Contoh Teks Eksposisi : Pengertian, Ciri-ciri, Jenis-jenis, Struktur Teks Eksposisi

Contoh teks eksposisi biasanya ditemukan dalam sebuah tulisan yang membahas hal cukup serius. Tema besar yang diangkat biasanya tentang Ekonomi, Pendidikan, Politik, Hukum, dll. Umumnya, kita bisa mendapati teks eksposisi dalam penulisan berita.

Contoh Teks Eksposisi : Pengertian, Ciri-ciri, Jenis-jenis, Struktur Teks Eksposisi

Teks Eksposisi ditulis dengan banyak data. Bahkan saat penulis menyampaikan opininya, opini tersebut tidak bisa semena-mena dikeluarkan, harus ada landasan datanya. Karena teks eksposisi ini terasa begitu serius, tak jarang murid-murid yang sedang mempelajari materi ini menjadi bingung.
Untuk membantu pemberikan pemahaman mendalam tentang teks eksposisi, berikut akan disampaikan beberapa penjelasan teori soal teks eksposisi dan juga contoh teks eksposisi dalam beberapa topik.7

Pengertian dan Ciri-Ciri

Teks eksposisi merupakan suatu bentuk tulisan atau karangan dimana dalam tulisan tersebut tersusun dari sejumlah paragraf yang mengandung sejumlah informasi valid, akurat, ilmiah, dan non fiksi. Tulisan disajikan secara singkat, padat dan juga jelas sehingga tulisan ini bisa menjelaskan suatu pemikiran dan membawa pembaca tulisannya ke pandangan yang lebih luas lagi.

Keraf (1995), seorang ahli Bahasa Indonesia bernama Keraf (1995) mendefinisikan teks eksposisi ini sebagai suatu bentuk wacana yang berusaha memberikan uraian terhadap sesuatu hal atau obyek tertentu. Wacana tersebut diharapkan bisa memperluas pandangan atau pengetahuan dari pembaca teksnya.
 
Sedangkan menurut Andas Besar Bahasa Indonesia, teks esposisi adalah suatu uraian atau suatu paparan singkat yang bertujuan untuk menjelaskan maksud dan juga tujuan dari sebuah teks. Atau secara sederhana, teks eksposisi merupakan bentuk wacana untuk memaparkan sebuah informasi mendalam mengenai suatu obyek sehingga pembacanya bisa memiliki sudut pandang yang lebih luas.

Contoh teks eksposisi memiliki ciri-ciri yang bisa Anda tandai. Berikut ciri-ciri dari teks eksposisi :
  • Pada penulisan karangan, tata bahasanya menggunakan tata bahasa yang baku.
  • Pembahasan yang tuangkan dalam tulisan adalah sebuah fakta. Meskipun penulis menyisipkan suatu bentuk opini, opini tersebut memiliki landasan data yang kuat.
  • Gaya penulisan pada karangan teks eksposisi sifatnya “persuasi informatif”. Jadi penulis akan melakukan pendekatan halus untuk membujuk pembaca supaya bisa memegang sudut pandang tertentu, dengan cara memaparkan data-data.
  • Berbagai macam data dan juga informasi dipaparkan dengan gamblang.
  • Tulisan dibuat secara objektif, dengan kata lain tulisan tidak berdiri pada pihak tertentu, tapi bersifat netral. Penulis menuliskan karangan berdasarkan paparan data yang konkret.
  • Karangan ditulis dengan landasan data dan juga fakta yang valid, tidak abal-abal.
  • Itulah ciri-ciri dari teks eksposisi yang bisa Anda pahami. Jika suatu saat Anda mendapati sebuah karangan yang memiliki ciri-ciri seperti diatas, bisa dipastikan teks tersebut merupakan contoh teks eksposisi.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

Selain memiliki ciri-ciri khusus yang membedakan dirinya dengan teks lain, teks eksposisi ternyata juga terbagi dalam beberapa jenis. Berikut jenis-jenis teks eksposisi.
  • Teks eksposisi definisi. Pada contoh teks eksposisi definisi, isinya hanya pengertian atau definisi-definisi dari suatu hal yang dijelaskan secara mendalam.
  • Teks eksposisi pengerjaan. Pada teks eksposisi pengerjaan, berisi langkah-langkah yang urut dan sistematis untuk melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan.
  • Teks eksposisi gambaran. Pada contoh teks eksposisi gambaran, akan didapati suatu penggambaran mendalam terhadap suatu topik. Gambaran yang dituangkan dalam teks dibuat dengan singkat namun jelas dan mendetail.
  • Teks eksposisi laporan. Pada contoh teks eksposisi laporan, biasanya akan didapati hasil penelitian atau hasil wawancara. Prisipnya, teks jenis ini memuat suatu laporan hasil kegiatan.
  • Teks eksposisi perbandingan. Pada teks eksposisi perbandingan, berisi perbandingan antara topik tertentu. Jadi satu topik akan dibandingkan dengan topik lainnya. Tapi tentu saja topik yang dibandingkan masih memiliki keterkaitan atau benang merah.
  • Teks eksposisi pertentangan. Prinsipnya hampir sama dengan teks eksposisi perbandingan, tapi pada teks eksposisi pertentangan, antara topik satu dan lainnya dibuat bertentangan. Tentu saja untuk topiknya masih memiliki ikatan.
Ada enam jenis teks eksposisi yang harus Anda pahami masing-masing. Selain untuk membantu mengidentifikasi jenis teks eksposisi, jika suatu saat Anda diminta untuk membuat contoh teks eksposisi, Anda bisa memilih jenis teks eksposisi sehingga arah penulisan karangan bisa lebih terarah.

Yang perlu di garis bawahi, teks eksposisi bukanlah suatu teks tunggal. Teks eksposisi yang panjang biasanya terbagi dalam beberapa bagian, dengan memasukan jenis teks eksposisi yang berbeda-beda, menyesuaikan kebutuhannya.

Struktur Teks Eksposisi

Setelah mengetahui teori tentang teks eksposisi, sudah saatnya Anda untuk membuat teks eksposisi sendiri. Sebagai panduan dalam membuat contoh teks eksposisi, ada struktur yang bisa Anda gunakan sebagai panduan. Berikut struktur teks eksposisi :
  • Tesis atau pernyataan pendapat. Biasanya bagian tesis ini disampaikan dibagian awal dari sebuah karangan teks eksposisi. Di bagian tesis ini, penulis menyampaikan dugaan atau prediksi berdasarkan data valid yang sudah dikaji. Dengan kata lain, dugaan tersebut tidak sembarangan, tapi memiliki landasan yang terukur.
  • Argumentasi. Pada bagian argumentasi ini, penulis akan menyampaikan kalimat-kalimat yang mendukung tesisnya. Tak hanya kalimat pendukung, tak menutup kemungkinan bahwa pada bagian argumentasi ini juga menyampaikan kalimat sanggahan pada tesis.
  • Penegasan ulang. Pada bagian ini, penulis akan memberi penguatan atas fakta-fakta yang dituangkan pada bagian tesis dan bagian argumentasi. Bagian ini bisa juga disebut sebagai bagian simpulan dari suatu topik.

Contoh Teks Eksposisi

Berikut adalah contoh teks eksposisi singkat menyesuaikan struktur yang sudah dijelaskan diatas.

***

(Contoh teks eksposisi bertema lingkungan)
Pemanasan Global dan Hilangnya Hutan Lindung

Tesis:
Pemanasan Global adalah suatu keadaan dimana suhu bumi berada di titik panas yang sangat tinggi. Pemanasan global berdampak buruk terhadap lingkungan. Beberapa dampak buruk tersebuat diantaranya adalah menipisnya lapisan ozon bumi sehingga sinar ultraviolet dari matahari bisa langsung masuk ke bumi, permukaan air laut yang naik karena es di kutub yang mencair, dan dampak-dampak lain.

Banyaknya gas CO2 di atmosfer bumi yang membuat pemanasan global ini terjadi. Gas CO2 inilah yang membuat lapisan ozon semakin menipis. Terjadinya peningkatan gas CO2 ini karena pohon yang mampu menyerap CO2 untuk untuk diproses menjadi O2 jumlahnya tidak cukup. Terlebih lagi sekarang sudah mulai banyak pembukaan lahan-lahan baru dengan mengorbankan sejumlah hutan.

Argumentasi:

Beberapa tahun ke belakang, suhu bumi terus naik dengan drastis. Dampak dari hal ini sudah mulai bisa dilihat dan dirasakan.

Pemanasan global terjadi karena jumlah gas CO2 di atmosfer bumi yang jumlahnya cukup tinggi. Penyebab dari naiknya intensitas gas CO2 ini karena jumlah gas buang CO2 dari pabrik dan kendaraan bermotor juga terus naik.

Perhatikan saja kemacetan yang terus terjadi. Hal ini menunjukan bahwa jumlah pengguna kendaraan bermotor terus bertambah. Pembukaan pabrik-pabrik baru juga masih banyak dilakukan. Bayangkan berapa banyak gas buang yang dihasilkan oleh negara industri yang memiliki banyak pabrik.

Yang membuat hal ini semakin parah adalah semakin sedikitnya lahan hutan di dunia. Banyak terjadi kasus penebangan liar di hutan-hutan. Yang miris lagi, ada banyak lahan hutan lindung yang kemudian beralih fungsi menjadi hutan produksi.

Kenaikan intensitas gas CO2 yang dihasilkan bumi tidak sebanding dengan jumal pohon di bumi. Padahal adanya pohon-pohon ini digunakan untuk mengontrol intensitas CO2 supaya jumlahnya tidak berlebih dan membahayakan bumi.

Penegasan ulang:

Beberapa tahun kebelakang, pemanasan global yang melanda bumi semakin parah. Banyaknya pabrik yang terus beroperasi dan terus meningkatnya pengguna kendaraan bermotor akan membuat kondisi ini semakin parah karena produksi gas CO2 yang terus naik.

Keadaan ini juga sudah semakin parah jika melihat kenyataan dilapangan bahwa hutan yang berperan untuk mengontrol kadar CO2 semakin sedikit saja jumlahnya. Jika penebangan liar dan alih fungsi hutan lindung ke hutan konservasi terus berlanjut, keadaan ini akan semakin parah.
***

Itu dia penjelasan mengenai teori teks eksposisi dan contoh teks eksposisi. Semoga dengan penjelaasan dan contoh teks eksposisi yang diberikan, Anda bisa lebih paham dengan materi ini. Selamat belajar.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Teks Eksposisi : Pengertian, Ciri-ciri, Jenis-jenis, Struktur Teks Eksposisi"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel