Panduan Cara Membuat Pasport Online Terbaru

Saat ini, trend traveling tengah naik. Tak jarang tujuan travelingnya adalah luar negeri. Saat ingin traveling keluar negeri, salah satu dokumen yang dibutuhkan adalah pasport. Karena semakin tingginya permintaan pembuatan pasport, cara membuat pasport online mulai dikembangkan pihak imigrasi.
Panduan Cara Membuat Pasport Online Terbaru

Dulu, untuk membuat pasport, anda harus antri panjang di kantor imigrasi. Untuk orang yang cukup sibuk, harus antri lama pasti sangat merepotkan. Dengan diberlakukannya sistem online ini, proses pembuatan bisa lebih memangkas waktu.

Tapi bukan berarti anda kemudian bebas untuk tidak datang ke kantor imigrasi. Anda tetap harus datang ke kantor imigrasi untuk wawancara, verifikasi berkas, foto dan juga pengambilan sidik jari. Tapi tentu saja, waktu yang anda butuhkan lebih efektif jika mengurusnya lebih dulu melalui sistem online.

Mengenal Apa Itu Pasport

Sebelum kita membahas tentang cara membuat pasport online, ada baiknya kita memahami lebih dulu apa itu pasport, fungsinya, dan macamnya. Pasport adalah suatu dokumen resmi yang dikeluarkan pejabat berwenang dari suatu negara, yang berisi identitas pemegangnya untuk bisa melakukan perjalanan lintas negara.

Sederhananya, pasport adalah tanda pengenal resmi kita saat sedang melakukan perjalanan diluar negara asal kita.

Pasport memiliki beberapa macam. Tiap-tiap macam memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut macam-macam pasport berikut fungsinya:

  • Paspor Hijau. Ini merupakan pasport biasa yang umum dimiliki orang-orang untuk kebutuhan kunjungan biasa ke luar negeri. Pasport ini dikeluarkan oleh Ditjen Keimigrasian dari Departemen Hukum dan HAM .
  • Pasport Biru. Ini merupakan pasport untuk kebutuhan dinas. Paspor ini dikhususkan untuk PNS atau konsultan pemerintahan yang akan melakukan perjalanan dinas ke luar negeri tapi tidak untuk tujuan diplomatik. Pasport jenis ini dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri atas izin Sekretariat Negara.
  • Pasport Hitam. Ini merupakan pasport yang dikeluarkan khusus bagi diplomat-diplomat yang sedang bekerja diluar negeri. Pasport ini dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri.

Cara membuat pasport online yang akan dijelaskan di bawah adalah pembuatan pasport biasa, melalui sistem online, bukan membuat pasport elektronik atau e-paspor. Jika sudah memahami arah pembahasannya, mari kita ulas lebih dalam mengenai cara membuat pasport online.

Prosedur Membuat Pasport Online

Cara membuat pasport secara online, ada beberapa langkah yang perlu anda ikuti. Berikut langkah-langkahnya:

  • Mengunduh Aplikasi Pasport Online.

Cara membuat pasport online tahap pertama, anda harus mengunduh atau mendownload aplikasi Pasport Online. Anda bisa mendownloadnya dari Google Play untuk Android dan Apple Store untuk iPhone. Anda bisa mendownloadnya secara gratis.

Setelah selesai mendownloadnya, anda akan diminta memasukkan email dan nomor telepon milik anda. Tunggu hingga muncul konfirmasi pendaftaran di inbox email. Anda akan mendapatkan kode, masukan kode tersebut ke aplikasi. Setelahnya anda akan diminta mengisi data diri lengkap sesuai kartu identitas atau KTP.

Pastikan semua data yang anda isi sudah benar. Jika sudah selesai memasukan data diri, klik lanjut.  Anda akan diarahkan ke halaman baru. Di halaman baru tersebut, pilih menu yang ada di bagian pojok kiri atas. Disiti anda akan diminta memilih kantor Imigrasi yang ingin anda tuju untuk mengurus permohonan pasport.

Anda juga akan diminta untuk memilih jadwal. Anda bebas menentukan sendiri kapan bisa datang ke kantor Imigrasi untuk mengurus permohonan. Disitu anda akan diminta mengisi kolom tanggal, jam (hanya dua piliha pagi dan siang), dan jumlah pemohon. Setelahnya klik lanjut.

Setelah semua proses itu selesai anda lakukan, anda akan mendapatkan file pdf dikirim ke email anda. Cetak file tersebut dan pastikan anda bawa pada jadwal dimana anda ke kantor Imigrasi untuk mengurus kelanjutannya.

Selain file tanda bukti tadi, ada beberapa berkas dan persyaratan yang harus anda bawa.

  • Membawa berkas yang diperlukan.

Cara membuat pasport online tahan kedua adalah dengan membawa berkas-berkas yang dibutuhkan dan tanda bukti cetak pendaftaran online.

Berkas-berkas yang harus anda persiapkan adalah:

  • KTP (wajib menggunakan e-KTP)
  • Kartu Keluarga update
  • Akta Kelahiran atau surat baptis
  • Buku nikah atau akta perkawinan (pilih salah satu), ijazah
  • Paspor lama (khusus untuk syarat perpanjangan)

Berkas diatas adalah berkas untuk pasport orang dewasa. Jika anda memiliki anak, dan butuh membuatkan pasport bagi anak anda, berikut berkas-berkas yang diperlukan:

  • KTP orang tua (keduanya, KTP masih aktif)
  • Kartu Keluarga
  • Akta kelahiran maupun surat baptis
  • Buku nikah milik orang tua atau bisa juga akta perkawinan
  • Bagi yang memiliki pasport sebelumnya, pasport lama juga harus dibawa.

Setelah berkas-berkasi dipersiapkan, pastikan semua berkas ini dibawa saat jadwal anda harus ke kantor Imigrasi

  • Mengurus ke Kantor Imigrasi

Cara membuat pasport online tahap ketiga, pada jadwal yang sudah ditentukan, datanglah ke kantor Imigrasi yang sudah anda pilih sebelumnya lewat aplikasi. Jangan lupakan membawa berkas-berkas dan tanda bukti pendaftaran online.

Di kantor Imigrasi ini, akan dilakukan proses verifikasi berkas dan juga wawancara. Di wawancara, anda akan ditanya mengapa anda membutuhkan pasport. Setelah wawancara selesai, anda akan diarahkan untuk melakukan pembayaran pembuatan pasport berikut administrasinya.

Anda bisa membayarkannya melalui bank. Pasport ini tidak akan langsung jadi. Membutuhkan setidaknya empat hari atau 1 minggu. Jika pasport sudah jadi, anda akan dihubungi dan akan diminta untuk mengambilnya kembali di kantor Imigrasi.

Itu dia cara membuat pasport online dengan langkah-langkah detailnya. Anda tinggal mengikuti langkah-langkahnya. Dengan diberlakukannya sistem online ini, anda akan jauh lebih dimudahkan.

Mengenal Visa dan Cara Membuat Visa

Selain pasport, dokumen lain yang dibutuhkan untuk berkunjung ke negara lain adalah Visa. Visa merupakan suatu surat izin yang dikeluarkan oleh kedutaan negara asing yang nantinya akan menjadi tujuan pemohon. Bentuknya bisa berupa stiker visa atau juga stempel pada pasport.

Tiap-tiap negara yang akan dikunjungi, memiliki syarat yang berbeda-beda untuk menerbitkan Visa. Beberapa syaratnya misalnya seperti keharusan memiliki tiket pulang, kejelasan alamat tujuan di luar negeri, memiliki tabungan dengan jumlah tertentu, harus memiliki kartu turis, pernah mendapat visa dari negara lain, dan berbagai syarat lainnya.

Namun tidak semua negara mengharuskan bagi orang lain untuk memiliki visa jika ingin masuk ke negara mereka. Contohnya, untuk wilayah ASEAN yang sudah memberlakukan bebas Visa bagi seluruh warga negara yang tergabung dalam ASEAN yang ingin berkunjung ke negara ASEAN lain.

Visa juga memiliki beberapa macam dan memiliki fungsi tertentu. Beberapa jenis Visa diantaranya adalah: Visa kunjungan sementara (untuk kebutuhan mengunjungi keluarga di negara tujuan, untuk tujuan wisata, untuk tujuan bisnis), Visa Kerja, Visa Transit, Visa Belajar, Visa Pertukaran Pelajar, Visa On Arrival, Visa Khusus Pegawai Internasional, Visa Diplomatik, Visa Khusus Bisnis, Dan Exit Visa.

Untuk bisa mendapatkan Visa, beberapa berkas yang harus anda miliki diantaranya adalah:

  • Paspor pribadi
  • Formulir online
  • Bukti pembayaran Visa
  • Foto diri
  • Bukti keuangan
  • Surat keterangan kerja atau sekolah/kuliah

Itu dia sedikut ulasan mengenai cara membuat pasport online dan juga Visa. Dengan panduan yang sudah dijelaskan diatas, semoga anda bisa terbantu.

Belum ada Komentar untuk "Panduan Cara Membuat Pasport Online Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel