Panduan Membuat Contoh Makalah yang Baik dan Benar

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Sebagai pelajar, contoh makalah yang baik dan benar pasti sudah sering diberikan oleh guru. Makalah adalah makanan sehari-hari bagi pelajar dan mahasiswa. Setiap selesai suatu materi biasanya akan diberikan tugas untuk membuat makalah.

Tugas makalah diberikan guru bukannya tanpa maksud, dengan membuat makalah seorang pelajar atau mahasiswa bisa lebih memahami materi yang pernah di berikan. Tapi sayangnya tidak semua bisa membuat contoh makalah yang baik dan benar.

Panduan Membuat Contoh Makalah yang Baik dan Benar

Untuk membuat makalah, perlu dipahami dulu teori tentang makalah. Ada juga tahapan-tahapan yang harus dilakukan supaya proses membuat makalah bisa berjalan dengan baik. Untuk membantumu, berikut akan diberikan sedikit ulasan mengenai teori makalah dan juga penjelasan mengenai contoh makalah yang baik dan benar.

Pengertian dan Ciri-ciri Makalah

Pengertian makalah menurut KBBI (Andas Besar Bahasa Indonesia) adalah tulisan resmi tentang suatu pokok bahasan yang disusun untuk nantinya dibacakan di muka umum pada suatu persidangan. Yang biasanya sering diterbitkan.

Pengertian makalah menurut Bapak Tanjung dan Ardial (ahli bahasa) adalah suatu karya ilmiah yang memuat pemikiran dari suatu topik masalah tertentu, ditulis dengan cara yang sistematis, disertai juga dengan analisis yang rasional dan juga objektif.

Pengertian makalah menurut Surakhmad adalah semua jenis tugas kuliah yang wajib untuk diselesaikan secara tertulis, baik itu sebagai suatu hasil karangan maupun sebagai pembahasan buku tentang pokok permasalahan tertentu.


Ciri-ciri Makalah

Untuk bisa membuat contoh makalah yang baik dan benar, Anda harus memahami dulu ciri-ciri makalah. Ada beberapa karya ilmiah lain selain makalah seperti jurnal, artikel, dan paper. Untuk membedakan atau mengidentifikasi bahwa suatu karya ilmiah disebut dengan makalah, ada beberapa ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh makalah.

Ciri-ciri dari makalah berdasarkan isi pembahasan diantaranya adalah:
  • Berisi sebuah kajian literatur maupun laporan dari suatu kegiatan yang dilakukan di lapangan sesuai dengan pokok bahasan suatu mata pelajaran ataupun mata kuliah tertentu.
  • Isi dari makalah mendemonstrasikan suatu pemahaman dari si pemakalah tentang suatu permasalahan teoritik yang kemudian dilakukan pengkajian dengan menerapkan prosedur, teori, dan juga prinsip yang sesuai dengan mata kuliah atau mata pelajaran tertentu.
  • Menggambarkan kemampuan dari si pembuat makalah dalam meramu berbagai macam teori dan juga informasi yang didapatkan menjadi suatu kesatuan yang utuh. Karena itu makalah harus disusun dengan cermat dan seksama oleh pembuat makalah supaya hasilnya sempurna. Tata bahasa, etika menulis, etika mengutip dan cara menyimpulkan gagasan harus diperhatikan. 
  • Struktur atau sistematikanya sudah paten.

Jenis-jenis Makalah

Untuk membuat contoh makalah yang baik dan benar, Anda harus memahami jenis-jenis makalah. Tiap jenis makalah memiliki tujuan masing-masing. Dengan mengetahui jenis-jenis makalah, Anda bisa membuat contoh makalah yang baik dan benar sesuai kebutuhan.

Berikut beberapa macam makalah yang dibedakan berdasarkan jenisnya:
  • Makalah Induktif. Jenis makalah ini disusun dengan hasil data yang empiris yang didapatkan dari penelitian di lapangan secara langsung. Makalah jenis ini disusun menggunakan pola induksi dimana pada bagian awal disampaikan hal-hal yang bersifat khusus kemudian selanjutnya ditarik kesimpulan yang bersifat umum.
  • Makalah Deduktif. Berbeda dengan makalah induktif yang harus terjun ke lapangan, makalah deduktif bisa disusun hanya dengan bantuan literatur yang sudah ada. Jadi data-data bisa didapatkan dari buku, artikel atau referensi lainnya. Tapi tentu saja literatur yang digunakan sebagai bahan sudah tervalidasi. Makalah ini menggunakan pola deduksi, dimana pada bagian awal dijabarkan dulu pendangan umumnya, kemudian hal-hal spesifik atau yang bersifat khusus dijabarkan untuk mendukung bagian awal tadi.
  • Makalah Campuran. Pada jenis makalah ini, pola induktif dan deduktif digabungkan secara bersamaan untuk menyusun makalah. Dasar penyusunannya menggunakan kajian di lapangan dan juga riset literatur.

Langkah-langkah Membuat Makalah

Untuk Anda yang masing bingung dengan cara membuat makalah. Berikut akan dijelaskan langkah-langkah membuat makalah supaya Anda bisa membuat contoh makalah yang baik dan benar.
Perhatikan baik-baik tiap langkah dan susunannya. Hal ini supaya hasil makalah yang Anda buat bisa baik dan benar. Saat makalah yang Anda buat salah, Anda tentu akan bingung karena harus melakukan revisi.

Persiapkan kertas dan format makalah
Sebelum menyusun contoh makalah yang baik dan benar, langkah pertama adalah menyiapkan dulu beberapa hal seperti kertas dan juga menyusun format makalah.
  • Sampul untuk makalah biasanya menggunakan Kertas Buffalo (boleh berwarna). Ditambahkan sampul mika akan lebih baik.
  • Ukuran kertas biasanya menggunakan ukuran kertas A4.
  • Model huruf yang dipakai biasanya Times New Roman atau Arial. Hal ini menyesuaikan permintaan dari guru atau dosen.
  • Ukuran huruf dalam makalah menggunakan ukuran 12
  • Untuk jarak spasinya menggunakan 1,5
  • Setting margin umumnya menggunakan ukuran berikut
Bagian Atas : 4 cm, Bagian Bawah : 3 cm, Bagian Kanan : 3 cm, dan Bagian Kiri : 4 cm
Ukuran ini bisa disesuaikan juga sesuai request dari guru atau dosen, tapi kurang lebih ukurannya seperti itu.

Struktur atau susunan makalah
Sesudah Anda menyiapkan kertas dan juga format penulisa, Anda bisa beranjak ke langkah selanjutnya yaitu menyusun contoh makalah yang baik dan benar. Makalah yang baik dan benar harus memenuhi setidaknya 8 unsur yang akan dijelaskan dibawah.
  • Cover
Pada bagian ini, judul makalah ditulis menggunakan huruf kapital semua dan menggunakan rata tengah. Logo sekolah atau logo kampus diletakan dibawah judul, dibuat ditengah dengan ukuran yang disesuaikan. Dituliskan tujuan pembuatan makalah, juga nama penyusun, kemudian, nama institusi dan tahun ajaran.
  • Bagian Kata Pengantar
Biasanya dibuka dengan rasa syukur atas dibuatnya makalah. Dilanjutkan dengan ucapan terima kasih, permohonan saran dan kritik, dan harapan umum, kemudian penutup.
  • Daftar Isi
Daftar isi dibuat per bab. Disarankan untuk memanfaatkan fitur daftar isi yang otomatis di Ms. Word. Jadi Anda tidak harus membuat titik-titik secara manual.
  • Pendahuluan Makalah
Pada bagian ini berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan pembuatan makalah, manfaat dari makalah ini.
  • Pembahasan Makalah
Pada bagian ini dijelaskan pembahasan dari topik yang ingin diangkat. Biasanya juga disusun sub-sub bab.
  • Penutup Makalah
Pada bagian ini berisi kesimpulan dan saran.
  • Daftar Pustaka
Daftar pustaka ini berisi referensi-referensi yang Anda gunakan dalam menyusun makalah. Bisa situs tertentu, buku, literatur lain. Penulisan daftar pustaka memiliki ketentuan tersendiri, Anda harus menuliskan dengan benar.

Berikut contoh penulisan daftar pustaka dari sebuah buku. Susunannya adalah
Nama Pengarang (nama penulis ditulis dengan dibalik). Tahun terbit. Judul buku. Tempat Terbit:

Nama Penerbit.
Contoh:
Ariyanto, Dwi. 2000. Memahami Penelitian dan Metode Penelitian. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
  • Lampiran
Lampiran hanya disertakan jika memang ada yang perlu dilampirkan.

Itu dia penjelasan mengenai makalah dan panduan cara menyusun contoh makalah yang baik dan benar. Semoga penjelasan diatas bisa dipahami dengan baik dan bisa membantu.

Belum ada Komentar untuk "Panduan Membuat Contoh Makalah yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel