Pengertian, Jenis, Cara Membuat dan Contoh Pidato Singkat yang Baik dan Benar

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Bagi beberapa orang mungkin sudah sering mendengar seseorang yang berpidato didepan khalayak banyak pada suatu acara tertentu. Namun, walaupun sudah sering mendengar orang berpidato, masih ada banyak orang yang tidak mengerti apa itu pidato, jenis-jenis pidato, teknik bepidato hingga cara membuat pidato yang baik dan benar.

Pengertian, Jenis, Cara Membuat dan Contoh Pidato Singkat yang Baik dan Benar

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pengertian hingga contoh pidato singkat yang baik dan benar yang dapat anda jadikan sebagai referensi.

Pengertian Pidato

Pengertian dari pidato itu sendiri adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang untuk mengungkapkan ide, gagasan, dan pikiran, baik direncanakan maupun tidak direncanakan dalam suatu kondisi dan keadaa . Pidato biasanya akan disampaikan oleh seorang yang memberikan gambaran tentang suatu hal atau berupa peristiwa penting di hadapan khalayak ramai.

Unsur-unsur Pelengkapan Pidato

Pidato tidak serta merta dilakukan begitu saja karena pidato memiliki unsur pelengkap agar kegiatan berpidato berjalan lancar. Berikut beberapa unsur pelengkap pidato yang bisa anda gunakan untuk menyusun pidato yang baik dan benar.

  • MC / pembicara dalam acara berpidato
  • Bahan dan materi untuk pembicara pidato
  • Tema pidato yang akan dibawakan

Ketiga unsur diatas yang saling berkaitan satu sama lain sehingga harus ada pada saat melakukan kegiatan berpidato. Oleh karena itu, jika salah satu unsur tersebut dihilangkan maka akan dapat mengakibatkan ketidak-seimbangan dalam kegiatan berpidato.

Selain unsur-unsur pidato yang dijelaskan diatas, ada juga beberapa unsur pidato lainnya seperti unsur intonasi ketika berpidato, gerak-gerik dalam berpidato dan juga mimik yang ditampakkan dalam berpidato.

Metode dalam Berpidato

Sebelum membahas mengenai contoh pidato singkat, terlebih dahulu kami akan menjelaskan mengenai beberapa metode dalam berpidato yang dapat digunakan. Adapun metode berpidato  yang dapat anda gunakan adalah sebagai berikut.

  • Metode Naskah

Sesuai dengan namanya jenis metode yang satu ini merupakan metode pidato yang digunakan ketika berpidato dengan mengandalkan teks atau naskah. Biasanya metode pidato yang satu ini digunakan dalam pidato yang bersifat formal atau resmi, misalnya seperti contoh pidato kenegaraan, pidato di televisi, dan pidato lainnya.

  • Metode Menghafal

Jenis metode pidato yang selanjutnya adalah metode menghafal. Jenis metode pidato yang satu ini meruapakan jenis metode berpidato dengan merencanakan isi pidato untuk disampaikan pada hari sebelumnya. Biasanya metode pidato yang dilakukan dengan cara ini akan membuat membuat para pendengarnya bosan dan jenuh karena isinya yang kurang begitu menarik.

  • Metode Impromptu

Metode pidato yang selanjutnya adalah metode impromptu yakni suatu metode berpidato yang digunakan tanpa menggunakan bantuan teks dengan cara menghafal. Biasanya metode iniakan berlangsung tanpa adanya persiapan dan hanya berdasarkan pada kebutuhan. Oleh karena itu, biasanya hasil dari pidatonya menjadi kurang begitu maksimal. Namun jiak seseorang yang sudah ahli dan professional maka isi dari pidato tersebut akan sangat menarik untuk di simak.

  • Metode Ekstemporan atau Catatan Kecil

Metode ekstemporan merupakan metode dalam berpidato yang di rencanakan dengan menggunakan catatan kecil berisi poin-poin yang akan disampaikan kepada para pendengar.

Dari keempat metode berpidato yang sudah dijelaskan diatas, semuanya memiliki kelebihan dan kelemahan. Oleh karena itu, bagi seseorang yang sudah mahir berpidato biasanya akan menggunakan metode dengan cara menggabungkan dari berbagai macam metode berpidato yang sudah dijelaskan diatas agar pidato yang disampaikan lebih menarik.

Tujuan Berpidato

Aktivitas berpidato pada umumnya tidak hanya sekadar berbicara di depan umum. Namun, pidato yang dilakukan juga harus memiliki beberapa maksud dan tujuan tersebut. Tujuan berpidato terdiri dari bermacam-macam. Berikut beberapa tujuan berpidato yang biasa dilakukan.

  • Mendorong atau memberikan semangat dan motivasi bagi para pendengarnya.
  • Isi pidato harus bersifat meyakinkan kepada pendengarnya.
  • Pidato yang disampaikan sebenarnya menginginkan respon dari para pendengarnya.
  • Memberitahukan informasi kepada para pendengar pidato.
  • Sebagai hiburan bagi para pendengarnya.

Teknik Penyajian Dan Cara Membuat Pidato yang Baik

Untuk bisa membuat contoh pidato singkat, akan lebih baik jika anda mengetahui terlebih dahulu tata cara membuat pidato yang baik. Hal ini sangat diperlukan untuk Anda ketahui ketika anda menyampaikan isi dari pidato diperlukan penyampaian yang baik. Selain itu, pidaot singkat yang baik juga akan lebih menarik perhatian para pendengarnya. Berikut beberapa teknik penyajian dan cara  membuat contoh pidato singkat yang baik dan benar.
  • Pidato yang baik disajikan dengan menggunakan bahasa yang baku dan mudah dipahami.
  • Pidato yang baik dan menarik biasanya akan menggunakan analogi atau ilustrasi yang dapat mempermudah dan dipaham dari konsep abstrak pidato yang disampaikan.
  • Pastikan anda memberikan intonasi yang tepat sehingga menimbulkan variasi suara dalam berpidato agar tidak terkesan membosankan.
  • Sampaikan isi materi pidato secara berurutan.
  • Hindari penggunaan kata yang berlebihan.
  • Pastikan menyampaikan program atau materi pidato disajikan dengan jelas.


Baca Artikel : Pengertian Teks Prosedur

Jenis-Jenis dan Pembagian Pidato

Contoh pidato singkat yang baik dan benar terdiri dari beberap jenis dalam pembagiannya. Berikut ini beberapa macam jenis pidato yang di klasifikasikan antara lain adalah.

  • Pidato pembukaan

Pidato pembukan merupakan suatu pidato yang sangat singkat untuk disajikan oleh seorang pembaca acara. Bisanya jenis pidato ini disampaikan oleh MC suatu kegiatan sebelum acaranya dimulai.

  • Pidato pengarahan

Jenis pidato singkat yang satu ini merupakan suatu pidato yang bertujuan untuk memberikan informasi yang sifat nya mengarahkan kepada pendengar.

  • Pidato Sambutan

Pidato sambutan merupakan sebuah pidato yang disampaikan di dalam suatu acara atau kegiatan tertentu. Biasanya pidato jenis ini diisi oleh beberapa orang bergantian dan dengan waktu sangat terbatas

  • Pidato Peresmian

Pidato peresmian merupakan sebuah pidato yang dilakukan untuk meresmikan sesuatu acara.

  • Pidato Laporan

Jenis pidato yang satu ini merupakan pidato yang bertujuan untuk melaporkan hasil suatu tugas atau kegiatan.

  • Pidato Pertanggung Jawaban

Jenis pidato yang satu ini adalah pidato yang berisi laporan pertanggung jawaban suatu kegiatan acara atau pekerjaan.

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan sebelum Berpidato

Sebelum anda membaca contoh pidato singkat di depan umum, alangkah lebih baik jika anda melakukan persiapan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa persiapan sebelum pidato yang dapat anda lakukan.

  • Pastikan isi dari pidato yang disampaikan memberikan wawasan kepada pendengar pidato secara umum
  • Ketahui seberapa lama jangka waktu atau durasi pidato yang akan anda dibawakan
  • Pastikan anda menyusun kata yang mudah dipahami dan dapat dimengerti.
  • Ketahui jenis dan tema pidato dalam acara tersebut.
  • Pastikan siapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato yang dibutuhkan.

Kerangka Susunan Contoh Pidato Singkat

Agar lebih jelas berikut akan kami ulas mengenai contoh pidato singkat beserta kerangka atau skema dalam susunan pidato yang baik dan benar.

  • Pembukaan

Contoh pidato singkat dapat anda buat dengan cara membuat bagian pembukaan terlebih dahulu yang terdiri dari salam atau kalimat pembuka

  • Pendahuluan

Pada bagian ini, anda bisa membuat contoh pidato singkat yang berisi sedikit gambaran tema atau topik yang akan dibahas.

  • Isi atau materi pidato

Secara sistematis isi materi pidato terdiri dari maksud, tujuan, sasaran, rencana, langkah.

  • Penutup

Penutup pidato dalam hal ini berisikan kesimpulan, harapan, pesan, salam penutup.

Demikian ulasan tentang pengertian pidato hingga cara membuat contoh pidato singkat yang dapat anda jadikan referensi dalam membuatnya. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Jenis, Cara Membuat dan Contoh Pidato Singkat yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel