Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Baik dan Benar dengan Alasan Sakit

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Memang tidak dapat dipungkiri bahwa dalam suatu saat kita membutuhkan apa yang namanya contoh surat izin untuk memberi tahu kepada pihak sekolah bahwa kondisi kita yang tidak mendukung untuk bisa masuk sekolah seperti biasanya.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Baik dan Benar dengan Alasan Sakit

Misalnya seperti pada saat kita sakit, ada acara keluarga dan lain sebagainya dengan cara tiba-tiba.Walaupun kebanyakan seseorang menulis surat izin karena sakit, namun pada suatu kondisi tertentu kita bisa juga membuat surat izin karena ada kepentingan keluarga.

Dari pihak Anda sendiri memang harus membuat surat izin yang diperuntukkan bagi sekolah agar  pihak sekolah tidak memberikan hukuman atau peringatan kepada Anda karena dianggap bolos. Hal ini karena pada umumnya setiap sekolah memiliki peraturannya sendiri. Misalnya saja pada saat anda dinyatakan bolos atau alpa, maka Anda tidak boleh mengikuti ujian. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kondisi seperti ini lebih baik dihindarkan.

Contoh Surat Izin yang Baik dan Sopan

Walaupun memang dalam membuat surat izin kita dapat membuatnya dengan banyak cara da bahkan menulisnya pun juga sangat mudah. Namun, menulis surat izin dengan gaya bahasa yang formal lebih diutamaka. Hal ini karena masing-masing sikap guru berbeda-beda. Tidak ada salahnya jika ita membuat surat izin dengan model dan tulisan yang lebih resmi. Surat izin dengan bahasa yang formal dan menempatan kata dan susunanya dalam menulis surat izin itu cukup penting untuk diberikan kepada pihak sekolah.

Jadi intinya, pastikan anda membuat surat izin resmi dan formal sesuai dengan alasan anda. Nah, berikut ini akan kami jelaskan beberapa contoh surat izin resmi dan formal yang dapat anda gunakan.


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit


Bandung, 17 Juli 2018
Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A

SMAN 17 Bandung

Dengan hormat,

Bersama dengan adanya surat ini, saya selaku orang tua/wali murid dari siswa :
Nama   : Alvinda
Siswa   : Kelas XII-A. SMAN 17 Bandung
Alamat : Jl. Jendral Sudirman  No. 17 Bandung

Ingin memberitahukan bahwa pada hari ini Kamis 17 Juli 2018 anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti semua mata pelajaran seperti biasanya, dikarenakan sakit. Dengan ini, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A agar untuk berkenan memberikannya izin.
Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru di kelas kami mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid

Arifandi


Contoh Surat Izin Sakit Atas Nama Kakak

Tidak hanya dapat membuat surat izin atas nama orang tua, namun surat izin juga dapat anda buat atas nama kakak. Berikut contoh surat izin sakit atas nama kakak.

Bandung 11 Maret 2018

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas III. SDN Bandung 2

Di SDN Bandung 2

Dengan hormat,

Dengan adanya surat ini saya selaku Kakak/wali murid dari :
Nama   : Aisyah
Siswa   : Kelas 3. SDN Bandung 2
Alamat : Jl. Haji Sabeni No. 03 kalisari Memberitahukan bahwa adik saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti semua mata pelajaran seperti biasa pada hari ini, Rabu 11 Maret 2018 dikarenakan sakit. Dengan ini, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali kelas V SDN untuk memaklumi kondisi adik saya dan berkenan untuk mengizinkannya.

Demikian surat izin yang dapat saya buat. Atas perhatian dan waktu Bapak/Ibu kami ucapkan banyak  terimakasih.
Hormat kami,
Kakak/Wali murid

Fandy


Contoh Surat Izin Karena Ada Kepentingan Keluarga

Surat izin dibuat tidak hanya karena alasan sakit saja, namu surat izin juga dapat anda buat dengan alasan lainnya misalnya karena ada kepentingan keluarga. Jadi, ada saatnya surat izin digunakan pada suatu waktu untuk hal yang tidak bisa ditinggalkan.

Nah, buat anda yang bingung cara membuat surat izin tersebut bagaimana. Berikut ini contoh surat izin tidak masuk sekolah karena ada acara keluarga yang tidak bisa di tinggalkan.

Wonosobo 12 Maret 2018

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII IPS

SMK Wonosobo 2

Dengan hormat,

Bersama dengan adanya surat ini, saya selaku orang tua/wali murid dari :
Nama   : Dayu
Siswa   : Kelas XII IPS. SMK Wonosobo 2
Alamat : Jl. Jendral Sudirman  No. 03 Wonosobo

Ingin memberitahukan bahwa pada, Selasa 12 Maret 2018 besok anak kami tidak dapat mengikuti semua mata pelajaran seperti pada hari biasanya, dikarenakan ada acara keluarga yang tidak dapat anak kami tinggalkan. Dengan ini kami memohon untuk pada Bapak/Ibu Guru Wali kelas XI IPA agar memberikan izin dan harap dijadikan maklum.

Demikian surat izin kami buat ucapkan terimakasih banyak atas pemberian izin dan kebijaksanaan Bapak/Ibu.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid

Rohman


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Itulah beberapa contoh surat izin beserta alasannya dan wali yang membuatnya. Berikut akan kami berikan tips cara membuat surat izin yang baik dan benar.

  • Perhatikan Bahasa yang Digunakan Harus Resmi dan Formal
Salah satu hal yang paling penting untuk anda gunakan ketika membuat surat izin resmi dan formal yang terpenting adalah memperhatikan penggunaan bahasa pada surat tersebut, buat lah seresmi mungkin. Jadi usahakan anda membuatnyaa dengan bahasa yang sopan dan jangan berbelit-belit apalagi sangat singkat untuk alasan keterangannya.

  • Pastikan Di Tulis Tangan
Hal kedua yang harus anda perhatikan yang paling penting adalah pastikan anda membuat surat izin yang ditulis tangan dan jangan di ketik lewat komputer dan diprint. Dengan begitu pihak sekolah akan lebih percaya bahwa surat izin ditulis oleh anda sendiri sebagai wali murid.

  • Jangan Sampai Salah Tulis
Hal yang terakhir yang harus anda perhatikan selanjutnya adalah pastikan tulisana anda tidak salah dan jangan sampai ada typo. Apabila anda salah tulis, sebaiknya anda membuatnya dari awal lagi hindari menghapus atau mencoret tulisan yang salah.
Struktur Surat Izin yang Baik dan Benar
Pada umumnya berikut ini merupakan struktur pembuatan surat izin tidak bisa masuk sekolah yang baik dan benar.
  1. Tanggal dan tempat adalah dua hal yang wajib ada di awal surat, kapan dan dimana surat dibuat
  2. Nama dan alamat yang dituju. Gunakan satu saja dan jangan sampai di ulang-ulang.
  3. Kalimat salam pembuka misalnya seperti kalimat “Dengan hormat” yang sering digunakan dalam semua surat di Indonesia.
  4. Berikan dan jelaskan alasan secara singkat, padat dan jelas mengapa yang bersangkutan tidak masuk sekolah dan mengajukan izin.
  5. Penutup surat izin yang baik berisikan permintaan maaf dan terimakasih atas perhatian yang diberikan pihak penerima surat (guru). Hal penting yang harus anda ingat adalah pastikan anda tidak menggunakan kata “Nya”. Pastikan anda menggunakan kata “bapak/ibu” agar lebih menghormati.  Dan jangan lupa untuk memberikan tanda tangan pada bagian bawah surat.

Itulah beberapa contoh surat izin yang dapat anda jadikan referensi ketika tidak masuk sekolah karena alasan sakit atau ada acara keluarga. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Baik dan Benar dengan Alasan Sakit"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel