Sistem Anatomi Tubuh Manusia Lengkap dengan Penjelasan Masing-masing Fungsinya

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Dalam materi mata pelajaran biologi sudah pasti Anda akan mendapatkan materi yang membahas mengenai sistem anatomi tubuh manusia.

Sistem Anatomi Tubuh Manusia Lengkap dengan Penjelasan Masing-masing Fungsinya

Anatomi tubuh manusia sendiri merupakan suatu studi yang membahas tentang struktur tubuh yang ada dalam diri manusia. Dalam arti luas pengertian anatomi tubuh manusia adalah suatu studi ilmiah morfologi bagian tubuh manusia.

Sistem anatomi tubuh manusia secara umum berhubungan dengan berbagai jenis bagian yang ada di dalam tubuh manusia, mulai dari molekul sampai ke tulang yang semua sistemnya berinteraksi membentuk sebuah kesatuan fungsional.

Dalam tubuh manusia sendiri terdiri atas beberapa susunan organ yang mana susunan organ tersebut juga akan membentuk sebuah sistem organ. Sedangkan dalam tubuh manusia itu sendiri terdiri atas sistem kerangka, peredaran darah, otot, pernapasan, Reproduksi, Pencernaan, Indera, Imun, Syaraf, hingga sistem Endokrin.

Sistem Anatomi Tubuh Manusia

Pada setiap sistem yang ada pada beberapa organ tubuh manusia dibagi menjadi beberapa bagian lagi, misalnya pada sistem kerangka ada bebarapa organ tubuh seperti tulang kepala, kemudian tulang kerangka dada, serta tulang wajah.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini akan kami jelaskan secara lebih lengkap mengenai sistem anatomi tubu manusia.

  • Sistem Kerangka
Sistem anatomi tubuh manusia yang pertama adalah sistem kerangka. Sistme kerangka yang ada di dalam kerangka tubuh manusia ini disusun oleh berbagai tulang yang saling berhubungan satu dengan lainnya.

Adapun kerangka tubuh manusia diantaranya terdiri dari beberapa jenis tulang yakni sebagai berikut.
-    8 buah tulang kepala,
-    25 buah tulang kerangka dada,
-    14 buah tulang wajah,
-    26 buah tulang belakang dengan tulang pinggul,
-    6 buah tulang telinga dalam,
-    64 buah tulang lengan,
-    1 buah tulang lidah, dan
-    62 buah tulang kaki.

Adapun fungsi dari sistem kerangka yang ada dalam tubuh manusia antara lain adalah sebagai berikut.
  • Sistem kerangka memiliki fungsi untuk menahan semua bagian-bagian tubuh agar tidak rubuh,
  • Melindungi berbagai jenis alat tubuh halus misalnya seperti otak, jantung, serta paru-paru, untuk tempat melekatnya otot-otot,
  • Berfungsi sebagai alat pergerakan tubuh dan perantaraan otot,
  • Sebagai tempat untuk membentuk sel-sel darah khusunya sel darah merah.

  •  Sistem Otot
Sistem anatomi tubuh manusia yang berikutnya adalah sistem otot yang memiliki fungsi untuk menggerakkan tubuh. Sistem otot manusia terdiri dari 600 otot. Mulai dari otot punggung sejati termasuk dua buah jurai yang sangat rumit susunannya hingga otot-otot punggung sekunder.
  • Sistem peredaran darah
Sistem peredaran darah yang termasuk juga dalam sistem anatomi tubuh manusia memiliki fungsi untuk memompa darah menuju ke seluruh tubuh. Adapun organ tubuh yang termasuk ke dalam sistem ini adalah jantung.
  • Sistem Pernapasan
Anatomi tubuh manusia yang selanjutnya adalah sistem pernapasan yang memiliki fungsi untuk bernafas pada manusia. Paru-paru adalah organ utama yang ada dalam sistem pernafasan ini. Paru-paru berada di dalam rongga dada yang terdiri atas dua bagian utama yakni bagian kanan dan kiri.
  • Sistem Indera
Sistem anatomi yang ada di dalam tubuh manusia yang selanjutnya adalah sistem indera. Sistem ini memiliki fungsi untuk menerima rangsangan yang berasal dari lingkungan sekitarnya. Pada umumnya terdapat 5 sistem indera dalam tubuh manusia yang juga sering disebut dengan sebutan panca indera.

Baca Artikel Hukum ini : Pengertian Hukum Perdata

Adapun kelima indera tersebut antara lain adalah indera penglihatan yakni mata, indera pencium yakni hidung, indera pendengaran berupa telinga, indera pengecap berupa lidah dan kulit sebagai indera peraba. Yang mana masing-masing indera tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.
  • Sistem pencernaan
Sistem anatomi tubuh manusia yang selanjutnya adalah sistem pencernaan yang memiliki fungsi untuk menerima makanan, kemudian mencerna makanan hingga memproses pencernaan makanan, dan pada akhirnya menyerap zat gizi makanan di aliran darah lalu yang paling terakhir adalah membuang ampas yang berupa sisa makanan tadi yang tak dicerna oleh tubuh.

Tidak hanya itu, sistem pencernaan juga terdiri dari beberapa bagian mulai dari mulut hingga terakhir ke anus. Proses pencernaan yang terjadi dalam tubuh manusia itu sendiri di mulai dari  mulut, tenggorokan, lalu kerongkongan, lambung, serta usus kecil, dan usus besar, rektum hingga pada akhirnya berakhir di anus.
  • Sistem Reproduksi
Sistem anatomi tubuh manusia yang selanjutnya adalah sistem reproduksi yang merupakan suatu rangkaian maupun interaksi organ dalam yang memiliki fungsi untuk melakukan prosesn  perkembang biakan.

Pada wanita, sistem reproduksinya berpusat pada ovarium yang memiliki fungsi untuk menghasilkan ovum serta hormon. Wanita memiliki alat reproduksi yang terdiri atas rahim, indung telur, kemudian liang senggama yang mana pada bagian indung telur itu sendiri merupakan kelenjar kelamin yang nantinya akan menghasilkan sel-sel telur. Sedangkan, pada sistem reproduksi laki-laki terdiri dari testis yang memiliki fungsi untuk penghasil sperma serta hormon testosteron.
  • Sistem Imun
Sistem anatomi manusia yang berikutnya adalah sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Sistem yang satu ini memiliki fungsi untuk mempertahankan dan melindungi tubuh terhadap serangan benda yang bisa mengakibatkan penyakit misalnya seperti bakteri, virus, maupun parasit yang dapat menyebabkan penyakit. Sistem imun ini ada diseluruh bagian tubuh manusia terutama pada bagian limpa.
  • Sistem Saraf
Sistem saraf merupakan sistem anatomi tubuh manusia yang selanjutnya. Sistem yang satu ini memiliki fungsi untuk mengumpulkan, mengirimkan, hingga memproses informasi pada otak dan juga saraf.

Sistem saraf itu sendiri disusun oleh sistem saraf pusat dan juga saraf tepi. Dimana sistem saraf pusat itu sendiri terbagi atas otak dengan sumsum tulang belakang. Sedangkan untuk sistem saraf tepi terbagi atas sistem saraf otonom yang juga merupakan sistem saraf somatis. Fungsi utama dari sistem saraf yang ada dalam tubuh manusia adalah berperan untuk menyampaikan rangsangan yang berasal dari reseptor yang nantinya direspon tubuh manusia.
  • Sistem Ekskresi
Sistem ekresi utama yang ada dalam tubuh manusia adalah ginjal yang merupakan struktur organ yang dihubungkan langsung pada produksi ataupun ekskresi urin merupakan sistem ekskresi.

Selain ginjal, juga ada sistem ekresi yang lainnya seperti kulit, hati, dan paru-paru dengan fungsi yang berbeda-beda. Organ ginjal memiliki fungsi untuk mengeluarkan urine, hati berfungsi untuk mengeluarkan zat warna urin atau yang ada pada empedu, kulit memiliki fungsi untuk mengeluarkan keringat, dan yang terakhir adalah paru-paru yang memiliki fungsi untuk mengeluarkan uap air atau karbondioksida.
  • Sistem limfatik
Anatomi tubuh manusia yang lainnya ialah sistem limfatik. Sistem ini adalah sistem yang memiliki struktur yang terlibat oleh transfer limfa yang ada diantara jaringan dengan aliran darah. Adapun fungsi utama dari sistem ini adalah untuk mengalirkan limfa pada tubuh manusia. Tidak hanya itu, dalam bagian sistem limfatik juga terdiri atas pembuluh limfa dan juga organ limfoid.
  • Sistem Endorkin
Sistem anatomi tubuh manusia yang terakhir adalah sistem endokrin yakni suatu sistem yang bertugas mengontrol kelenjar tanpa saluran dan juga memproduksi hormon ataupun komunikasi dalam tubuh manusia dengan hormon.

Hormon sendiri merupakan suatu bahan kimia yang berperan sebagai pembawa pesan disintesis yang disekresikan kelenjar endokrin. Kelenjar endokrin itu sendiri terdiri atas beberapa kelenjar seperti kelenjar tiroid, paratiroid, adrenal, pineal, hipotalamus dan kelenjar himofise.

Sekarang anda sudah tahu kan apa saja sistem anatomi tubuh manusia? Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Sistem Anatomi Tubuh Manusia Lengkap dengan Penjelasan Masing-masing Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel