan pemanasan global. Selain itu, menyebabkan mencairnya es di kutub yang meningkatkan permukaan laut dan menimbulkan bahaya bagi orang-orang yang tinggal di dekat daerah pesisir.

  • Terjadinya penipisan lapisan ozon

Lapisan ozon adalah perisai tipis yang berada tinggi di langit yang menghentikan sinar ultra violet untuk mencapai bumi. Lapisan ozon mengalami penipisan sebagai akibat dari aktivitas manusia dan bahan kimia, seperti chlorofluorocarbons (CFC) yang dilepaskan ke atmosfer.

  • Gangguan pada tanah subur

Penggunaan insektisida dan pestisida secara terus menerus menyebabkan tanah menjadi tidak subur sehingga tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik. Berbagai bentuk bahan kimia hasil dari limbah industri yang dilepaskan ke aliran air juga mempengaruhi kualitas tanah.

Akhir kata, pencemaran lingkungan tidak hanya mempengaruhi manusia tetapi juga mempengaruhi alam sebagai  tempat untuk bertahan hidup. Pencemaran lingkungan harus dapat diatasi karena alam, satwa liar, dan tumbuhan adalah hal-hal yang berharga bagi umat manusia.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Pencemaran Lingkungan, Jenis dan Dampak Pencemaran Lingkungan"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel