Contoh Surat Rekomendasi yang Baik dan Benar

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Pengertian surat rekomendasi apabila diartikan secara sederhana yaitu sebuah surat yang biasanya akan dibuat oleh seorang pimpinan atau pejabat tertentu yang berisi keterangan tentang seseorang berdasarkan fakta – fakta yang ada. Fakta ini biasanya akan berisi mengenai data-data yang sesuai dengan permintaan dari orang yang meminta surat rekomendasi tersebut.

Contoh Surat Rekomendasi yang Baik dan Benar

Jenis surat rekomendasi terdiri dari berbagai macam mulai dari surat rekomendasi sekolah, surat rekomendasi kuliah, surat rekomendasi beasiswa, surat rekomendasi kerja dan lain sebagainya.

Tujuan Dibuatnya Surat Rekomendasi

Secara umum, surat rekomendasi ini biasanya akan dipergunakan untuk keperluan pribadi perseorangan untuk melancarkan suatu tujuan tertentu. Misalnya saja, seorang pimpinan biasanya memberikan surat rekomendasi berdasarkan catatan perusahaanya berupa fakta dan data orang yang meminta surat rekomendasi tersebut. Salah satu tujuan surat rekomendasi yang dibuat biasanya akan digunakan oleh seseorang kepada orang lain untuk melamar pekerjaan.

Surat rekomendasi ini memang sangat berguna sebagai dukungan moral untuk pemegang surat rekomendasi karena isi dari surat rekomendasi ini biasanya akan bersifat membenarkan dan menguatkan terhadap hal-hal dan fakta yang baik. Sedangkan untuk pihak yang memberikan surat rekomendasi, bisa dikatakan bahwa jenis surat ini tidak memiliki manfaat selain untuk menambah keakraban dan silaturahmi orang yang meminta.

Tujuan Surat rekomendasi yang lainnya secara umum biasanya akan dipergunakan oleh pemegang untuk berbagai keperluan yang intinya untuk mempermudah. Isi dari surat rekomendasi itu sendiri tidak bersifat rahasia karena nantinya surat ini akan dibaca dan akan diketahui oleh pihak ketiga yakni adalah pihak yang nantinya akan diberi surat rekomendasi tersebut.

Kumpulan Contoh Surat Rekomendasi

Ada banyak contoh surat rekomendasi yang dapat anda buat dengan tujuan yang berbeda-beda namun sebenarnya memiliki tujuan yang sama untuk memberitahukan kelayakan dan kebaikan dari seseorang yang memintanya. Tujuan surat rekomendasi secara umum adalah untuk membenarkan dan menguatkan akan hal – hal yang baik, sehingga pemegang surat rekomendasi akan dimudahkan dalam mengurus sesuatu atau dalam mencari pekerjaan.

Berikut akan kami berikan beberapa contoh dari surat rekomendasi yang baik dan benar yang banyak dicari oleh orang-orang yang membutuhkannya.

Contoh Surat Rekomendasi Untuk Melanjutkan Studi

Seperti yang kita ketahui, untuk menuntut ilmu tidak pandang siapa saja. Semua berhak untuk melanjutkan pendidikannya bahkan untuk orang yang sudah bekerja sekalipun. Ada banyak orang yang sudah bekerja sekarang ini ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Misalnya para guru yang memiliki tujuan untuk mendapatkan jabatan ataupun gologan yang lebih tinggi. Nah, biasanya untuk bisa melanjutkan studi, maka seorang guru bisa meminta surat rekomendasi kepada kepala sekolah tempat dia mengajar untuk menguatkan keinginannya. Berikut isi dan contoh surat rekomendasi untuk tujuan melanjutkan studi.


PEMERINTAH KABUPATEN ACEH BESAR

DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA

SD NEGERI 5 Situbondo

Alamat: Jl. Hasan Dek No. 30 Situbondo Telp. (6503) 654356

SURAT REKOMENDASI

Nomor: 17/SD/PBD/XI/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama            : Drs. Putra Bangsa
Pangkat/Golongan    : Pembina/ IV / A
Jabatan            : Kepala Sekolah SD Negeri 5 Situbondo
Unit Kerja        : SD Negeri 5 Situbondo
Instansi            : Dinas Pendidikan
NIP            : 76543218 987654 2 009
Memberi rekomendasi/ijin kapada :
Nama            : Sutopo
Pangkat/Golongan    : Penata Muda/ III/ B
Jabatan            : Wali Kelas
Unit Kerja        : SD Negeri 5 Situbondo
Instansi            : Dinas Pendidikan
NIP            :76576546 765787 6 007
Untuk melanjutkan studi/pendidikan mulai tahun akademik 2018/2019, pada :

Perguruan Tinggi    : Universiatas Jember
Fakultas        : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan/Program Studi    : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Jenjang            : S1 ( Strata Satu)
Demikianlah surat rekomendasi ini saya buat sebenar-benarnya, agar tidak disalah gunakan dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Situbondo, 17 Februari 2018

Kepala Sekolah


Drs. Putra Bangsa

Contoh Surat Rekomendasi Organisasi Sekolah

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa setiap sekolah pasti memiliki organisasi yang disebut dengan OSIS atau  singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Sebagai suatu organisasi inti sekolah yang satu ini seringkali memiliki kegiatan yang berhubungan dengan sekolah, namun pelaksanaanya biasanya akan berada di luar lingkungan sekolah. Satu hal yang sangat penting untuk melakukan kegiatan biasanya organisasi ini akan memberikan surat rekomendasi dari ketua OSIS. Berikut contoh surat rekomendasi untuk kegiatan sekolah oleh pengurus OSIS.

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)

SMA Negeri 1 Jember

Jalan Budi Utomo No. 7 Jember

SURAT REKOMENDASI
Nomor    : 013/SMA-1-Jember/SR/IX/2018
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama    : Adit Purnomo
NIS    : 10745643
Selaku Ketua OSIS SMA Negeri 1 Jember,

Dengan ini menyatakan bahwa :
Nama        : Putra Abimana
Jenis Kelamin    : Laki – Laki
NIS        : 10956876
Siswa Kelas    : XI
Agama        : Islam
Alamat        : Jl. Negara No. 123 Jember

Yang bersangkutan di atas adalah benar – benar anggota OSIS SMA Negeri 1 Jember dan menjabat sebagai Ketua Komisi VI. Dan dengan surat ini, pihak sekolah merekomendasikan yang bersangkutan untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Dasar–Dasar Kesiswaan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Jakarta melalui Forum Ketua OSIS Kota Jember.

Demikian surat rekomendasi ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan untuk dipergunakan sebaik-baiknya sebagaimana mestinya.
Dikeluarkan di : Jember
Pada Tanggal   : 17 Februari 2018

Ketua OSIS SMA Negeri 1 Jember

Adit Purnomo


Contoh Surat Rekomendasi Kerja Dari Perusahaan

Bagi seseorang yang ingin resign dan berniat untuk bekerja di perusahaan lainnya biasanya ia akan meminta surat rekomendasi dari atasan sebagai salah satu berkas yang akan dibuat untuk melamar di pekerjaan barunya. Jadi, bagi anda yang ingin atau berniat untuk keluar dari sana dan mencari pekerjaan lain, maka ada baiknya agar anda meminta surat rekomendasi kepada pimpinan anda.

Surat rekomendasi dari pimpinan anda ini nantinya akan berguna bagi anda untuk memudahkan dalam mencari pekerjaan baru. Apalagi jika Anda memiliki kinerja bagus pada perusahaan tersebut, maka penilaian terhadap anda akan diberikan sebaik mungkin dan tentunya ini merupakan suatu hal yang positif agar anda bisa diterima di perusahaan baru incaran anda. Berikut contoh surat rekomendasi kerja dari perusahaan.

PT SAHARA BARU

Jln. Cendrwasih No. 44 Bondowoso

Telp. 123456789

SURAT REKOMENDASI

No: 043/HRD/SRK/2017

Kami yang bertandatangan di bawah ini :
Nama            : Joko Raharjo
Nomor Induk Karyawan    : 14564532
Jabatan            : Kepala Personalia
Yang dalam hal ini bertindak atas nama PT. Sahara Baru
Memberikan rekomendasi atas mantan karyawan (staf) kami :

Nama    :    Anton Anten
Alamat    :    Jl. Kangkung No. 123 Bondowoso
Kepada perusahaan manapun tempat Sdr. Anton Anten nanti bekerja. Surat rekomendasi kerja ini kami keluarkan dengan berdasarkan penilaian terhadap loyalitas, kinerja, kualitas kerja, dan kedisiplinan Anton Anten selama 3 tahun bekerja di PT Sahara Baru dengan jabatan terakhirnya sebagai Manager Produksi. Kami sangat yakin bahwa Sdr. Anton Anten akan tetap memberikan hal yang sama kepada perusahaan baru tempat Sdr. Anton Anten bekerja nantinya.

Demikian surat rekomendasi kerja ini kami buat dengan sebenar-benarnya dan agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Bondowoso, 03 Januari 2017
Hormat kami,

Kepala Personalia

Joko Raharjo

Itulah beberapa contoh surat rekomendasi yang banyak orang mencarinya sebagai referensi. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Surat Rekomendasi yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel