Pengertian dan Mengetahui Contoh Dialog Interaktif yang Baik dan benar

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai contoh dialog interakstif yang baik dan benar. Bahkan sebenarnya kita sudah sering melakukan dialog interaktif bersama dengan orang-orang yang ada di sekitar kita. Hanya saja pada kesempatan kali ini kami akan lebih membahas mengenai dialog interaktif resmi secara lebih dalam lagi.

Pengertian dan Mengetahui Contoh Dialog Interaktif yang Baik dan benar

Dialog interaktif sebenarnya dapat anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya pada saat kita menjumpai pertemuan atau agenda yang membahas suatu hal dengan mendatangkan narasumber yang ahli, baik yang ada dalam televisi maupun kehidupan bermasyarakat.

Nah, sebenarnya percakapan yang aktif antara narasumber dengan peserta itulah yang disebut sebagai salah satu contoh dialog interaktif? Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian dan contoh dialog interaktif akan kami jelaskan secara lebih detail dan rinci pada artikel kali ini. Langsung saja yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Dialog Interaktif

Pertama-tama mari kita bahas pengertian dialog interaktif terlebih dahulu. Apa itu kalimat interaktif? Jadi, sebenarnya dialog Interaktif sendiri adalah suatu agenda diskusi yang membahas mengenai sebuah topik yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat. Pada saat melakukan dialog interaktif biasanya hal ini akan dilakukan dengan mengundang orang yang ahli (pakar) dalam topik tersebut sebagai narasumber.

Dialog interaktif biasanya dilakukan di televisi, radio, maupun forum umum yang sekaligus melibatkan para pendengar untuk menanggapi isi pembicaraan dialog yang sedang dibahas agar lebih interaktif lagi.

Unsur-unsur Dialog Interaktif

Unsur-unsur dialog interaktif hampir sama halnya dengan sebuah berita. Unsur dialog interaktif terdiri dari beberapa unsur–unsur pembangun yaitu 5 W + 1 H. Tentunya Anda sudah paham betul tentang unsur 5 W + 1 H, kan? Nah, untuk lebih jelasnya lagi berikut akan kami jelaskan secara lebih lengkap, rinci dan detail mengenai unsur-unsur dialog interaktif lebih jelas.

Jadi, unsur-unsur dialog interaktif terdiri dari pertanyaan 5W + 1H sebagai berikut ini.

  • What : Apa yang sedang dibahas?
  • Who  : Siapa saja yang ada dan terlibat dalam pembahasan itu?
  • When : Kapan waktu terjadinya dialog interaktif tersebut dilaksanakan?
  • Where : Dimana lokasi dialog  interaktif tersebut dilaksanakan?
  • Why : Mengapa dialog interaktif tersebut diadakan?
  • How : Bagaimana jalan dan hasil dialog interaktif yang sudah dilakukan tersebut?


Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Dialog Interaktif

Pada saat diberi tugas atau pada saat Anda sedang mengikuti atau menyimak dialog interaktif agar kita tidak terlewatkan dari hal-hal penting yang sedang dibahas, terdapat beberapa hal yang perlu dan harus diperhatikan. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain adalah sebagai berikut.

  • Tema Dialog

Pertama hal yang harus kita perhatikan pada saat sedang menyimak dialog interaktif adalah mengenai tema. Jadi, kita harus mengetahui topik apa yang sedang dibahas.

  • Narasumber

Hal berikutnya yang harus diperhatikan pada saat menyimak dialog interaktif adalah tentang narasumber yang menyampaikan topik. Narasumber yang terlibat dalam dialog interaktif hharus memang benar-benar ahlinya.

  • Pendapat Narasumber

Hal selanjutnya yang perlu kita perhatikan adalah mengenai pendapatan dari narasumber. Jadi, pastikan anda memperhatikan pendapat narasumber, perhatikan apakah pendapat narasumber berdasarkan data dan fakta.

  • Kesimpulan Dialog

Hal penting terakhir yang harus anda perhatikan selanjutnya adalah pastikan anda mengetahui kesimpulan dari dialog interaktif yang sudah diperbincangan tersebut. Apa makna dan inti permasalah dari pembahasan dialog interaktif yang dibicarakan tersebut.

Komentar dalam Dialog Interaktif

Biasanya pada saat setelah kita selesai menyimak sebuah dialog, hal yang perlu kita lakukan yaitu memberikan komentar. Tidak hanya dalam menyimak dialog interaktif saja yang harus anda perhatikan, namun hal lainnya yang harus anda perhatikan adalah ketika hendak memberikan komentar dalam sebuah dialog interaktif. Berikut beberapa hal yang harsu diperhatikan pada saat akan memberikan komentar dalam dialog interaktif.

  • Sebaiknya berikan komentar yang bersifat objektif (tidak memihak)
  • Pastikan memberikan komentar yang disertai data dan fakta yang meyakinkan serta akurat
  • Komentar yang diberikan harus berisi alasan yang logis

Baca Artikel ini : https://www.pengertianteksprosedur.com/2019/02/pengertian-teks-prosedur-secara-umum.html


Cara Menyimpulkan Dialog Interaktif

Sebuah dialog interaktif pasti memiliki kesimpulan yang bisa diambil pelajarannya oleh kita sebagai para pendengar. Meskipun pada umumnya kesimpulan tersebut dibacakan oleh moderator, namun kita juga harus bisa menyimpulkannya sendiri.

Hal ini karena bisa jadi kesimpulan yang kita dapatkan berbeda dengan yang orang lain dapatkan seperti moderator. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui cara menyimpulkan dialog interaktif yang sedang dibicarakan. Berikut ini  cara menyimpulkan dialog interaktif:

  • Perhatikan dialog tersebut

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah jangan sampai fokus kita teralihkan dengan suatu hal yang tidak penting. Sebab, apabila satu bagian saja hilang, maka kita akan kehilangan informasi utuhnya.

  • Ingatlah selalu 5 W + 1 H

Sebenarnya kita tidak harus mengikuti apa yang disampaikan oleh pembicara dan moderator kata demi kata pada perbincangan dialog interaktis. Namun, hal yang harus anda ingat adalah konsep 5 W + 1 H di dalam otak kita. Jadi, pastikan anda mencermati dengan tepat apa yang mereka bahas, siapa yang terlibat, kapan berlangsungnya peristiwa, dimana tempat peristiwa, mengapa, dan bagaimana prosesnya.

Nah, ketika kita sudah menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini, maka sebenarnya secara tidak langsung kita sudah mempunyai kesimpulan dialog interaktif tersebut.

  • Mencatat Jawaban 5W + 1H

Selanjutnya cara yang terakhir dapat kalian lakukan pada saat menyimpulkan suatu perbincangan pada dialog interaktif adalah mencatat jawaban dari 5 W + 1 H tersebut. Anda tidak harus mencatatnya dengan kalimat yang utuh, anda bisa mencatat saja poin-poin pentingnya yang dapat dikembangkan menjadi satu paragraf nantinya.

Contoh Dialog Interaktif Hitam Putih Trans7

Nah, untuk lebih jelasnya berikut akan kami beri contoh dialog interaktif di salah satu stasiun TV dalam acara yang cukup terkenal dan fenomenal. Langsung saja mari kita lihat contoh dialog interaktif Hitam Putih Trans7 berikut ini.

Nama acara : Hitam Putih
Stasiun TV : Trans 7
MC : Deddi Cobuzier
Narasumber : Indah dewi
Topik : Pengalaman mistis Indah di Lokasi Syuting
Isi Dialog Interaktif
Deddi : Halo, selamat malam Indah.
Indah : selamat siang, mas Deddi.
Deddi : Menurut sumber yang saya dengar katanya Indah ini punya film baru ya? Genrenya apa
Indah : Oh iya saya punya film baru, genrenya horror.
Deddi : saya dengar katanya pada saat syuting kamu melihat sesuatu ya? Boleh saya tahu sebenarnya apa yang kamu lihat?
Indah :  Nah, iya mas Deddi, jadi ceritanya pada saat syuting film itu  aku dapat peran tokoh utamanya yang mana tokoh utamanya ini punya kemampuan berkomunikasi dengan  dengan setan.  Sebenarnya aku itu termasuk salah satu orang yang tidak terlalu percaya dengan hal- hal mistis seperti itu. Tapi, karena pada difilm itu aku menjadi pemeran utama yang harus dibuka batinnya ternyata iya memang banyak.
Deddi : Kalau boleh tahu sebenarnya kapan dan dimana mata batin kamu di buka itu?.
Indah : Nah iya kejadiannya terjadi waktu habis selesai syuting dan di bukanya di Bandung sama sepupunya Risa yang menjadi tokoh yang aku perankan.
Deddi : Terus, menurut kamu nih siapa sih sosok yang paling menyeramkan dari film yang kamu perankan itu?
Indah : Iya ada, dia tuh seorang perempuan dari Belanda. Dia memang paling di benci  sama semua orang dan dia juga paling tidak suka kalau namanya di sebut.

Kesimpulan:

Jadi, kesimpulannya Indah tengah terlibat dalam pembuatan sebuah film yang bergenre horror sebagai pemeran tokoh utama yaitu Risa. Risa adalah sosok wanita yang mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dengan makhluk gaib. Pada saat proses syuting berlangsung, Indah memang mengalami beberapa hal yang baru yaitu ia bisa berinteraksi dengan makhluk gaib yang sebelumnya tidak pernah dilakukan.

Itulah informasi mengenai contoh dialog interaktif dan pengertiannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat dijadikan referensi. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Mengetahui Contoh Dialog Interaktif yang Baik dan benar"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel