Pengertian, Ciri, Kaidah Bahasa, Cara Membuat dan Contoh Teks Tanggapan Kritis

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Sebelum membahas mengenai pengertian teks tanggapan kritis, cara membuat dan juga contoh teks tanggapan kritis. Ijinkan kami bertanya terlebih dahulu kepada Anda semua. Jadi, apa sih sebenarnya yang Anda ketahui tentang teks tanggapan kritis?

Pengertian, Ciri, Kaidah Bahasa, Cara Membuat dan Contoh Teks Tanggapan Kritis

Ya, mungkin beberapa dari Anda semua yang membaca tulisan ini masih belum tahu atau bahkan belum paham tentang apa yang dimaksud dengan teks tanggapan kritis. Jadi, teks tanggapan kritis adalah suatu teks yang berisi tentang pendapat atau gagasan yang disampaikan oleh seorang individu terhadap persoalan atau situasi yang sedang dihadapi saat itu.

Nah, biasanya persoalan yang dibahas ini muncul karena adanya perbedaan antara apa yang di harapan dan dengan kenyataan. Lalu, individu yang akan membahas mengenai teks tanggapan kritis tersesbut akan mencoba mengkritik persoalan yang ada berdasarkan fakta, data serta alasan yang dapat meyakinkan orang lain tentang pendapat yang telah disampaikan.
Selengkapnya mengenai pengertian hingga contoh teks tanggapan kritis akan kami jelaskan pada artikel berikut ini.

Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Pengertian teks tanggapan kritis itu sendiri adalah suatu teks yang berisi tentang kritikan pedas terhadap suatu kesalahan atau persoalan. Biasanya teks tanggapan kritis ini dapat Anda gunakan dalam suatu forum yang mana pada saat tertentu kita akan dituntut untuk menerima semua kritikan dan menganalisis pendapat dari orang yang berbeda pendapat.

Selain itu, pengertian teks tanggapan kritis yang lainnya adalah suatu teks yang memuat kritik pedas terhadap sebuah hal yang lebih berfokus terhadap sebuah kesalahan. Sehingga takh heran jika  teks tanggapan kritis akan selalu hadir dalam sebuah perdebatan. Biasanya tanggapan kritis akan selalu muncul pada saat ada seseorang yang berpendapat atau pernyataan yang disampaikan tidak sesuai.

Namun, walauapun demikian kita juga harus tetap siap mendapatkan tanggapan atau kritikan, pada saat memberikan sebuah pernyataan. Mengapa demikian? Karena setiap tanggapan, saran dan kritik yang kita berikan tentunya akan memiliki sifat yang membangun untuk perubahan lebih baik.

Beberapa diantara Anda mungkin sudah pernah mempelajari tentang teks tanggapan kritis. Ya, sebenarnya materi teks tanggapan kritis merupakan materi yang ada pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang biasanya akan kita temui di jenjang SMP dan SMA.

Struktur Teks Tanggapan Kritis

Sama halnya dengan jenis teks yang lainnya, teks tanggapan kritis memiliki struktur yang berbeda dengan teks jenis lainnya. Struktur teks tanggapan kritis pada umumnya terdiri dari beberapa bagian yakni terdapat bagian evaluasi, deskripsi dan penegasan. Nah, langsung saja kita simak struktur teks tanggapan kritis berikut ini yuk untuk penjelasan lebih lengkapnya.

  • Evaluasi

Evaluasi merupakan bagian awal yang ada dalam teks tanggapan kritis. Pada bagian evaluasi ini biasanya akan berisi tentang pernyataan-pernyataan umum yang berhubungan dengan permasalahan yang telah disampaikan oleh penulis.

  • Deskripsi teks

Bagian selanjutnya yang ada dalam teks tanggapan kritis adalah bagian deskripsi teks. Pada bagian ini biasanya akan berisi tentang informasi yakni informasi yang berkaitan dengan alasan yang digunakan untuk mendukung atau menolak suatu pernyataan. Bagian deskripsi teks biasanya akan berada di bagian tengah teks tanggapan kritis.

  • Penegasan ulang

Bagian teks tanggapan kritis yang selanjutnya adalah bagian penegasan ulang yang berisi kesimpulan sekaligus saran terhadap sesuatu yang sudah diputuskan oleh individu dalam sebuah teks tanggapan kritis.


Baca Juga : Pengertian Teks Prosedur


Ciri-Ciri Teks Tanggapan Kritis

Sebelum menuju pembahasan contoh teks tanggapan kritis, akan lebih baik jika kita mengetahui apa saja ciri-ciri teks tanggapan kritis yang membuatnya berbeda dengan jenis teks yang lainnya. Hal ini tentunya memiliki tujuan agar Anda lebih mudah mengenalinya. Adapun ciri ciri teks tanggapan kritis adalah sebagai berikut ini.

  • Tanggapan yang biasanya akan dilontarkan dalam teks tanggapan kritis ini berkaitan dengan kejadian atau fenomena yang sedang terjadi saat ini di lingkungan sekitar.
  • Tanggapan yang diberikan penulis pada teks tanggapan kritis biasanya akan berisi tentang alasan dan juga fakta. Hal ini memiliki tujuan sebagai pemberi penguatan pada pendapat yang disampaikan.

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

Tidak hanya mengenai struktur dan ciri teks tanggapan kritis. Namun, ketika anda akan membuat teks tanggapan kritis pastikan anda memenuhi kaidah kebahasaan dari teks tanggapan kritis. Berikut ini beberapa kaidah kebahasaan dari teks tanggapan kritis yang wajib anda ketahui.

  • Pada umumnya jenis kalimat yang biasa digunakan dalam teks tanggapan kritis termasuk ke dalam kalimat yang bersifat kompleks. Komplek kompleks disini maksudnya adalah kalimat yang terdiri dari 2 verba dan 2 stuktur.
  • Teks tanggapan kristis menggunakan kata penghubung atau konjungsi atau penghubung yang bertujuan untuk menghubungkan antar kalimat dalam teks tanggapan kritis.
  • Teks tanggapan kritis akan menggunakan pilihan kata yang tepat.
  • Teks tanggapan kritis juga menggunakan rujukan. Yang mana kalimat rujukan ini biasanya akan digunakan sebagai penguat argumen yang disampaikan oleh penulis. Hal ini karena dalam penulisannya teks tanggapan kritis membutuhkan bukti untuk penguat argumen.


Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Fenomena Alam

Teks tanggapan kritis mengenai fenomena alam biasanya akan berisi tentang permasalahan alam yang yang terjadi di lingkungan sekitar kita. Contoh teks tanggapan kritis tentang fenomena alam dapat kita temukan di berbagai acara televisi, sebenarnya ada banyak teks tanggapan kritis tentang fenomena alam yang ada di televisi yang membahas mengenai segala permasalahan yang terjadi di alam sekitar.

Untuk lebih jelasnya berikut akan kami beri contoh teks tanggapan kritis tentang fenomena alam yang baru-baru ini terjadi.

Kabut Asap Riau
Akhir-akhir ini para penonton tv sering disuguhi dengan berita tentang tebalnya kabut asap yang pada saat ini melanda kepulauan riau. Kabut asap tersebut muncul karena adanya kebakaran hutan dengan radius yang sangat luas. Banyak warga Riau yang merasa terganggu dengan adanya permasalahan ini, sehingga sesame manusia tidak sedikit juga warga yang ada diluar pulau Riau merasa prihatin dengan terbakarnya kawasan hutan di kepulauan Riau tersebut.

Menurut penelitian dan penyelidikan munculnya kabut asap di Riau yang sangat tebal disebabkan karena kebakaran hutan yang terjadi dalam waktu yang lama. Namun, hingga saat ini masih belum ada yang tahu secara pasti apa sebenarnya penyebab dari kebakaran hutan di Riau ini. Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa kejadian ini terjadi karena terdapat campur tangan manusia dan termasuk faktor kesengajaan, namun ada juga beberapa orang yang beranggapan bahwa bencana ini murni disebabkan karena adanya fenomena alam yaitu cuaca El Nino.

Sebenarnya jika diteliti lebih dalam lagi,  kita tidak harus tahu mengenai alasan mengapa hutan di Riau bisa terbakar habis. Ya, karena pihak berwajib sendiri juga masih dalam proses penyelidikan bencana fenomena alam tentang kabut asap tersebut.

Namun, dampak negatif dari bencana kabut asap ini yang cukup meresahkan ini adalah  kabut asap yang dengan cepat dirasakan oleh penduduk sekitar sehingga banyak penduduk yang terkena penyakit sesak nafas dan juga pendeknya jarak pandang yang hanya menjangkau sekitar 10 meter saja. Bahkan, negara tetangga juga merasakannya karena tebalnya kabut asap yang terjadi.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kebakaran hutan yang terjadi di kepulauan Riau ini sangat sulit untuk dipadamkan. Oleh karena itu, sangat diperlukan usaha yang ekstra dan kesabaran untuk memadamkan api yang membakar kawasan hutan Riau yang sangat luas. Untuk mengatasi masalah pada keadaan dan kondisi seperti ini, akan lebih baik jika masyarakat hjuga ikut berperan aktif dalam proses pemadaman kebakaran ini. Hal ini karena hingga saat ini pun masyarakat hanya bisa mengeluh tanpa sekalipun melakukan tindakan.

Itulah pembahasan mengenai pengertian teks tanggapan kritis hingga cara membuat dan contoh teks tanggapan kritis. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Ciri, Kaidah Bahasa, Cara Membuat dan Contoh Teks Tanggapan Kritis"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel