Pengertian dan Contoh Resume Buku, Jangan Salah Resume Berbeda dengan Ikhtisar!

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Bagi seseorang yang ditugaskan untuk membaca sebuah buku atau sebuah esay biasanya kita akan ditugaskan untuk membuat resume buku mengenai uraian atau cerita singkat mengenai isi buku yang kita baca tersebut. Bagi para penulis, tentunya sudah tidak asing lagi dengan pembuatan resume buku. Namun bagi orang yang masih baru dalam dunia kepenulisan membuat resume buku masih dirasa sulit dan banyak memiliki kesalahan.

Pengertian dan Contoh Resume Buku

Bagi anda yang masih kurang paham apa itu resume buku, tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pengertian dan contoh resume buku yang dapat anda pelajari dan pahami serta dijadikan sebagai referensi dalam membuat sebuah resume. Langsung saja, yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Resume Buku

Sebelum membahas lebih jauh mengenai contoh resume buku, alangkah lebih baik jika kita mengetahui dan memahami terlebih dahulu apa itu resume buku. Jadi, pengertian resume buku itu sendiri adalah sebuah ringkasan atau rangkuman dari suatu tulisan/ karangan panjang yang dipangkas dengan mengambil bagian pokok serta menyisihkan rincian dan ilustrasinya.

Resume buku merupakan suatu cara yang sangat efektif sekali digunakan untuk menjelaskan inti atau pokok dari sebuah informasi yang ingin disampaikan kepada orang lain. Misalnya saja resume dari sebuah buku atau karangan lainnya. Resume buku yang dibuat dapat menjelaskan isi pikiran seorang pengarang menjadi lebih ringkas dan lebih mudah dipahami oleh para pembacanya.

Tidak hanya resume buku saja, kata “Resume” juga sering dipakai dalam dunia kerja/ karir yang diartikan sebagai daftar riwayat hidup (curriculum vitae). Yang mana Curiculum Vitae atau disingkat CV itu sendiri merupakan sebuah dokumen yang berisi rangkuman pengalaman, keahlian, dan pendidikan seseorang yang disusun sedemikian rupa. Tujuan membuat resume lamaran pekerjaan dalam bentuk CV tersebut adalah sebagai informasi tentang kualifikasi seseorang secara ringkas, padat, dan jelas.

Perbedaan Resume dengan Ikhtisar

Tidak jarang banyak orang yang menyamakan antara resume dan ikhtisar. Yang sebenarnya kedua istilah ini memiliki makna yang berbeda satu dengan yang lainnya. Apa perbedaan yang dimilikinya? Berikut akan kami jelaskan beberapa perbedaan mendasar antara resume dan ikhtiar.
  • Pengertian Resume/ Ringkasan/ Rangkuman
Resume dapat dikatakan sebagai ringkasan atau sebuah rangkuman yang berisi tentang gagasan pokok atau intisari dari suatu karangan/ tulisan yang dibuat dalam bentuk yang lebih pendek atau lebih ringkas. Isi dari sebuah resume tidak berbeda dengan ide gagasan pokok yang ada pada teks aslinya misalnya yang diambil dari sebuah buku.
  • Pengertian Ikhtisar
Sedangkan pengertian ikhtisar itu sendiri dilihat dari tujuannya adalah ikhtisar juga dapat diartikan sebagai sebuah ringkasan suatu karangan yang dibuat lebih pendek dari aslinya. Namun, yang membedakannya dengan resume adalah ikhtisar tidak mempertahankan urutan gagasan pokok yang membangun karangan tersebut.

Jadi denga kata lain, ikhtisar ini dapat dibuat oleh seseorang sesuai dengan pemahamannnya terhadap suatu karangan atau buku yang dibacanya. Pembuat ikhtisar juga bisa dibuat dengan menggunakan kata-kata sesuai pilihannya dalam menjelaskan inti suatu karangan yang dibaca.

Baca Juga : Pengertian Teks Prosedur


Tata Cara Membuat Resume

Sebelum membahas mengenai contoh resume buku, kami akan membahas mengenai tata cara membuat resume. Jadi, dalam membuat sebuah resume sebenarnya tidak terlalu sulit karena berpatokan pada tulisan aslinya. Adapun beberapa langkah-langkah cara membuat resume yang baik dan benar adalah sebagai berikut.
  • Membaca Naskah Asli
Hal pertama yang harus dilakukan ketika anda akan membuat resume adalah pastikan anda membaca naskah asli buku yang akan diresume secara keseluruhan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami isi dari naskah asli sebuah karangan tentunya kita harus membacanya hingga selesai. Akan lebih baik jika kita membaca naskah/ teks aslinya secara berulang-ulang karena hal ini akan membuat kita mengerti maksud yang ingin disampaikan penulis dari sebuah buku yang akan di resume.

Selain itu, pastinya akan ada beberapa kata atau istilah dalam suatu karangan yang sulit di mengerti dan di pahami. Oleh karena itu, dalam membuat sebuah resume akan lebih baik jika kita melibatkan sumber daya lain agar dapat memahami kata atau istilah yang sulit.
  • Menemukan Gagasan Utama
Kemudian langkah selanjutnya ketika sudah membaca karangan/ tulisan secara berulang-ulang,  tentunya kita akan menemukan gagasan utama atau pikiran utama dari tulisan yang ada di buku tersebut. Nah, selanjutnya untuk mempermudah kita perlu mencatat gagasan utama dari tulisan tersebut agar dapat membuat ringkasan yang sesuai.

Satu hal yang harus anda ketahui adalah dalam sebuah karangan/ tulisan, tidak semua paragraf mengandung gagasan pokok. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk menemukan gagasan utama secara teratur agar penulisan resume tidak melebar kemana-mana dan keluar dari batasannya.
  • Menulis Resume
Setelah Anda menemukan gagasan pokok dari suatu karangan atau tulisan misal dalam bentuk buku, tentunya Anda akan memiliki gambaran umum mengenai resumenya. Satu hal yang harus anda perhatikan bahwa untuk membuat resume harus disesuaikan dengan teks naskah asli yang ada pada buku yang akan Anda resume.

Pastikan anda menggunakan  kata dan kalimat dalam resume buku yang menggambarkan isi dari teks aslinya yang ada di buku. Namun, satu hal penting yang harus anda ingat adalah anda tidak boleh menambahkan pendapat pribadi di dalam resume tersebut, apalagi bila pendapat pribadi tersebut bertentangan dengan naskah aslinya.

Akan lebih baik jika anda menggunakan bahasa Indonesia yang mudah dicerna oleh siapa saja yang nantinya akan membaca resume buku milik anda. Walaupun di dalam naskah buku aslinya terdapat banyak istilah atau kata yang sulit dimengerti, ketika menyalinnya dalam bentuk resume anda bisa menuliskannya dalam bahasa yang lebih mudah di pahami oleh pembaca.

Kalimat dalam resume tidak perlu bertele-tele, hal ini sesuai dengan pengertian resume itu sendiri. Resume buku seharusnya memang dibuat dalam bentuk ringkasan yang padat, namun dapat mewakili isi dari buku aslinya yang diresume.
  • Membaca Ulang Resume yang Dibuat
Selanjutnya hal terakhir yang harus anda perhatikan dan Anda lakukan ketika membuat sebuah resume adalah pastikan anda membacanya kembali untuk memeriksa apakah ada kesalahan penulisan dalam resume buku yang dibuat. Beberapa hal yang wajib anda periksa untuk tahapan akhir diantaranya adalah penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, perikas juga penggunaan ejaan yang benar, periksa penggunaan tanda baca yang benar, dan pastikan anda memeriksa kesesuaian antara resume buku yang dibuat dengan naskah aslinya

Itulah beberapa hal mengenai contoh resume buku yang harus anda perhatikan dalam pembuatannya. Tata cara pembuatan resume buku yang sudah dijelaskan diatas dapat anda gunakan untuk membuat resume dari buku apa saja sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Membuat sebuah resume yang baik dan benar sangat mudah sekali bukan bahkan tanpa contoh resume buku secara pasti dan jelas, anda sudah dapat membuat resume hanya dengan memperhatikan tata cara pembuatan contoh resume buku yang sudah kami jelaskan diatas. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Resume Buku, Jangan Salah Resume Berbeda dengan Ikhtisar!"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel