Cara Membuat dan Contoh Kop Surat yang Baik dan Benar

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Kop surat adalah bagian yang paling penting dalam pembuatan surat resmi. Baik kop suray yang dikeluarkan oleh pemerintah mulai dari tingkat pusat sampai tingkat RT, ataupun kop surat perusahaan yang bertaraf lokal hingga internasional. Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa kop surat begitu sangat penting? Hal ini karenad dengan adanya kop surat, maka perusahaan akan lebih terkesan professional.

Cara Membuat dan Contoh Kop Surat yang Baik dan Benar

Tujuan dan Fungsi Kop Surat

Adanya kop surat memberikan kesan bahwa surat yang dibuat adalah surat resmi dan juga menunjukkan citra dari perusahaan yang mengirimnya. Kop surat membuat surat resmi berbeda dengan surat pribadi yang terkesan bebas.  Dalam suatu surat resmi biasanya akan terdapat beberapa aturan yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah adanya kop surat, hal ini tentu berbeda dengan surat pribadi yang diawali dengan tanggal dan nama kota.

Fungsi dari kop surat sebenarnya tidak hanya untuk pendahuluan surat saja, melainkan sangat berguna untuk menunjukkan identitas pengirim surat. Misalnya dengan melihat melihat kop surat saja, penerima bisa mengetahui dari mana surat tersebut dikirim karena kop surat dapat dikatakan sebagai identitas suatu instansi.

Unsur Unsur dalam Membuat Kop Surat yang Harus Diperhatikan
Bagi anda yang memiliki keinginan untuk membuat kop surat,  berikut beberapa hal atau poin penting dalam pembuatan kop surat yang perlu diperhatikan.

  • Menulis kop surat yang baik dan benar harus terdiri dari logo lembaga, nama lembaga, alamat lembaga secara lengkap, nomor telepon lembaga, kotak surat, dan fax secara lengkap dan jelas.
  • Pastika anda menulis nama lembaga dengan menggunakan huruf besar atau kapital.
  • Gunakan huruf besar di awal kata untuk menuliskan alamat, faximiles, telepon, email.
  • Gunakan huruf kecil untuk penulisan kata sambung (di, dan).
  • Gunakan singkatan kata misalnya seperti Tlp.  (bukan “Telepon”), Almt (bukan “Alamat”)
  • Pastikan tidak menggunakan P.O.BOX untuk menunjukkan Alamat
  • Pastikan menambahkan titik dua (:) jika terdapat nomor dan juga tambahkan titik dua (:) setelah kata-kata ini: Telepon, Mailbox, dll Contoh: Telepon: 051xxxxx


Contoh Kop Surat secara Resmi

Nah, untuk lebih jelasnya berikut akan kami jelaskan mengenai beberapa contoh kops surat resmi yang dapat anda jadikan referensi.

Contoh Kop Surat Perusahaan Jasa Pengiriman

Perusahaan jasa pengiriman atau perusahaan jasa pengangkutan merupakan perusahaan yang paling banyak beredar di Indonesia. Ada banyak jenis dan macam jasa pengiriman misalnya seperti pengiriman laut, pengiriman darat, dan pengiriman via udara. Berikut akan kami berikan salah satu contoh kop surat dari perusahaan jasa pengiriman.

PT. JAYA ABADI
Jl. Pancur– Gg.7 No. 17 Jember 61257
Telp. (031)/ 009008, Fax. 031 – 800678
Website : http://www.jayaabadi.com

Contoh Kop Surat Instansi Pemerintahan
Sesuai dengan namanya, instansi pemerintahan adalah suatu instansi yang bergerak di bidang pemerintahan. Tentunya sudah pasti semua instansi yang bergerak di pemerintahan harus menggunakan kop surat ketika melakukan pengiriman surat secara resmi kepada siapa saja.

Baca Juga : Pengertian Teks Prosedur

Hal ini karena kop surat sendiri akan bisa menunjukkan kepada penerima sehingga penerima akan mengetahui identitas dari instansi tersebut dilihat dari logo instansi tersebut, maupun membedakan identitas dari satu instansi dengan instansi yang lainnya.

PEMERINTAH KABUPATEN KECAMATAN BONDOWOSO
KECAMATAN BOTOLINGGO
KELURAHAN DESA LUMUTAN
Jl. Nusantara No. 07 – 09 Bondowoso, 68284 – Tlp. (021) 7788667

Contoh Kop Surat Yayasan
Di Indonesia ada  banyak yayasan yang bergerak mulai dari yayasan pendidikan, yayasan kemanusiaan, yayasan bidang sosial, bahkan hingga yayasan keagamaan. Banyaknya yayasan yang ada di Indonesia ini tentunya akan membuat banyak yayasan yang mirip dan susah bagi kita untuk membedakannya.

Oleh karena itu, biasanya para pemilik yayasan memberikan pembeda antar yayasan yang satu dengan yayasan yang lainnya. Kop surat bisa menjadi identitas pribadi yayasan yang berbeda dengan identitas dari yayasan lainnya.

YAYASAN PANTI ASUHAN
YATIM DAN PIATU AL HUDA SITUBONDO
Jl. Sultan Agung I No. 17A Situbondo – kode pos 68675
Telp. (031) 124536488, 087886776890 Fax. (031) 1234228
Blog : www.alhudapantiasuhan.blogspot.com email : pantiyatimpiatualhuda@yahoo.com

Contoh Kop Surat Perusahaan
Ada banyak sekali perusahaan yang bergerak di Indonesia, mulai dari perusahaan yang memproduksi barang, perusahaan yang menyediakan barang, perusahaan yang menyediakan jasa, dan jenis perusahaan yang lainnya. Oleh karena itu, agar perusahaan yang satu berbeda dengan perusahaan lainnya maka perusahaan wajib membuat kop surat sebagai identitas mereka. Berikut contoh kop surat perusahaan yang dapat anda jadikan referensi.

PT. MAKMUR JAYA SENTOSA
Jl. Kepatihan No. 17 Jember
No. Hp. 0856776588262 salesmakmurjaya@sentosa.com
Blog : www.ptmakmurjayasentosa.com

Contoh Kop Surat Universitas/Perguruan Tinggi
Ada banyak Universitas atau Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia. Instansi seperti Universitas dan Perguruan Tinggi sendiri merupakan  suatu wadah untuk menempuh pendidikan tinggi,  suatu Universitas atau Perguruan Tinggi tentu memiliki kop surat sendiri.

Kop surat dari suatu universitas dengan universitas lainnya tentunya akan berbeda. Setiap kali mengeluarkan surat resmi, universitas atau perguruan tinggi akan menggunakan kop surat tersebut juga. Nah, berikut ini kami beri contoh kop surat Universitas atau Perguruan Tinggi.

UNIVERSITAS NEGERI JEMBER (UNEJ)
Sekretariat : Jl. Tegal Boto No. 09 Kampus Unej Sumbersari Jember
Telp : (031) 778666476 – 7778887, Fax : (031) 65463262
Website : www.unej.ac.id email : unej@university.ac.id

Contoh Kop Surat Sekolah
Di Indonesia ada sangat banyak sekali sekolah –  sekolah yang beredar, tak heran jika setiap atau masing-masing sekolah memiliki kop surat nya sendiri untuk menjadi identitas dari mereka. Baik itu dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sampai dengan sekolah menengah atas pasti memiliki kop surat pribad. Salah satu yang menjadi ciri khas dari kop surat sekolah adalah adanyat logo atau lambang Tut Wuri Handayani yang memang lambang pendidikan di Indonesia. Jadi, logo ini dapat anda temukan  di setiap atau semua kop surat sekolah. Berikut contoh kop surat sekolah secara umum.

PEMERINTAH KOTA JEMBER
UPTD PENDIDIKAN MENENGAH PERTAMA KECAMATAN SUMBERSARI
SDN SUMBERSARI 1
NPSN 30607453
Jl. Kepatihan No. 20 Kota Jember Telp : (031) 8280981
Website : www.sdnsumbesari.wordpress.com

Contoh Kop Surat BEM
BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa merupakan suatu organisasi tertinggi yang ada di kemahasiswaan. Walaupun ada banyak terdapat contoh organisasi kemahasiswaan ini bisa kita temukan di setiap kampus yang beredar di Indonesia.

Organisasi BEM Kampus biasanya memiliki ogo sendiri dengan ciri khas logo yang digunakan oleh organisasi mahasiswa ini adalah menggunakan dua logo, yakni logo Universitas atau Perguruan Tinggi tempat BEM berlindung dan juga menggunakan logo dari BEM itu sendiri di sebelahnya.
Nah, berikut contoh kop surat organisasi BEM.

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM)
UNIVERSITAS NEGERI JEMBER (UNEJ)
Sekretariat : Jl. Tegal Boto No. 09 Kampus Unej Sumbersari Jember
Telp : (031) 778666476 – 7778887, Fax : (031) 65463262
Website : www.unej.ac.id email : BEMunej@university.ac.id

Itulah beberapa informasi mengenai contoh kop surat yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan anda tidak bingung lagi ketika akan membuat kop surat. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat dan Contoh Kop Surat yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel